Kuliner Nusantara memang sudah terkenal sampai di mancanegara. Soal rasa dan rempah-rempahnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi jajanan dan kuliner yang ada di kota Bandung, menjadi salah satu incaran para pencinta kuliner lokal.

Kuliner yang turun temurun alias makanan legendaris menjadi daya tarik tersendiri untuk dicoba. Selain resep dan rasa yang selalu dijaga, suasana tempatnya juga menjadi daya tarik tersendiri untuk didatangi.

Dan kota Bandung memiliki kuliner legendaris yang tetap menjaga kualitas rasa dari dulu sampai sekarang, sehingga bisa membuat lidah siapa saja ketagihan untuk nambah. Yuk, simak ulasannya dan jangan sampai terlewat!

1. Rumah Makan Linggarjati (Sejak 1950)

5 Kuliner Legendaris di Bandung yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/mielinggarjati

Salah satu kuliner asli Bandung yang sudah berdiri sejak 1950 ini mempunyai dua menu andalan. Menu legendaris tersebut adalah mie yamin dan es alpukat. Dan yang membuat beda mie yamin di sini dengan mie yamin lainnya adalah porsi yang lebih besar serta mienya buatan tangan sendiri dengan tekstur kenyal.

Mie yamin Rumah Makan Linggarjati sendiri rasanya gurih dan pastinya juara di lidah. Sedangkan es alpukatnya sudah tentu memiliki rasa yang melegenda ketimbang dengan es alpukat pada umumnya. Cocok sekali bagi kamu yang suka dengan kuliner mie legendaris. Wajib banget ke sini!

Lokasi: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka: 08.00–18.30 WIB

2. Mie Naripan (Sejak 1965)

5 Kuliner Legendaris di Bandung yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/mienaripan

Tempat kuliner mie legendaris yang tak boleh dilewatkan di Bandung adalah Mie Naripan ini. Resepnya masih sama dengan mie yamin yang sudah eksis turun temurun sampai sekarang. 

Variasi mie yamin yang ada di tempat legendaris ini cukup lengkap, mulai dari bakso, babat, pangsit, hingga taburan keju yang begitu gurih. Selain mie yamin, ada juga menu lain yang tak kalah melegenda rasanya seperti bakso kuah, nasi goreng, bihun, dan bubur ayam. 

Lokasi: Jl. Naripan No.108, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka: 08.30–20.30 WIB

3. Toko You (Sejak 1947)

5 Kuliner Legendaris di Bandung yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/rizkihirotanaka

Berdiri sejak peralihan kemerdekaan Indonesia, membuat tempat ini banyak dicari oleh pemburu kuliner legendaris. Sebelum berganti nama Toko You, dulu masih memakai nama Het Snoephoekje. Toko You menawarkan suasana Bandung tempo dulu dengan dekorasinya yang unik.

Menu makanan yang ada di sini memiliki rasa sama seperti waktu buka pertama kali. Menu legendaris andalannya adalah nasi goreng, rawon, ayam mentega dan berbagai macam pilihan chinese food. Bahkan menu steak juga ada di sini dengan kualitas rasa yang tetap melegenda dan tak pernah berubah sejak dulu.

Lokasi: Jl. Hasanudin No.12, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka: 07.30–23.00

4. Warung Kopi Purnama (Sejak 1930)

5 Kuliner Legendaris di Bandung yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/warungkopipurnama

Warung Kopi Purnama merupakan warung kopi tertua yang ada di Bandung. Tempat ini memiliki menu kopi legendaris yang dipadukan roti bakar selai sirkaya homemade yang tentunya sangat klasik dan otentik. 

Selain kopi ada juga beberapa menu legendaris andalan lainnya yang siap saji dalam panas atau dingin. Tak hanya minuman, ada juga makanan berupa nasi goreng, mie yamin, nasi timbel komplit, dan berbagai macam makanan tambahan lainnya.

Lokasi: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka: 06.30–22.00

5. Sumber Hidangan (Sejak 1929)

5 Kuliner Legendaris di Bandung yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/yourbandung

Tempat ini juga menjadi salah satu warung kuliner paling legendaris yang ada di Bandung. Dengan tetap menjaga kelestarian suasana tempo dulu, kamu tidak akan menemukan colokan listrik, apalagi WIFI yang menjadi incaran setiap orang di tempat ini.

Kamu bisa menikmati hidangan roti, es krim, minuman legendaris, dan beberapa menu andalan Sumber Hidangan. Bistik menjadi menu favorit para pencinta kuliner ketika berada di Sumber Hidangan karena adanya guyuran sausnya yang sangat spesial dan benar benar memberikan rasa otentik dalam tampilannya.

Lokasi: Jl. Braga No.20-22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka: 09.30–15.30

Nah, itu dia tempat kuliner legendaris di Bandung dengan kualitas rasa yang masih terjaga sampai sekarang dan tentunya selalu bikin nagih jika sudah mencicipi. Jika ke sini, tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya.

Baca Juga: 7 Kuliner Riau Terlezat & Unik yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 10 Kedai Kopi Paling Legendaris di Indonesia

Baca Juga: 7 Makanan Legendaris Ini Menggunakan Bahan Tak Terduga, Berani Coba?