Membuat pizza di rumah menjadi salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang di rumah saja. Jika sulit membuat adonannya, kamu dapat membeli adonan pizza yang sudah jadi dan siap digunakan. Produk ini dapat kamu temukan di supermarket besar. Namun, tahukah kamu kalau adonan pizza juga dapat kamu manfaatkan untuk resep lain?

Melansir dari TheKitchn, kamu dapat memanfaatkan adonan pizza untuk resep makanan lain yang nggak kalah enak, Bela. Baik adonan yang kamu buat sendiri, maupun adonan yang kamu beli di supermarket, keduanya dapat kamu sulap menjadi ragam makanan yang berbeda. Apa saja? Bagaimana tips mengolahnya?

1. Crackers

8 Jenis Makanan yang Dapat Kamu Buat dengan Adonan PizzaInstagram.com/Healthyfatkitchen

Punya sisa adonan pizza yang kurang besar untuk kamu olah menjadi pizza? Jangan dibuang, kamu dapat mengolahnya menjadi kudapan crackers. Caranya, tipiskan adonan dan ratakan dengan garpu. Lalu, oleskan permukaan adonan dengan minyak zaitun dan taburi garam secukupnya. Selanjutnya, panggang dengan suhu 400 derajat selama 10 menit. Keluarkan dan dinginkan, kemudian patahkan crackers menjadi ukuran kecil. Kudapan lezat siap disantap!

2. Dinner Rolls

8 Jenis Makanan yang Dapat Kamu Buat dengan Adonan PizzaInstagram.com/Redstaryeast

Sedang menggemari olahan roti bantal? Kamu bisa membuatnya dengan adonan pizza! Bagi adonan menjadi sebesar bola berukuran buah aprikot. Taruh di dalam loyang yang telah dilapisi minyak dan diamkan selama 40 menit agar adonan mengembang. Kemudian, oleskan minyak zaitun, taburi garam, dan panggang dengan suhu 400 derajat selama sekitar 20 menit atau sampai permukaan berwarna cokelat-keemasan.

3. Baguette

8 Jenis Makanan yang Dapat Kamu Buat dengan Adonan PizzaPexels.com/Brigitte Tohm

Jika lebih suka menyantap roti berukuran panjang seperti baguette, kamu juga dapat membuatnya menggunakan adonan pizza. Berbeda dengan resep nomor 2, kamu membutuhkan adonan yang lebih panjang dan menggulungnya hingga menyerupai bentuk bagguete. Diamkan selama 40 menit agar mengembang hingga membesar 2x lipat dari ukuran semula. Kemudian, oleskan tipis butter atau minyak zaitun pada permukaannya dan panggang dengan suhu 400 derajat selama sekitar 20 menit hingga berwarna cokelat-keemasan.

4. Pita Bread

8 Jenis Makanan yang Dapat Kamu Buat dengan Adonan PizzaInstagram.com/Themorningbasil

Jika belum tahu, pita bread merupakan roti tipis khas Timur Tengah. Meski sebenarnya ada sedikit perbedaan resep antara pizza dan pita bread, kamu tetap dapat mencoba membuatnya dengan adonan pizza, kok. Bentuk adonan bulat besar seperti membuat pizza. Kemudian siapkan penggorengan seperti teflon yang memiliki permukaan rata. Panaskan teflon, kemudian tuangkan sedikit minyak dan ratakan ke seluruh permukaan alat masak.

Masukkan adonan pizza dan tunggu sampai 30 detik hingga ada bubble terbentuk di permukaan roti. Balik roti dan masak sekitar 1-2 menit hingga bagian bawah terlihat berwarna kecoklatan. Balik roti dan masak sekitar 1-2 menit. Pada tahap ini, adonan sudah mulai kelihatan mengembang. Jika nggak mengembang atau hanya mengembang sedikit, coba tekan permukaan roti dengan pelan menggunakan clean towel yang bersih. Kemudian angkat.

