Siapa penyuka teh? Selain rasanya yang menenangkan, teh memiliki berbagai kebaikan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun ternyata, nggak hanya minumannya yang bermanfaat, lho. Jika menggunakan teh celup untuk membuat minuman ini, kantong teh bekas itu juga dapat kamu gunakan untuk berbagai hal di rumah. Apa saja? Melansir dari Bobvila, ada beberapa hal yang bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan kantung teh bekas.

1. Menyuburkan tanaman

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPexels.com/Min An

Sebagian orang jadi memiliki hobi berkebun di kala pandemi ini. Nah, kamu bisa menggunakan kantung teh bekas sebagai pupuk organik untuk tanaman yang membutuhkan acidic oil yang banyak, seperti bunga mawar, pakis, dan berbagai macam tanaman gantung. Selain itu, kandungan tannin dan gizi lainnya dari kantung teh bekas dapat membantu merangsang pertumbuhan tanaman.

Letakkan beberapa kantung teh bekas pada lubang drainase dan di sepanjang bagian dasar pot untuk membantu daun tanaman terjaga kelembapannya. Kamu pun bisa mengombinasikan kantung teh bekas dan tanah untuk membuat tanaman jadi lebih subur.

2. Merendam alat makan dan peralatan dapur yang ingin dicuci

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPexels.com/Pixabay

Mencuci peralatan makan dan dapur yang terkena minyak pasti sangat menyusahkan. Namun, ada tip mudah yang bisa kamu coba! Rendam peralatan makan dan peralatan dapur yang memiliki noda minyak membandel dalam air panas dan kantung teh bekas. Panci kecil hanya membutuhkan beberapa kantung teh dan 1-2 gelas air panas. Namun, peralatan makan yang banyak akan membutuhkan 1 lusin atau lebih kantung teh.

Cukup isi bak cuci yang sudah ditutup lubang airnya dengan air panas, masukkan kantung teh bekas, lalu rendam peralatan makan maupun peralatan dapurmu. Jika mencuci di malam hari, rendam semalaman. Rupanya, kandungan tannin dalam teh dapat menguraikan minyak dan kamu akan mendapati peralatan dapur bebas minyak di pagi hari.

3. Membersihkan kaca sampai jernih

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPexels.com/Karolina Grabowska

Kantung teh bekas juga dapat membersihkan bekas minyak dan sidik jari yang menempel pada kaca, nih, Baik itu cermin, kaca jendela, maupun kacamata. Gosokkan kantung teh bekas pada permukaan kaca, lalu lap bersih menggunakan paper towel. Kacamu akan bersih mengilap.

4. Mengusir bau kurang sedap

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPixabay.com/Pexels

Selain baking soda, kantung teh juga dapat mengusir bau kurang sedap yang ada dalam kulkasmu. Mudah, kok! Letakkan kantung teh bekas di dalam mangkuk atau gelas kecil, lalu simpan di dalam kulkas pada bagian belakang. Teh akan menyerap bau kurang sedap dan menggantinya dengan aroma yang segar. Ganti kantung teh setiap beberapa hari sekali untuk menjaga aroma kulkas tetap segar dan nggak berbau lagi.

5. Mengusir tikus

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPexels.com/DSD

Konon, tikus dan hewan hama lainnya nggak tahan dengan aroma pepermint. Maka, letakkan kantung teh peppermint bekas pada tempat strategis di rumah, misalnya dekat pintu dan di dalam kabinet, untuk mengusir hewan-hewan perusak tersebut. Beri sedikit tetesan peppermint essential oil pada kantung teh untuk memperkuat aroma dan lebih ampuh mengusir hewan-hewan itu.

6. Membersihkan sepatu lama

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPexels.com/Lukas

Punya sepatu berbahan kulit yang kotor atau bernoda? Kamu dapat membersihkannya dan membuatnya tampil seperti baru dengan beberapa kantung teh bekas yang basah. Gosokkan kantung teh di seluruh permukaan sepatu kulit dengan gerakan memutar. Gunakan beberapa kantung teh bekas pada satu sepatu, untuk memastikan seluruh kotoran terangkat sempurna. Kemudian, selesaikan dengan mengelap sepatu dengan kain yang lembut dan bersih untuk membuatnya terlihat mengilap!

7. Memperkaya kompos

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPexels.com/Lisa Fotios

Campurkan beberapa kantung teh bekas atau daun teh bekas ke dalam tumpukan kompos untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik. Daun teh ini juga dapat membantu menjaga kelembapan yang dapat mempercepat proses penguraian. Beberapa kantung teh mungkin nggak sepenuhan dapat terurai. Jadi, kamu perlu memeriksa materi yang digunakan brand sebelum menggunakannya, serta melepaskan staples sebelum memasukkannya ke dalam kompos.

8. Memoles permukaan kayu

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPexels.com/Pixabay

Kantung teh bekas juga dapat kamu gunakan untuk memoles permukaan kayu, seperti lantai atau mebel. Sebab, kandungan tannin di dalam teh hitam dapat membantu mengeluarkan kilau alami kayu. Gosokkan beberapa kantung teh bekas di atas permukaan kayu, lalu lap dengan kain untuk mendapatkan kilau yang maksimal. Sebelumnya, penting diingat kalau kantung teh bekas harus lembap, namun nggak boleh basah kuyup untuk mencegahnya dari merusak kayu.

9. Memberikan efek tie-dye

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPixabay.com/Karol Olson

Siapa yang sedang hobi membuat kaos tie-dye? Kamu juga bisa menggunakan kantung teh bekas jika nggak punya pewarna pakaian. Untuk tampilan belang-belang, tempatkan kantung teh bekas yang basah secara acak pada kertas atau bahan kain, lalu biarkan mengering. Untuk efek dye secara keseluruhan, letakkan kertas atau bahan kain di bagian bawah loyang panggan atau wadah yang dangkal dengan 10-12 kantung teh bekas, lalu tutup dengan air mendidih. 

Biarkan semalaman, lalu keringkan. Ulangi proses ini jika menginginkan pola warna yang lebih gelap. Teh hitam dan teh hijau akan memberikan warna cokelat dan beige, sedangkan teh rooibus atau hibiscus akan memberikan warna kemerahan.

10. Memperkaya rasa makanan

Jangan Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Bekas untuk 10 Hal Keren IniPexels.com/Lukas

Kantung teh bekas juga dapat kamu gunakan sebagai bahan untuk mempersiapkan olahan daging ringan, seperti ayam, kalkun, atau babi. Letakkan beberapa kantung teh bekas, segelas air, dan daging pilihanmu ke dalam kantung. Pilih kantung dengan zip lock atau ikat kencang untuk menguncinya. Kemudian marinasi selama semalaman. Kandungan tannin dalam teh merupakan bahan pengempuk alami yang juga dapat memberikan rasa gurih sedap pada daging.

Jadi, jangan buang kantung teh atau daun teh yang sudah kamu gunakan. Simpan karena kamu bisa memanfaatkannya untuk 10 hal keren yang bermanfaat! 

Baca Juga: Banyak Ragamnya, Ini Berbagai Olahan Teh di Dunia yang Harus Kamu Coba

Baca Juga: 14 Jenis Teh yang Ada di Asia, Sudah Coba Semua Belum?

Baca Juga: Karaktermu Bisa Terlihat Berdasarkan Jenis Teh Pilihanmu Lho