Sah jadi Warisan Budaya, Ini 5 Resep Jamu Tradisional Indonesia

Punya banyak manfaat untuk kesehatan

Sah jadi Warisan Budaya, Ini 5 Resep Jamu Tradisional Indonesia

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Tahukah kamu bahwa, UNESCO telah menetapkan budaya Sehat jamu (Jamu Wellness Culture masuk ke dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity UNESCO? Yap, Budaya Sehat Jamu resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) UNESCO, lho.

Jamu adalah minuman tradisional asal Indonesia yang terbuat dari tanaman herbal yang kaya akan khasiat seperti kunyit, jahe, dan sebagainya ini dikukuhkan dalam sesi sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kasane, Republik Botswana, pada 6 Desember 2023 kemarin.

Menarik untuk diulik, Popbela punya beberapa resep jamu tradisional yang bisa banget kamu buat sendiri di rumah. Seperti apa?

Sejarah jamu tradisional Indonesia

Jamu sudah tak asing lagi bagi orang Indonesia, khususnya di Tanah Jawa. Dipercaya berasal dari Tanah Jawa, ada teori menyatakan bahwa “jamu” terbentuk dari gabungan kata ‘Jawa’ dan ‘ngramu’ yang memiliki arti mencampur atau mengumpulkan dan secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai “ramuan yang dibuat oleh orang Jawa” atau “ramuan yang berasal dari Jawa”.

Namun, ada pula yang mengatakan kata jamu berasal dari bahasa Jawa kuno, yaitu jampi atau usodo. Jampi atau usodo memiliki arti penyembuhan menggunakan ramuan obat-obatan atau doa-doa. 

Jamu diperkirakan sudah sejak masa kerajaan Hindu-Buddha, tepatnya dari kerajaan Mataram. Melansir Laman Kemendikbud Ristek, ilustrasi yang berhubungan dengan proses pembuatan jamu hadir di berbagai situs, misalnya situs arkeologi Liyangan dan kuda di relief Borobudur. Lalu terdapat Prasasti Madhawapura dari periode Majapahit menyebutkan profesi khusus peracik jamu yang disebut ’Acaraki’.

1. Resep jamu kunyit asem

Jamu kunyit asem adalah perpaduan antara kunyit yang dikenal mengandung senyawa curcumenol, bertugas sebagai analgesik dengan buah asam yang kandungan antosianin berfungsi sebagai analgesik atau anti nyeri. 

Sejak dulu kunyit asam dipercaya dapat meredakan nyeri pada tubuh, nggak terkecuali nyeri haid pada perempuan. Selain itu, jamu kunyit asam juga berkhasiat untuk kecantikan, lho, yakni dapat meremajakan sel-sel kulit.

Bahan:

  1. 200 gr kunyit
  2. 5 buah asem jawa
  3. 23 sdm gula pasir
  4. 1,5 sdt garam
  5. 3,5 liter air

Cara membuat:

  1. Bersihkan kunyit dari kulitnya, potong menjadi 2 bagian besar, lalu rebus kunyit di dalam 1 liter air hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, haluskan kunyit menggunakan blender bersama air rebusan tadi hingga tercampur rata.
  3. Tuang kunyit ke dalam panci, lalu tambahkan 2,5 liter air.
  4. Masukan asam, gula, dan garam, rebus hingga mendidih sambil lakukan koreksi rasa.
  5. Matikan api, tunggu hingga dingin, lalu kunyit asam siap disajikan.
  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here