Setahun Tragedi Itaewon, Apakah Perayaan Halloween di Korsel Kembali?

Meninggalkan trauma membekas bagi masyarakat Korea Selatan

Setahun Tragedi Itaewon, Apakah Perayaan Halloween di Korsel Kembali?

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

29 Oktober 2022 menjadi hari paling pilu bagi masyarakat Korea Selatan. Tragedi Halloween Itaewon yang seharusnya melahirkan nostalgia indah, justru berakhir nestapa dan penuh duka. 158 orang meninggal dan ratusan orang mengalami luka-luka dalam tragedi tersebut.

Bagaimana nasib para korban dan pengunjung Itaewon Halloween 2022?

Setahun Tragedi Itaewon, Apakah Perayaan Halloween di Korsel Kembali?

Baik korban maupun pengunjung Itaewon Halloween 2022 yang selamat, kini hidup dalam ketakutan hebat dan luka psikologis yang dalam. Mereka trauma hebat. Mengingat kejadian tragis yang hampir merenggut nyawa mereka. Melihat 158 orang meninggal kehabisan oksigen akibat tertindih oleh crowd crush atau situasi ketika orang berdesakan di ruang terbatas hingga saling tindih. Menyaksikan banyak orang yang jatuh dan terinjak teriak kesakitan, oleh satu sama lain.

Memeluk trauma adalah hal yang sangat sulit. Dibutuhkan waktu dan keyakinan kuat untuk sembuh darinya. Inilah yang menjadi spekulasi. Akankah Itaewon Halloween 2023 bakal digelar lagi, mengingat tragedi berdarah tersebut telah menggoreskan luka dan ketakutan besar yang membekas di benak?

Meninggalkan trauma

Salah satu korban selamat dari bencana Itaewon 2022 berujar, bahwa dirinya masih berupaya pulih dari trauma. Ia berpendapat bahwa tampaknya banyak orang di Korea Selatan tak berminat untuk merayakan Halloween di Itaewon. Meski melakukannya, pasti banyak dari mereka untuk memilih merayakan di kantor atau rumah masing-masing.

"Saya berharap pihak kepolisian dan pemerintah mempertimbangkan peristiwa tersebut, sebelum peringatan Halloween datang. Saya tak berharap Itaewon meniadakan acara Halloween lagi tahun ini. Tapi tampaknya, akan baik hal itu dilakukan untuk menghormati para korban dan semua orang yang terlibat di dalamnya," ujar korban yang tak mau disebutkan namanya, melansir Koreatimes.

Di samping itu, sebanyak 1,316 petugas kebakaran yang turut langsung menangani insiden kelam tersebut mengalami trauma psikologis yang berat. Sampai saat ini, mereka masih rutin mengikuti terapi psikologis untuk menyembuhkan luka dan trauma akibat kejadian tersebut.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here