Bakso memang digemari oleh setiap orang di Indonesia. Hampir semua kalangan menyukainya, mulai dari orang tua hingga anak-anak. Apalagi jika cuaca sedang hujan, semangkok bakso tentu akan menyempurnakan harimu. Kuliner satu ini memang sangat populer dan nggak ada matinya di Indonesia. Karena itu, para pegiat bisnis pun juga saling bersaing untuk menarik pehatian konsumen dengan cara mengeluarkan olahan bakso yang unik dan antimainstream.

Nah, ini dia inovasi bakso unik yang harus kamu coba.

1. Bakso Beranak

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstreamwzcmumbai.com

Inovasi bakso yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kuliner atau mungkin sudah ada yang mencobanya. Bakso yang satu ini sempaat menjadi viral karena penyajiannya yang unik. Bakso ini memiliki ukuran yang cukup besar yang jika kamu belah, kamu bisa mendapatkan bakso bakso ukuran kecil di dalamnya, jadi di dalam bakso ada bakso, makanya disebut bakso beranak.

2. Bakso Mangkok

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstreamkokibakso.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, bakso mangkok ini dibuat menyerupai mangkok bakso. Di atasnya, disajikan porsi bakso lengkap beserta kuahnya. Jadi, kamu bisa makan bakso beserta mangkok mangkoknya sampai puas.

3. Bakso Balon

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstreamfacebook.com

Kalau kamu jalan jalan ke Lampung, kamu bisa coba kuliner kekinian bakso balon. Tapi jangan khawatir, bakso berukuran besar ini tidak dibuat dari karet balon sungguhan. Bakso balon dibuat dengan kuning telur yang dibalutkan di luar bakso dan sudah dimatangkan terlebih dahulu sehingga menyerupai balon.

4. Bakso Moncrot

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstreampassionstory.fwd.co.id

Bakso unik ini dibuat dari tomat yang dikosongkan isinya dan diganti dengan hidangan bakso. Perpaduan rasa asam tomat dan gurihnya daging bakso mampu menghasilkan cita rasa yang unik dan beda. Bakso moncrot ini bisa kamu nikmati di salah satu gerainya yang berlokasi di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

5. Bakso Barbel

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstreamtravelingyuk.com

Bagi kamu pecinta olahraga, bisa cobain bakso yang satu ini. Bakso unik berbentuk barbel ini ternyata sengaja dibuat oleh sang pemiliknya yakni (Alm.) Agung Hercules sebagai bentuk kecintaannya terhadap olahraga tersebut. Selain bakso yang berbentuk barbel, semua peralatan makan dan furniture di gerai yang terletak di kawasan Bandung ini juga dibentuk menyerupai barbel.

6. Bakso Setan

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstreamqraved.com

Jangan ngeri dulu dengar namanya. Bakso yang bisa kamu temui di daerah Bogor ini sudah menjadi hits di kalangan pecinta kuliner lho. Bakso yang berukuran jumbo dan berisi daging cincang ini cocok buat disantap beramai ramai bersama teman kamu.

7. Bakso Mercon

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti MainstreamDok. Internet

Eits, jangan takut dulu saat mendengar namanya. Bukan berarti ada mercon dalam baksonya. Bagi kamu pecinta kuliner pedas, belum sah kalau belum mencoba menu satu ini. Bakso dengan isian daging cincang dengan cabe rawit dan sambal super pedas ini dijamin bakal bikin kamu nangis. Rasanya meledak di mulut kamu!

8. Bakso Kurma

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti MainstreamDok. Internet

Kalau bakso biasanya memiliki isian daging cincang, telur, atau cabe, lain halnya dengan bakso satu ini. Bakso yang berlokasi di daerah Tebet ini, menyajikan bakso dengan isian kurma. Rasa gurihnya bakso bercampur kurma yang manis ternyata mampu menghasilkan sensasi rasa yang unik dan lain. Cocok nih untuk buka puasa nih!

9. Bakso Durian

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti MainstreamDok. Internet

Satu lagi nih, bakso dengan isian yang nggak akan pernah kamu sangka. Kebayang nggak makan bakso dengan isian durian? Warung bakso yang berlokasi di Bojonegoro ini berhasil menciptakan inovasi yang anti mainstream, rasa bakso yang gurih bercampur dengan rasa khas durian. Hmm, kebayang nggak rasanya?

10. Bakso Buaya

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstreamnetz.id

Jangan salah sangka dulu. Meskipun namanya bakso buaya, bakso ini bukan menggunakan daging buaya. Bakso ini dinamakan bakso buaya karena bentuknya yang menyerupai buaya. Salah satu warung bakso di kawasan Bekasi ini, menyajikan bakso berbentuk buaya yang ukurannya cukup besar dan bisa dinikmati beramai-ramai.

11. Bakso Genderuwo

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstreampicbon.com

Aduh, dari namanya saja udah bikin merinding. Bakso yang bisa kamu temukan di daerah Surakarta ini menyajikan bakso berukuran besar dengan mie kuning menancap ke dalam baksonya, sehingga menjadi seperti rambut. Inilah alasannya dinamakan bakso genderuwo, ada-ada saja ya.

12. Bakso Klenger

Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstreamtravelingyuk.com

Bakso Klenger disajikan dalam ukuran yang ekstra jumbo, mulai dari 250 gram hingga 5 kg. Gerai bakso yang terletak di Yogyakarta ini, menyajikan bakso ukuran besar dengan beraneka ragam isian seperti telur ayam, telur puyuh, daging cincang, dan lain sebagainya. Wah, saking besarnya bisa buat makan satu kompleks nih!

Itu dia, inovasi bakso yang unik dan antimainstream, patut dicoba nih!

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah ditayangkan di laman IDNTimes.com dengan judul "Hanya Ada di Indonesia, 12 Varian Bakso Unik dan Anti Mainstream"

Baca Juga: 7 Makanan Legendaris Ini Menggunakan Bahan Tak Terduga, Berani Coba?