Ada Potensi Gerakan Tanah, 2 Wilayah Jakarta Tak Lepas dari Bencana

Terdapat 10 titik di Jakarta Selatan yang dipetakan

Ada Potensi Gerakan Tanah, 2 Wilayah Jakarta Tak Lepas dari Bencana

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Dengan adanya beberapa titik gempa di pulau Jawa sekarang ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga Jakarta untuk terus memantau potensi cuaca ekstrem dari sumber resmi sebagai antisipasi atas ancaman bencana.

Hal itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pada Minggu (4/12/2022)."Kami imbau tetap waspada dan dengan kondisi cuaca ataupun alam yang tak bersahabat, selalu melihat informasi dari BMKG dan informasi cuaca lainnya," kata Heru, mengutip dari Antara.

Pada kesempatan itu, Heru Budi menegaskan bahwa Jakarta tak lepas dari ancaman bencana karena ada jalur patahan bumi bernama Sesar Baribis di Selatan Jakarta. Namun, Heru menyampaikan bahwa dampak pergerakan tanah di Jakarta cukup kecil sehingga ia sendiri tidak menjelaskan secara teknis lebih jauh persoalan tersebut.

"Jadi informasinya di Jakarta kecil dampaknya, dan mudah-mudahan tak terjadi," katanya.

Potensi pergerakan tanah di Jaksel dan Jaktim

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi pergerakan tanah di 10 titik tersebar di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Desember 2022.

"Kepada lurah, camat, dan masyarakat untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Terdapat 10 titik yang disebutkan di Jakarta Selatan, seperti Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggarahan. Sedangkan di Jakarta Timur meliputi wilayah Kecamatan Kramat Jati dan Pasar Rebo.

Isnawa mengatakan, pada zona itu dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan, atau jika lereng mengalami gangguan. PVMBG memetakan beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di zona menengah diperkirakan terjadi pergerakan tanah.

Hal ini berdasarkan pada hasil tumpang susun antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.

Tetap berwaspada dalam beraktivitas di luar rumah, ya, Bela. Selalu ikuti perkembangan cuaca yang akan terjadi di wilayahmu.

Artikel ini telah terbit di IDN Times dengan judul "Potensi Gerakan Tanah di Jaksel dan Jaktim, Heru Budi: Waspada!" yang ditulis oleh Rendra Saputra.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here