Telur, bahan baku makanan yang mudah dibuat menjadi banyak olahan ini bisa masuk ke hampir semua makanan. Bisa digunakan di campuran makanan manis, asin, pedas maupun gurih. Nggak hanya itu, telur juga bisa menjadi menu utama dengan berbagai teknik memasak yang berbeda.

Harganya yang cukup terjangkau membuat telur menjadi idola semua orang. Tetapi nggak semua telur bisa tahan lama, salah-salah telur akan menjadi mudah kadaluarsa. Agar tahan lama, inilah rahasia membuat telur tetap segar.

1. Kuning telur

Rahasia Menyimpan Telur Tetap Segarfreepik.com/ 4045

Ternyata kuning telur bisa disimpan setelah dua hingga empat hari di luar cangkang. Kesegaran optimal bisa didapat jika kamu menyimpannya di wadah kedap udara, tutupi kuning telur dengan air untuk mencegah kuning telur mengering. Tetapi ingat ya Bela, ketika akan memasaknya, buang airnya terlebih dahulu.

Ada juga cara lain untuk membuatnya lebih lama, yaitu dengan membekukan kuning telur. Saat kuning telur beku kamu bisa menyimpannya hingga 4 bulan. Ketika kamu ingin memasaknya, letakkan dalam mangkuk yang dibawahnya diberi air dingin.

2. Putih telur

Rahasia Menyimpan Telur Tetap Segarfreepik.com/ freepik

Ternyata putih telur juga bisa dibekukan. Putih telur beku bisa bertahan jauh lebih lama yaitu hingga 12 bulan. Kamu bisa membekukannya dengan menaruh putih telur di baki es batu. Setelah itu letakkan ke dalam freezer.

Jika kamu ingin menggunakannya, cukup keluarkan dari lemari es dan letakkan di suhu kamar.

3. Telur utuh

Rahasia Menyimpan Telur Tetap Segarfreepik.com/ jcomp

Kamu juga bisa membekukan seluruh telur dengan berbagai cara, tetapi bukan membekukannya di dalam cangkang. Di bawah suhu yang rendah, kulit telur akan pecah. Cara yang benar adalah melepaskan cangkangnya. Kamu dapat memutuskan untuk membekukannya semuanya dengan menambahkan sedikit air atau memisahkan kuning dan putih telur secara terpisah.

Baca Juga: Cara Mengupas Telur Rebus dengan Mudah