Akan Menabrak Bumi di Masa Depan, Ini 5 Fakta Asteroid Bennu

Berikut ini adalah prediksi NASA

Akan Menabrak Bumi di Masa Depan, Ini 5 Fakta Asteroid Bennu

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Bennu merupakan sebuah asteroid yang telah mengorbit Matahari selama ratusan juta tahun, dengan jarak yang relatif terisolasi. Tumpukan puing yang berbentuk gunung ini lebarnya sekitar 1/3 mil di ekuatornya. 

Sekarang asteroid ini tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap planet Bumi. Namun, telah diprediksi bahwa asteorid Bennu bisa menghantam Bumi dalam jangka waktu ratusan tahun dari sekarang.

Berikut ini adalah fakta mengenai asteorid Bennu, yang diprediksi akan menabrak planet Bumi di masa depan.

1. Menggunakan pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx milik NASA

Akan Menabrak Bumi di Masa Depan, Ini 5 Fakta Asteroid Bennu

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Icarus, sbuah pesawat ruang angkasa bernama OSIRIS-REx milik NASA digunakan para ilmuwan untuk menggaali informasi.

Mereka menggunakan pesawat tersebut untuk memprediksi perhitungan yang tepat mengenai orbit Bennu dan kedekatannya dengan planet Bumi di masa depan.

2. Fungsi dari pesawat OSIRIS-REx untuk penelitian

OSIRIS-REx telah menghabiskan lebih dari dua tahun di dekat asteroid Bennu, sebelum meninggalkannya pada tanggal 10 Mei 2021. Pesawat ini mengumpulkan informasi berharga mengenai ukuran asteroid Bennu, bentuk, massa, dan komposisinya sekaligus memantau putaran dan lintasan orbit dari asteroid tersebut.

Pesawat luar angkasa yang disebut sebagai OSIRIS-REx tersebut juga mengambil sampel batuan dan debu dari permukaan asteroid Bennu, yang akan dikirimkan ke Bumi pada tanggal 24 September 2023, untuk keperluan penyelidikan ilmiah lebih lanjut. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here