Kebiasaan minum kopi di kalangan anak muda bukan lagi hal asing. Ini ditandai dengan banyak sekali muncul café, co-working space, dan kedai kopi susu yang pasarnya adalah generasi muda. Kalau diperhatikan, unggahan media sosial pun juga nggak lepas dari kopi. Masing-masing dari kamu juga punya alasan yang kuat, kenapa minum kopi?

Naiknya tren minum kopi saat ini, juga meningkatkan rasa penasaran kamu untuk mengetahui lebih dalam tentang kopi. Mencari informasi dari buku, jurnal, sampai mengikuti kelas tentang kopi dilakukan. Dan, obrolan tentang kopi selalu menarik. Bagi kamu yang nggak punya waktu, bisa juga nonton film yang isinya tentang kopi.

Coffee and Cigarettes

Cari Tahu Soal Kopi Lewat Film Ini

Disutradarai oleh Jim Jarmusch dan rilis pada tahun 2004. Film ini seakan menjawab asumsi kebanyakan kalau rokok dan kopi merupakan perpaduan yang pas dan bisa memunculkan topik-topik menarik dalam pembicaraan. Kamu pun setuju setelah nonton filmnya. Kesan klasik pun ditampilkan dengan warna hitam putih. Beberapa cerita pendek dikemas secara menarik di Coffee and Cigarettes. Film ini dibintangi oleh aktor dan musisi terkenal, seperti Iggy Pop, Bill Murray, dan lain sebagainya.

Aroma of Heaven

Cari Tahu Soal Kopi Lewat Film Ini

Indonesia punya beragam jenis kopi. Lewat film dokumenter ini, kamu bisa menambah pengetahuan tentang kopi di Indonesia. Rilis pada tahun 2011, disutradarai oleh Budi Kurniawan, kamu akan melihat budaya minum kopi di Indonesia. Nggak hanya menceritakan tentang varietas kopi, tapi juga mengandung unsur budaya, sejarah, hingga kebiasaan. Itu semua ada pengaruhnya dengan perkembangan industri kopi saat ini. Film Aroma of Heaven menjadi yang pertama sebelum nonton yang lainnya.

All About Coffee

Cari Tahu Soal Kopi Lewat Film Ini

Film dokumenter yang mengulas tentang kopi secara detail. Ceritanya nggak hanya tentang menyeduh kopi dan café dengan desain menarik. Sang sutradara, Brandon Loper, mengajak kamu untuk mengetahui kopi dari cara menanam, bertemu dengan petaninya, menghasilkan biji kopi dengan kualitas baik, hingga sampai ke meja konsumen. Film ini rilis tahun 2014 dengan mengambil lokasi di Honduras, Rwanda, Seattle, San Francisco, New York, Portland, hingga Tokyo.

Barista

Cari Tahu Soal Kopi Lewat Film Ini

Film yang rilis tahun 2015 ini menceritakan perjuangan lima orang barista yang mengikuti kompetisi di Amerika Serikat. Seperti yang kamu ketahui pekerjaan sebagai barista semakin tinggi peminatnya. Kompetisi pun menjadi bagian dari petualangan mereka mendapatkan pengalaman dan pengetahuan soal kopi. Sebagai penonton tentu saja banyak pengetahuan yang bisa diambil soal kopi. Ternyata, menyeduh kopi nggak sesederhana yang dibayangkan.

Filosofi Kopi

Cari Tahu Soal Kopi Lewat Film Ini

Menceritakan tentang dua sahabat yang berbeda karakter, Ben dan Jodi. Disutradari oleh Angga Dwimas Sasongko. Rilis tahun 2015 dan 2017. Mereka sama-sama mencari kedamaian dan jati diri melalui kopi. Film ini merupakan adaptasi novel karya Dee Lestari. Tingginya antusias mengenai film ini sampai dibuatkan kedai kopi dengan nama yang sama. Dalam film ini kamu diajak oleh Ben mengenal karakter kopi dan sedikit cara membuatnya. Nggak sedikit orang yang tertarik memperdalam pengetahuan kopi setelah nonton film ini.

Baca Juga: Ada Kopi Indonesia, Ini 7 Kopi Termahal di Dunia