Bahaya Briket Arang, Penyebab Kematian Aktor Lee Sun Kyun

Si 'silent killer' yang merenggut nyawa artis Korea

Bahaya Briket Arang, Penyebab Kematian Aktor Lee Sun Kyun

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Kabar duka datang dari dunia hiburan Korea Selatan, Lee Sun-kyun, salah satu aktor film Parasite dan drama My Mister dikonfirmasi meninggal dunia pada 27 Desember 2023. Ia ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di dalam mobil di kawasan Seongbuk, Seoul. 

Berdasarkan laporan media lokal, sang aktor diduga melakukan bunuh diri dengan briket arang. Dugaan diperkuat dengan temuan barang bukti berupa bekas pembakaran briket di dalam mobil. 

Ini bukan kasus pertama bunuh diri artis Korea yang menggunakan briket arang. Jonghyun 'SHINee' dan Ahn Jae-hwan adalah segelintir artis yang merenggang nyawa karena hal itu. Lantas, apa itu briket arang yang menjadi penyebab kematian Lee Sun-kyun? Mengapa ini disebut sebagai silent killer? Ini hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai bahaya briket arang. 

Apa itu briket arang?

Bahaya Briket Arang, Penyebab Kematian Aktor Lee Sun Kyun

Melansir dari berbagai sumber, briket adalah padatan yang terbuat dari bahan biomassa. Briket digunakan sebagai bahan bakar untuk menyalakan api, serta dapat menghasilkan karbon monoksida dalam jumlah besar. 

Sebagai makhluk hidup yang menghirup oksigen, kelebihan karbon monoksida di dalam ruang tertutup dapat membahayakan nyawa. Menurut Pusat Informasi Keracunan NSW, asap briket menghasilkan karbon monoksida, yang dalam jumlah banyak dapat berujung pada kematian. 

Dalam sebuah forum daring bahwa kasus bunuh diri menggunakan briket arang memakan waktu sekitar 8 jam. 

Briket arang banyak digunakan kasus bunuh diri

Berdasarkan data Badan Statistik Korea Selatan, negara tersebut memiliki tingkat bunuh diri tertinggi. Ada peningkatan 1,2 persen jumlah kematian akibat bunuh diri di Korea pada 2021 lalu. 

Seorang ilmwan dari Universitas Chung-Ang sempat melakukan penelitian terkait jumlah kematian penduduk Korea Selatan akibat bunuh diri memakai briket arang meningkat di tahun 2008. Ada lebih dari 1200 kasus bunuh diri briket arang sampai tahun 2011 lalu. 

Meningkatnya kasus bunuh diri tersebut juga dipicu oleh kematian para idola, seperti Ahn Jae-hwan dan Jonghyun 'SHINee.' Kedua artis Korea Selatan diketahui merenggang nyawa dengan menghirup asap briket. Ini pula yang membuat briket arang dijuluki sebagai 'silent killer.' 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here