Ngomongin jeroan tentu bagi sebagian orang bahan masakan ini sangat dihindari. Selain masaknya harus jeli, kandungan kolesterol yang cukup tinggi dianggap sumber masalah bagi kesehatan tubuh. Sehingga banyak yang menolaknya mentah-mentah meski belum pernah mencoba rasanya sekali pun.

Kebalikannya, ketika kalian berada di Surabaya anggapan tersebut seakan tidak berlaku. Banyak banget warung yang justru menyajikan olahan jeroan berupa babat. Saat melewati warung, aroma sedap babat yang sedang digoreng seakan membius untuk dicicipi. Meski rata-rata tempat makannya sederhana tapi selalu ramai pelanggan. Tak jarang hingga mengantri.

Enaknya babat ini makin menjadi saat dipadukan dengan sambal bawang yang pedas. Dengan sedikit taburan serundeng kelapa bikin rasanya jadi gurih. Untuk memanjakan lidah biasanya hadir pula lauk pendamping seperti usus, paru, empal dan udang goreng.

Oleh karena itu kalau ke Surabaya kunjungi 9 warung nasi babat paling laris berikut, dijamin endes maksimal!

1. Nasi Babat Yu Gembrot

9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!Instagram.com/surabaya_eatery

Seporsi nasi babat di sini berisi nasi, potongan babat goreng, serundeng, sambal dan kemangi. Perpaduan manis, gurih, asin dan pedasnya pas. Babatnya digoreng agak basah jadi teksturnya lembut banget.

Warung Yu Gembrot berlokasi di Jalan Darmo Baru Barat No. 54, Surabaya. Warung nasi babat ini cocok banget buat didatangi kala lapar tengah malam karena buka selama 24 jam. Kalau tidak terlalu suka nasi babat ada juga pilihan menu enak mengenyangkan lainnya seperti nasi bebek, nasi pecel, nasi bali dan lain-lain.

2. Nasi Babat Cak Yasin

9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!Instagram.com/roylukito

Berlokasi di Dukuh Kupang Gang 25, Surabaya. Untuk hari biasa warung ini buka dari jam tujuh malam sedangkan di weekend dari jam 6 malam. Warung ini menarik pelanggannya dengan tekstur babat yang empuk. Rasa babatnya ada asin asinnya sedikit. Gorengnya kering jadi agak renyah bagian luarnya. Dipadukan dengan serundeng yang gurih plus pedasnya sambal.

Untuk pecinta jeroan selain babat warung ini juga sediakan lauk lain seperti limpa, paru, usus dan lainnya. Kalian bisa puas menyantap nasi babat maknyus ini dengan harga Rp16 ribu saja seporsi.

3. Nasi Babat Mbok Lemu

9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!Instagram.com/r47natjan

Bertempat di Jalan Raya Kupang Baru No. 24, Surabaya. Warung ini menjajakan nasi babat setiap hari dari setengah tujuh sampai dua belas malam. Dengan mengeluarkan uang Rp24 ribu, kalian bisa menyantap sepiring nasi berpadu dengan babat goreng, usus, paru, udang goreng, lalapan, serundeng dan sambal. Mantap kan?

4. Nasi Babat Hebat

9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!Instagram.com/nonikchubby

Berlokasi di Jalan Dukuh Kupang 18, Surabaya. Dengan Rp15 ribu kalian bisa mendapatkan nasi hangat dengan banyak potongan babat lembut. Makannya bersama sambal pedas bikin lidah makin bergoyang. Kalau ingin mampir warung ini buka dari jam dua belas siang sampai sembilan malam.

5. Nasi Babat Pak Pri Karang Empat

9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!Instagram.com/warungbabatgulenr

Berlokasi di Jalan Karang Empat Besar No. 46, Surabaya. Warung ini buka setiap hari dari jam enam sore sampai enam malam. Enaknya di sini itu babatnya tersaji panas-panas karena baru digoreng sesaat kalian pesan. Jadi rasa bumbunya lebih wangi. Lebih nikmat disantap dengan sambal bawang.

Nasi babat ini bisa dikatakan kuliner malam enak dan murah. Dibanderol hanya Rp20 ribu seporsi. Selain nasi babat ada sego campur, sego empal dan gule iga sapi.

6. Nasi Babat Jahanam Tombo Kangen

9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!Instagram.com/segojahanam

Buat kalian yang super sibuk dan nggak sempat makan di tempat. Sego babat ada yang khusus dijual secara online di Surabaya. Sego Babat Jahanam Tombo Kangen namanya. Warung online ini punya nasi babat yang terkenal dengan cita rasa sambal yang pedasnya di atas rata-rata, jahanam abis!.

Untuk seporsi sego babat komplit berisi nasi, babat, empal, usus, paru, serundeng, daun kemangi dan sambal jahanam. Nikmatnya sego babat ini bisa kalian rasakan dengan Rp30 ribu saja. Selain menu babat masih ada varian nasi jahanam empal dan empal udang yang tak kalah endes.

7. Nasi Babat Cak Poer

9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!Instagram.com/amazingindonesiafood

Berlokasi di Jalan Kedungdoro No. 183A, Surabaya. Mulai jam lima sore, kalian bisa menjajal nasi babat yang terkenal endes di sini. Seporsinya terdiri dari nasi, babat, usus, paru, lalapan, serundeng, sambal dan peyek. Biar makin mantap bisa tambah lauk lain seperti empal. 

Berbeda dari warung babat lain, pelanggan di sini lebih suka memilih nasi jagung karena cita rasanya khas. Nasinya pulen dengan sensasi manis dari butiran jagungnya, babatnya gurih dan beraroma sedap serta sambalnya ini juara banget pedasnya. Dilihat dari segi harga juga masih ramah kantong yakni dibanderol Rp15 ribu seporsi. 

8. Nasi Babat Pak Lurah

9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!Instagram.com/eattemptationsby

Berlokasi di Jalan Arjuno Nomor 148B, Sawahan, Surabaya. Warung tenda ini buka mulai jam lima sore sampai dua belas malam.

Beda dari warung babat lain, di sini kalian akan ditawarkan sensasi makan babat pakai sambal dabu dabu.

Dengan harga yang terjangkau yakni Rp15 ribu saja kalian bisa menyantap sepiring nasi babat berisi nasi, sambal dabu dabu, babat dan usus goreng serta serundeng kelapa. Bumbu babatnya gurih dan wangi. Gorengnya pas dengan tekstur lembut dan tidak berminyak. Nasi dan potongan babatnya lumayan banyak jadi puas banget!

9. Nasi Babat Sambal Mercon

9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Yummy Maksimal!Instagram.com/eattemptationsby

Lokasinya ada di Tambang Boyo. Pacarkembang, Surabaya. Warung yang mulai buka jam lima sore ini punya sambal yang pedasnya mantap banget. Babat gorengnya cenderung basah jadi teksturnya lembut parah. Bumbu marinasinya jadi berasa banget. Untuk menikmati babatnya bisa pilih dua macam nasi yakni nasi jagung atau nasi putih biasa.

Duh, bikin ngiler kan! Jadi, kalian sudah berencana untuk mengunjungi warung yang mana nih?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "9 Warung Nasi Babat Paling Laris Di Surabaya, Endes Maksimal!"

Baca Juga: Wisata Kuliner di Bangkok? Kunjungi Daftar Tempat Ini