Selain banyak digunakan untuk menyedapkan masakan sampai diracik menjadi varian minuman hangat, jahe merah ternyata punya segudang manfaat lain untuk tubuh, lho! Dari berguna untuk meredakan nyeri haid, sampai mencegah serangan jantung. Penasaran? Simak 7 manfaat jahe merah untuk tubuh yang harus kamu tahu di bawah ini, yuk!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

5 Manfaat Tersembunyi Jahe Merah, Termasuk Cegah Serangan Jantungokeinfo.net

Serangan jantung banyak menjadi perbincangan dan menebar kekhawatiran di tengah masyarakat, setelah beberapa figur publik wafat di usia muda karena hal tersebut. Nah, daripada khawatir berlebihan, perkuat kesehatan kondisi jantung kamu dengan jahe merah, yuk!

Jahe merah diketahui dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol. Keduanya adalah jenis senyawa yang dapat memicu kerja jantung menjadi lebih berat, yang akhirnya mengarah ke terjadinya serangan jantung.

2. Menetralisasi Asam Lambung Berlebih

5 Manfaat Tersembunyi Jahe Merah, Termasuk Cegah Serangan JantungVirginmediatelevision.ie

Pernah mengalami masalah pencernaan seperti asam lambung yang tinggi? Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi jahe merah. Jahe merah akan berkerja untuk menetralkan asam lambungmu, sehingga rasa mual dan perih yang kamu rasakan dalam perut akan menjadi lebih baik. Kamu bisa mengonsumsi jahe merah dalam bentuk minuman hangat. 

3. Cegah Risiko Diabetes

5 Manfaat Tersembunyi Jahe Merah, Termasuk Cegah Serangan Jantungwww.popsugar.com

Diabetes adalah salah satu penyakit yang kini banyak menimpa masyarakat modern dengan gaya hidup serba praktis. Seringnya mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda., membuat bahaya diabetes tak lagi memandang usia.

Namun, kamu bisa meminimalkan risikonya dengan jahe merah, Bela. Dalam jahe merah, terdapat senyawa yang disebut gingerol. Senyawa ini memiliki fungsi untuk meningkatkan insulin yang bisa mencegah risiko diabetes. Gingerol ini juga akan menekan kadar gula dalam sel darahmu (sorbitol). Coba konsumsi, yuk!

4. Mencegah Penuaan Dini

5 Manfaat Tersembunyi Jahe Merah, Termasuk Cegah Serangan JantungPexels.com/Min An

Kamu pastinya nggak mau dong punya kulit keriput di usia yang masih muda? Tenang, jahe merah juga bisa jadi solusinya. Jahe merah memiliki senyawa asam klorogenat, zat gingerol, dan lebih dari 40 jenis senyawa antioksidan yang bisa memperbaiki elastisitas kulitmu. Salah satu cara mengolah jahe merah yang bisa kamu lakukan, adalah meraciknya sebagai masker majah. Mudah, ya!

5. Pereda Nyeri Haid

5 Manfaat Tersembunyi Jahe Merah, Termasuk Cegah Serangan JantungMedlife.com

Beberapa perempuan pernah mengalami nyeri yang mengganggu saat haid. Aktivitasmu pun jadi terganggu ya kalau nyeri ini mulai datang! Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan jahe merah.

Nyeri haid terjadi karena tingkatnya kadar prostagladin pada dinding rahim. Punya sifat yang mirip seperti ibuproren, senyawa dalam jahe merah akan berfungsi untuk menghambat pembentukan prostagladin. Hasilnya, nyeri haidmu pun akan jadi lebih baik. 

Nah, itu dia 5 manfaat jahe merah untuk tubuhmu yang harus kamu ketahui. Coba konsumsi jahe merah, yuk!

Baca Juga: Ungkap Khasiat Jahe yang Harus Kamu Ketahui