Smoothies merupakan minuman sehat yan bisa dinikmati saat dingin. Nah, campuran beberapa bahan yang segar tentu akan menambah nutrisi yang dikandungnya. Akan tetapi, siapa sangka, Bela, jika ada beberapa bahan yang jika kamu campurkan akan membuat smoothies-mu nggak sehat dan justru membuat berat badanmu bertambah.

Sering salah, inilah bahan yang nggak seharusnya dicampurkan ke smoothies.

1. Yoghurt rasa bebas lemak

Sering Salah Membuat Smoothies, Inilah Campuran yang Harus Dihindari freepik.com/ pinkomelet

Greek yoghurt merupakan bahan yang tinggi protein dengan tekstur krim yang lezat, sangat cocok untuk pembuatan smoothies. Akan tetapi, hal ini berbeda untuk yoghurt yang diberi rasa atau bebas lemak.

Yoghurt berasa dengan buah di bagian bawahnya ataupun campuran madu, akan mengandung 28 gram gula yang mampu meningkatkan kalori dalam tubuh.

Sebuah studi tahun 2015 di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa semakin banyak produk susu tinggi lemak yang dikonsumsi orang, semakin rendah risiko diabetesnya. Nah, ini juga berlaku untuk yoghurt bebas lemak ya, Bela.  

2. Jus buah

Sering Salah Membuat Smoothies, Inilah Campuran yang Harus Dihindari freepik.com/ wirestock

Jika kamu khawatir smoothies-mu kurang cairan dan ingin menambahkan jus buah ke dalamnya, sepertinya itu pilihan yang salah. Jus buah nggak memiliki serat yang mengenyangkan seperti buah segar.

Kebanyakan jus buah sudah mempunyai gula saat membuatnya. Nah, lebih baik meggunakan buah asli, bukan?

3. Terlalu banyak lemak baik

Sering Salah Membuat Smoothies, Inilah Campuran yang Harus Dihindari freepik.com/ jcomp

Alpukat atau selai kacang adalah dua hal yang bisa kamu kombinasikan untuk mendapatkan perut rata. Akan tetapi terlalu banyak lemak baik malah menjadikan bumerang.

Ahli gizi menganggap seperlima dari alpukat, begitupun selai kacang hanya dua sendok makan sudah cukup membuat satu porsi smoothies yang gurih.

4. Menambah pemanis

Sering Salah Membuat Smoothies, Inilah Campuran yang Harus Dihindari freepik.com/ freepik

Jika kamuberpikiran untuk menambah gula pasir langsung ke dalam smoothies-mu, stop Bela, hal ini nggak benar. Satu sendok madu alami pun akan menambah 17 gram gula.

Oleh karena itu, rasa manis bisa kamu dapatkan dari buah utuh ataupun dengan tambahan sirup jagung atau corn syrup.

5. Buah kaleng

Sering Salah Membuat Smoothies, Inilah Campuran yang Harus Dihindari freepik.com/ 8photo

Buah kalengan akan tampak seperti hal pintas saat kamu belum sempat berbelanja buah yang segar. Akan tetapi, hal itu justru membuat berat badanmu semakin melonjak. Buah kaleng dikemas dengan sirup yang lebih dari 20 gram gula per kaleng.

Bahkan buah yang sudah dikupas itu akan kehilangan serat penting dan tentunya kehilangan nutrisi seperti halnya buah segar.

Untuk alternatifnya, kamu bisa menambahkan tekstur beku, yang mana pembekuan akan mempertahankan lebih banyak nutrisi daripada pengalengan.

Itulah bahan-bahan yang harus kamu hindari menjadi campuran smoothies, agar racikanmu lebih sempurna dan berkhasiat.

Baca Juga: Inilah Resep Smoothies Rendah Kalori untuk Turunkan Berat Badan

Baca Juga: 3 Juice Menyegarkan Ini Efektif Turunkan Kolesterol

Baca Juga: Ingin Detoks? Coba 10 Resep Green Juice Mudah Ini di Rumah