Terlalu Bergantung dengan Impor, Industri Makanan Krisis Kentang

Krisis tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi seluruh dunia

Terlalu Bergantung dengan Impor, Industri Makanan Krisis Kentang

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Restoran cepat saji McDonald's mengumumkan akan membatasi penjualan menu kentang goreng sejak Selasa (02/02/2022) untuk sementara waktu. Kondisi ini disebabkan adanya kendala pengiriman pasokan kentang akibat pandemi. 

“Kelangkaan kentang saat ini terjadi karena disrupsi rantai pasok global. Namun disrupsi ini hanya temporer. Secara jangka panjang, Indonesia tetap membutuhkan impor kentang dari luar negeri untuk memenuhi konsumsi,” ujar Kepala Penelitian Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Felippa Ann Ananta dalam siaran tertulis.

Kondisi saat ini menggambarkan betapa tergantungnya negeri ini pada impor dalam pemenuhan kebutuhan industrinya. 

Tidak berefek pada kebutuhan rumah tangga

Terlalu Bergantung dengan Impor, Industri Makanan Krisis Kentang

Felippa menilai, bagi rumah tangga kelangkaan ini tidak terasa, sebab, kentang bukan merupakan bahan pokok. Pasokan kentang sayur yang biasa dikonsumsi rumah masih mencukupi.

Felippa membeberkan, Indonesia hanya dapat memproduksi sekitar 25% dari kebutuhan kentang olahan industri makanan. Akibatnya, kelangkaan terasa pada pasukan kentang olahan untuk keperluan industri makanan, seperti untuk french fries atau keripik.

Tidak hanya Indonesia, negara lain juga ikut merasakan kelangkaan

Data Balai Penelitian Tanaman Sayutan (Balista) pada 2020, menunjukkan Indonesia mengimpor 25.410 ton kentang dari Belgia, 20.850 ton dari Amerika Serikat dan 19.100 ton dari Belanda, dengan total nilai impor mencapai 69,79 juta dolar AS atau setara Rp993,6 miliar.

Tidak hanya di Indonesia, kelangkaan stok kentang olahan juga dirasakan oleh negara lain, mulai dari Malaysia hingga Kenya. Beberapa faktor penyebabnya adalah menurunnya kapasitas pertanian dan industri pengolahan di Amerika Serikat, pandemi COVID-19, banjir yang melanda pelabuhan transit Vancouver dan Frost, serta curah hujan tinggi di Afrika Selatan. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here