5. Italian Grissini Breadsticks

8 Jenis Makanan yang Dapat Kamu Buat dengan Adonan PizzaInstagram.com/Audelicepatisserie

Kudapan ringan ini paling mudah kamu buat menggunakan adonan pizza. Sebelum mengolah adonan, coba untuk menggosokkan minyak zaitun pada kedua permukaan tangan dan pada permukaan meja atau talenan. Kemudian, olah adonan hingga membentuk stik panjang. Panggang dengan suhu 400 derajat selama sekitar 10-15 menit hingga berwarna cokelat-keemasan.

6. Donat

8 Jenis Makanan yang Dapat Kamu Buat dengan Adonan PizzaPexels.com/Buenosia Carol

Selain menjadi pizza, adonannya dapat kamu olah menjadi donat, lho! Cukup mengolah adonannya dengan membentuknya menjadi donat. Entah ingin membentuk lubang di tengah, entah menjadikannya donat dengan isian, buat sesuai dengan keinginanmu!

7. Scallion Pancakes

8 Jenis Makanan yang Dapat Kamu Buat dengan Adonan PizzaInstagram.com/Nom_life

Scallion pancake merupakan kudapan khas Tiongkok. Resep scallion pancake hampir sama dengan adonan pizza, bedanya ada pada tambahan yeast pada pancake. Bagi satu adonan pizza menjadi 4 bagian. Tipiskan adonan pada permukaan yang sudah dilapisi minyak. Bentuk pancake menjadi persegi panjang tipis. Oleskan minyak zaitun pada permukaan adonan secara tipis. Kemudian, taburi scallion atau daun bawang dan kosher salt secara merata. Gulung adonan ke dalam sehingga membentuk memanjang dan bagi menjadi dua ukuran sama besar. Bungkus dengan alumunium foil dan diamkan selama 15 menit.

Ratakan adonan menjadi pancake yang rata menggunakan rolling pin atau tanganmu. Kemudian panaskan teflon dan tuangkan minyak sayur. Ketika minyak sudah mulai panas, masukkan adonan. Masak selama 2 menit lalu balik adonan dan masak selama 2 menit lagi atau sampai permukaan berwarna cokelat-keemasan. Sajikan dengan saus cocolan!

8. Calzone

8 Jenis Makanan yang Dapat Kamu Buat dengan Adonan PizzaInstagram.com/Mutti_til_5

Calzone mirip seperti pizza, bukan? Bedanya, seluruh topping menjadi isian. Kamu dapat membuat calzone dengan adonan pizza, lho. Buka gulungan adonan pizza, ratakan namun jangan terlalu tipis. Olesi saus pizza dan taruh isian yang kamu inginkan (sosis, pepperoni, keju, apa pun itu), namun jangan berlebihan, ya. Kemudian, tutup adonan tersebut sehingga menyerupai setengah bulat, pilin tepi adonan namun jangan terlalu rapat. Tusuk permukaan calzone dengan garpu. Olesi calzone dengan kocokan telur. Lalu, panggang di oven yang telah dipanaskan dengan suhu 450 derakat Farenheit. Panggang sekitar 15-20 menit, atau sampai calzone berwarna cokelat-keemasan. Keluarkan dari oven, dinginkan dan sajikan!

Itulah resep makanan lain yang dapat kamu coba dengan menggunakan adonan pizza. Jadi, kamu dapat membuat lebih dari satu jenis makanan hanya dengan menggunakan satu adonan yang sama! Apa kamu pernah berkreasi dengan adonan pizza juga, Bela? Share resep kamu bersama kami, ya!

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Pizza di Rumah dengan Teflon 

Baca Juga: Resep Membuat Roti Sobek Kukus yang Empuk, Cocok untuk Sarapan Praktis

Baca Juga: Ini Resep Mudahnya Buat Roti di Rice Cooker