Memasak adalah keahlian dasar yang wajib kamu kuasai, walaupun hanya menguasai masakan yang mudah. Ini akan mempermudah kamu saat harus mandiri dan nggak bingung mau makan apa. Bagi kamu yang nggak hobi atau suka masak, ini adalah kegiatan yang memakan waktu lama serta tantangan baru. Dan, belum tentu rasanya sesuai yang diinginkan.

Kegiatan ini sepertinya hanya mengolah bahan makanan dan bumbu agar bisa dimakan dan dinikmati. Padahal, ada hal-hal ringan yang kamu wajib tahu. Hal seperti ini seringkali kamu abaikan dan dianggap sepele. Supaya nggak jadi kebiasaan, ada hal dasar yang perlu kamu hindari dalam memasak. Apa saja?

7 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Memasak

Dalam tahap belajar memasak, ada baiknya kamu membaca resep dan mengikuti langkah-langkahnya. Nggak ada salahnya juga untuk membacanya berulang kalau kamu  kurang paham atau lupa langkah selanjutnya. Karena, dalam satu resep telah diuji coba beberapa kali hingga mencapai takaran dan rasa yang pas. Menjadi sok tahu dengan mengira-kira sendiri akan membuat masakan yang kamu olah menjadi berbeda rasa. Bisa jadi terlalu matang atau kurang sedap. Dari sini, kamu akan belajar menakar pemakaian gula, garam, dan merica.

7 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Memasak

Memasak tanpa menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dulu memang membuat lama. Ini sebabnya di tengah proses memasak kamu merasa kelelahan dan akhirnya asal-asalan. Bisa juga kamu lupa tempat dimana menyimpan bahan yang diperlukan. Ada baiknya untuk mempersiapkan terlebih dahulu. Tipsnya adalah ketika selesai berbelanja, jangan malas untuk membersihkan bahan makanan dan ditaruh ke dalam wadah. Sebelum kamu menyimpannya di dalam kulkas.

7 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Memasak

Memasak memang merupakan petualangan baru dan membuat penasaran hasilnya. Sering kali kamu terlalu penasaran sehingga buka tutup oven atau alat memasak lainnya. Tanpa kamu sadari ini akan mengubah tekstur dan aroma makanan, sehingga rasanya pun kurang sesuai. Ada baiknya kamu bersabar dengan menunggu proses pemanggangan. Jika memang belum sesuai, kamu bisa menambahkan sedikit waktunya.

7 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Memasak

Belajar membuat makanan secara nggak langsung akan melatih konsentrasi. Kalau nggak fokus kamu bisa berlebihan atau bahkan lupa memberikan bumbu masakan. Kamu pun harus ingat apa yang sudah dan belum dimasukkan. Inilah gunanya kamu harus membaca resep. Jangan ragu untuk memberikan tanda tipis pada resep mengenai bahan yang sudah dimasukkan. Dan, cara memasak yang telah kamu lakukan. Supaya nggak kerja dua kali atau ada yang terlewatkan.

7 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Memasak

Saat membaca resep terkadang kamu nggak percaya dengan pengaturan suhu dan lamanya waktu pemanggangan. Oleh sebab itu, dengan kira-kira kamu langsung mengatur suhu dan waktu sendiri. Dengan harapan hasilnya akan lebih baik. Jika masih belum berpengalaman dalam memasak, nggak ada salahnya kamu mengikuti langkah sesuai dengan resep. Jika menurutmu terlalu lama, bisa kamu intip dari luar untuk cek agar nggak terlalu matang.

7 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Memasak

Mencicipi makanan saat memasak dan belum dihidangkan memang bisa menurunkan selera makan dan terasa kenyang. Tapi, hal ini perlu dilakukan. Tujuannya, agar kamu tahu rasa dari masakanmu. Apakah ada bumbu yang kurang, bagaimana tingkat kematangan, dan lain sebagainya. Misalkan masih kurang, dari mencicipi ini kamu bisa menambah waktu memasak beberapa menit lagi. Dan juga menambahkan bumbu agar masakan terasa pas.

7 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Memasak

Memasak makanan memang membutuhkan langkah yang panjang dan bahan makanan yang beragam. Termasuk makanan yang tergolong sederhana. Prosesnya pun membutuhkan waktu. Terkadang ada satu atau dua bahan yang sengaja terlewatkan karena kamu nggak suka aroma dan rasanya. Memang ini bisa disesuaikan. Tapi, hindari untuk melewatkan bahan-bahan yang menjadi inti dari masakan. Melewatkan langkah penting dalam proses memasak juga akan mengubah hasil dari makanan yang kamu buat.

Baca Juga: Buat Pemula, Berikut Tips Jitu Cara Masak Anti Ribet dan Gampang