Pertanyaan hari ini: Apakah kamu sudah yakin mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap pagi? Tahukah kamu jika sarapan berprotein tinggi dapat membuat penurunan berat badan dari segi lingkar lemak. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh The National Weight Control Registry, dari orang-orang yang telah turun 13 kg atau lebih, 80% mempertahankan berat badan dengan sarapan tinggi protein setiap hari.

Ada banyak kesalahan sarapan yang sering nggak kamu sadari. Hal ini bisa membuat tubuhmu semakin gemuk. Wah, kebiasaan buruk apa saja yang perlu kamu hindari?

1. Kamu hanya makan saja

Ternyata Bikin Gemuk, 7 Kebiasaan Sarapan Ini Harus Kamu Tinggalkan!freepik.com/ nakaridore

Sarapan bukan berarti makan setelah bangun tidur. Coba sesuaikan sinyal lapar dalam tubuhmu.

Julieanna Hever, MS, RD, CPT, ahli diet nabati, dan penulis The Vegiterranean Diet dan The Complete Idiot's Guide to Plant-Based Nutrition mengatakan, tubuhmu paling tahu tentang berapa banyak dan kapan harus kamu makan. Akan tetapi jangan tunggu sampai kelaparan ya, Bela. Jika kamu ingin sesuatu yang segar dan nggak berat, kamu bisa sarapan buah atau membuat smoothie.

2. Terlalu banyak serat

Ternyata Bikin Gemuk, 7 Kebiasaan Sarapan Ini Harus Kamu Tinggalkan!freepik.com/ topntp26

Serat memang sangat baik untuk tubuh, akan tetapi makan serat dalam jumlah besar di pagi hari akan membuatmu kembung dan perut terasa penuh gas. Nggak enak kan, niat hati ingin sarapan justru membuat bad mood sepanjang hari.

Pastikan kamu minum banyak air saat makan serat untuk menetralisirnya.

3. Membuat granola sebagai pilihanmu

Ternyata Bikin Gemuk, 7 Kebiasaan Sarapan Ini Harus Kamu Tinggalkan!freepik.com/ valeria_aksakova

Saat memilih granola sebagai sarapanmu, carilah yang bebas gula. Hindari juga gula kelapa, agave dan sari tebu yang diuapkan.

Lisa Hayim, RD pendiri The Well Necessities memperingatkan granola mungkin terlihat sebagai makanan sehat, akan tetapi selalu sarat dengan tambahan gula. Bahkan sebagian perusahaan menggunakan sinonim untuk gula agar menyamarkannya.

4. Kamu menonton TV atau YouTube saat sarapan

Ternyata Bikin Gemuk, 7 Kebiasaan Sarapan Ini Harus Kamu Tinggalkan!freepik.com/ drobotdean

Berfokus pada layar monitor, baik TV ataupun layar smartphone, akan menghilangkan kesadaran makan, rasa dan tekstur makanan yang kamu konsumsi. Bahkan kamu nggak sadar dengan porsi makananmu.

Coba luangkan waktu untuk makan perlahan dan penuh perhatian. Kunyahlah setiap gigitan dengan sadar dan nggak mengalihkan perhatian ke layar monitor.

5. Makan sereal saat sarapan

Ternyata Bikin Gemuk, 7 Kebiasaan Sarapan Ini Harus Kamu Tinggalkan!freepik.com/ wayhomestudio

Hindari mengambil sereal dalam kemasan menggunakan tangan. Porsi bisa nggak terkontrol karena kamu nggak mengetahui secara pasti berapa banyak yang kamu konsumsi.

The Nutrition Twins mengatakan, satu kemasan sereal menampung 10 porsi atau lebih. Jika kamu nggak menggunakan takaran yang tepat, kamu akan memakan 3 porsi saat sarapan.

Luangkan waktu untuk mengatur porsi sereal dengan alat takar yang presisi ya, Bela.

6. Kamu hanya memakan sepotong buah

Ternyata Bikin Gemuk, 7 Kebiasaan Sarapan Ini Harus Kamu Tinggalkan!freepik.com/ arkom46

Mungkin kamu sering sarapan dengan pisang atau buah lain. Yap, buah memang sehat dan kaya antioksidan, tetapi jika kamu nggak menambahkan protein ke dalamnya, kamu akan tetap merasa lapar satu atau dua jam kemudian.

Jika hal ini terjadi, kamu akan memakan apapun yang ada di sekelilingmu. Hmm, alih-alih sarapan sehat, yang ada akan menambah kalori yang membuatmu tambah gemuk.

7. Kamu berhenti di restoran cepat saji

Ternyata Bikin Gemuk, 7 Kebiasaan Sarapan Ini Harus Kamu Tinggalkan!freepik.com/ bignai

Mungkin kamu nggak punya banyak waktu untuk sarapan, oleh karena itu kamu mampir ke drive thru restoran cepat saji. Tentunya bukan sehat yang kamu dapat, tetapi 300 kalori ekstra lebih banyak daripada kamu sarapan di rumah.

Apa yang terjadi jika kamu sering memakan fast food ini? Kamu akan kelebihan natrium yang nggak baik di hatimu, apalagi jika kamu meminum soda. Kamu akan merasa kembung seharian.

Itulah 7 kebiasaan sarapan pagi yang harus kamu tinggalkan. Mulai dari sekarang, yuk!

Baca Juga: Bikin Ngiler, Ini Rekomendasi Burger Terenak di Semarang

Baca Juga: 5 Ide Sarapan Tinggi Protein yang Buat Kamu Kenyang Sampai Makan Siang

Baca Juga: 5 Menu Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Enak dan Sehat!