Lobster merupakan jenis makanan laut yang sedang cukup booming saat ini. Kepopulerannya pun diikuti oleh beberapa jenis hidangan yang terbuat dari lobster segar dan dikombinasikan bersama dengan beberapa inovasi menarik yang membuat menu lobster semakin digemari oleh masyarakat.

Dengan harga yang tidak murah tentunya kita harus cermat dalam mengolahnya agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan lobster menjadi tidak lezat untuk dikonsumsi. Namun, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mengolahnya?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana tips dan cara mengolah lobster agar tetap lezat dan lembut saat dikonsumsi, simak, yuk, apa saja!

1. Membeli lobster hidup

5 Tips Penting Memasak Lobster Agar Lembut dan Lezatmanettas.com.au

Apabila kita ingin mengolah lobster di rumah, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah membeli lobster dalam keadaan segar dan masih hidup. Hal ini dirasa penting karena apabila membeli lobster dalam keadaan mati akan mempengaruhi kualitas dari daging lobster.

Pastikan untuk membeli lobster maksimal 24 jam sebelum kamu mengolahnya sendiri. Lobster yang masih segar sudah tentu akan lebih lezat untuk dikonsumsi dengan gizi dan manfaat yang masih utuh.

2. Teknik membersihkan lobster

5 Tips Penting Memasak Lobster Agar Lembut dan LezatYouTube.com/Travel Thirsty

Membersihkan lobster ternyata memilik tekniknya tersendiri dan tidak bisa dilakukan sembarangan, lho. Proses membersihkan lobster adalah dengan cara membuka cangkangnya terlebih dahulu. Pastikan untuk tidak sampai salah dalam membuka cangkang lobster apabila tidak mau daging dalam lobster tersebut hancur atau berkurang kualitasnya. Bersihkan bagian ekor dari lobster, setelah ekor terlepas maka biasanya akan muncul darah berwarna kehijauan dan kita dapat membersihkan bagian tersebut.

3. Durasi merebus lobster

5 Tips Penting Memasak Lobster Agar Lembut dan Lezatmetro.co.uk

Jika kamu ingin menikmati lobster dengan cara merebus, maka pastikan kamu telah memanaskan air sebelumnya hingga mendidih barulah kita memasukkan lobster secara perlahan mulai dari kepala hingga bagian ekor.

Durasi terbaik untuk merebus lobster adalah delapan menit bagi lobster dengan ukuran cukup besar, maka untuk lobster dengan ukuran kecil dapat kurang dari delapan menit untuk durasi perebusan. Pastikan tidak terlalu lama merebus untuk mendapatkan konsistensi daging lobster yang terbaik.

4. Memanggang lobster

5 Tips Penting Memasak Lobster Agar Lembut dan Lezatrte.ie

Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda saat menikmati lobster, maka kamu dapat memilih untuk mengolah lobster dengan cara memanggangnya. Pastikan lobster sebelumnya telah dimasak agar konsistensi daging tetap empuk. 

Selanjutnya, lobster dapat dipanggang dengan dibalur oleh berbagai bumbu lezat yang sebelumnya telah dipersiapkan terlebih dahulu. Tentunya cita rasa dari lobster panggang ini mampu menggugah selera.

5. Menggoreng lobster

5 Tips Penting Memasak Lobster Agar Lembut dan Lezatreddit.com

Selanjutnya adalah tips mengolah lobster dengan cara menggorengnya. Mungkin sedikit terdengar cukup asing karena lobster biasanya disajikan dengan cara merebus atau memanggangnya. Namun, melalui proses penggorengan tentu tidak akan mengurangi rasa lezat dari lobster.

Hal yang wajib kita perhatikan saat akan menggoreng lobster adalah lobster tidak perlu direbus sebelumnya. Namun, dapat langsung digoreng dengan api sedang dan dicampur beberapa rempah penting lainnya.

Nah, semoga lima tips memasak lobster di atas dapat menjadi informasi bagi kamu dalam mengolah lobster agar tetap lezat dan terjaga kualitasnya. Bagaimana menurutmu?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Tips Penting Saat Memasak Lobster Agar Lembut dan Lezat"

Baca Juga: Resep Lobster Saus Singapura yang Bisa Kamu Masak Sendiri di Rumah

Baca Juga: Resep Membuat Spikoe Resep Kuno, Lembutnya Bikin Ketagihan

Baca Juga: Resep Homemade Korean Strawberry Milk