Beberapa minggu lalu, minuman Dalgona Coffee sempat menjadi tren di media sosial. Ada banyak video resep yang mempraktikan cara membuatnya, serta berbagai foto estetik yang menunjukkan hasil minuman kopi susu tersebut. Karena sedang menjalani social distancing, banyak orang mengisi waktunya di rumah saja dengan mencoba membuat minuman kopi kekinian ini. Apa kamu sudah mencoba resep Dalgona Coffee di rumah, Bela?

Mungkin kamu nggak suka atau nggak bisa minum kopi, jadi nggak dapat mencoba membuatnya. Jangan sedih, Bela. Ternyata, ada juga resep Dalgona non-kopi untuk kamu yang nggak suka minuman kafein ini. Mulai dari Dalgona nutella, Dalgona Matcha, sampai ada Dalgona herbal! Yuk, kita tengok masing-masing resepnya.

1. Dalgona Nutella

Mulai dari Nutella sampai Herbal, Ini 5 Variasi Resep Minuman DalgonaInstagram.com/Kufr_

Mengutip dari Good Housekeeping, salah satu akun Instagram dengan nama @sweetportofolio memperkenalkan resep Dalgona Nutella bagi para pecinta selai Nutella, sekaligus menjadi alternatif yang manis buat mereka yang kurang suka dengan kopi. Bahan yang kamu butuhkan adalah: 

  • 1 sdm selai Nutella 
  • 1/3 heavy whipping cream. Aduk keduanya sampai tercampur merata. 

Sajikan di atas susu. Kalau ingin rasa Nutella yang lebih kuat, kamu dapat memasukkan selai Nutella pada dasar gelas sebelum menuangka susu dan es batu. Rasanya, dijamin akan memuaskan sweet tooth-mu!

Kamu pun bisa mencampurkan Nutella ke dalam resep Dalgona Coffee jika ingin merasakan perpaduan kafein dengan selai cokelat ini. Akun Instagram @fitwaffle memperkenalkan variasi resep ini di media sosial. Kamu cukup menambahkan sedikit Nutella pada resep dasar Dalgona Coffe ketika campuran bahan mulai terlihat berubah tekstur menjadi lebih creamy. Rasanya, lezat banget!

2. Dalgona Matcha

Mulai dari Nutella sampai Herbal, Ini 5 Variasi Resep Minuman DalgonaInstagram.com/Teakandthyme

Selain Dalgona Coffee, ada Dalgona Matcha yang nggak kalah nge-tren, dan ini cocok untuk kamu yang nggak suka minum kopi. Namun dalam membuat Dalgona Matcha, ada satu bahan tambahan yang berbeda dengan membuat minuman kopinya, yakni putih telur. Bahan ini untuk memastikan kalau campuran matcha dapat mengembang dan kaku seperti whipped cream.

Bahan-bahannya:

  • 1/4 gelas gula
  • 2 butir telur besar, ambil putihnya
  • 1 sdm bubuk matcha

Cara membuatnya:

  • Larutkan gula dengan 1/4 gelas air panas.
  • Kemudian pada wadah lainnya, kocok lepas putih telur sampai berbusa. Kemudian, perlahan masukkan gula sembari mengocok telur dengan kecepatan tinggi. Kocok sampai putih telur berubah menjadi putih dan busa menjadi buih kecil.
  • Masukkan bubuk matcha ke dalam telur dan lanjut mengocok dengan kecepatan tinggi sampai halus dan creamy. Jangan mengocok terlalu lama atau campuran tersebut akan berubah tekstur menjadi meringue.
  • Sajikan di atas susu dan es batu.

Kalau putih telur memberikan sentuhan rasa atau bau amis, beberapa resep kreasi Dalgona Matcha lainnya whipped cream bubuk, santan, atau aquafaba sebagai pengganti telur.

3. Whipped Strawberry Milk

Mulai dari Nutella sampai Herbal, Ini 5 Variasi Resep Minuman DalgonaInstagram.com/Glamourgermany

Bukan pecinta kopi atau matcha? Mungkin kamu bisa mencoba resep Whipped Strawberry Milk ini, Bela. Namanya mungkin bukan Dalgona, namun penyajiannya sama seperti minuman tren itu. Melansir dari Delish, bahan yang kamu butuhkan adalah: 

  • 1 sdm bubuk susu Strawberry 
  • 1/4 gelas heavy whipping cream

Campurkan keduanya sampai rata dan mengembang. Lalu, sajikan di atas susu dingin atau panas.

Kamu juga bisa mengganti bubuk susu strawberry dengan bubuk kokoa untuk mengubahnya menjadi Whipped Cocoa! Bahan yang kamu butuhkan adalah: 

  • 1/2 sdt bubuk kokoa
  • 1 sdt gula
  • 3 sdt heavy whipping cream

Kocok semua bahan sampai tercampur rata dan mengembang, sajikan di atas susu.

4. Dalgona Milo

Mulai dari Nutella sampai Herbal, Ini 5 Variasi Resep Minuman DalgonaInstagram.com/Naninyusuf

Susu cokelat favorit bagi banyak orang ini bisa kamu jadikan sebagai Dalgona juga, loh! Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah:

  • 5 sdm Milo
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt ovalet/sp (emulsifier)
  • 3 sdm air panas

Cara membuatnya:

Campurkan semua bahan, pastikan semuanya larut dalam air panas lalu kocok sampai mengembang dan memiliki tekstur seperti whipped cream. Jika sudah, sajikan di atas susu.

Kamu bisa mengganti emulsifier dengan whipped cream, baik itu berbentuk bubuk maupun heavy whipping cream.

5. Dalgona Herbal

Mulai dari Nutella sampai Herbal, Ini 5 Variasi Resep Minuman DalgonaInstagram.com/Olivesnthyme

Dalgona herbal di sini bukanlah minuman Dalgona dengan jamu-jamuan, Bela, melainkan dengan kopi herbal. Ini adalah jenis kopi yang aman untuk pemilik lambung sensitif serta baik untuk kesehatan. Kopi herbal ini sudah tersedia dalam kemasan sehingga kamu tinggal menyeduhnya. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahan yang kamu butuhkan cukup 2 sachet kopi herbal dan 2 sdm whipping cream. Campur dan kocok kedua bahan tersebut sampai mengembang. Jika sudah, sajikan di atas susu dingin. Gampang, kan?

Itulah resep dalgona non-kopi untuk kamu yang kurang suka atau nggak bisa meminum kopi. Variasi resep ini sangat seru untuk kamu coba di rumah. Kamu bahkan bisa menemukan resep dalgona non-kopi versi kamu juga, loh! Dari berbagai resep minuman Dalgona ini, mana yang akan kamu coba duluan, Bela?

Baca Juga: Resep Dalgona Coffee, Kopi Kekinian yang Hits Saat Social Distancing

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kopi Literan untuk Menemanimu #DiRumahAja

Baca Juga: Bikin Kopi A la Kafe di Rumah dengan 7 Teknik Brewing Ini