Microwave, salah satu gawai canggih yang mempermudah pekerjaanmu di dapur. Umumnya, kamu menggunakan teknologi ini untuk menghangatkan makanan atau minumanmu. Terkadang, kamu menggunakannya untuk membuat menu makanan sederhana, seperti oat atau popcorn. Namun kira-kira, apa hanya itu saja manfaat microwave?

Sebenarnya, kamu dapat menggunakan microwave lebih dari sekadar menghangatkan makanan semalam, atau membuat popcorn, Bela. Kalau masih bingung, jangan khawatir. Melansir dari Refinery29, ini hal-hal yang dapat kamu lakukan dengan microwave milikmu!

1. Memasak jagung manis

7 Olahan Makanan Tetap Sedap dengan MicrowavePexels.com/Mali Maeder

Kamu suka makan jagung manis? Namun, pasti repot untuk membersihkan jagungnya dari kulit serta serabut-serabutnya yang tipis. Belum lagi merebusnya di panci hingga akhirnya matang. Tapi, itu semua bisa kamu lewati hanya dengan menggunakan microwave. 

Ambil satu batang jagung yang masih utuh, nggak masalah jika masih dengan kulitnya. Taruh di dalam microwave dan panaskan selama 3 menit dengan suhu paling tinggi. Setelah matang, keluarkan dari gawai tersebut. Taruh di piring, kemudian potong bagian bawah dan tarik bagian atasnya. Jadilah jagung manis yang matang, dan siap santap. Kamu nggak perlu repot-repot mencabuti kulitnya!

2. Memasak sajian telur

7 Olahan Makanan Tetap Sedap dengan MicrowavePexels.com/Engin Akyurt

Lagi ingin menyantap sajian telur? Scrambled, poach, atau mungkin omelette? Nggak perlu menyalakan kompor, Bela. Kamu cukup memasaknya dengan menggunakan microwave. Jika ingin memasak scrambled eggs, pecahkan dua telur ke dalam sebuah cangkir, tuangkan sedikit susu untuk tekstur yang lebih fluffy, tambahkan sedikit garam dan merica sesuai selera, kemudian kocok semua bahan. Taruh ke dalam microwave dan panaskan selama 2 menit dengan suhu paling tinggi. Scrambled egg sudah siap!

Kalau ingin menyantap poached egg, pecahkan satu telur ke dalam mug dan tuangkan 1/3 gelas air ke dalamnya. Lalu, tutup gelas dengan mangkok. Taruh ke dalam microwave dan atur waktu 50 detik dengan suhu panas tinggi. Jika terlihat belum cukup matang, panaskan lagi selama 10 detik. Poached egg telah siap dengan langkah mudah.

Bagaimana memasak omelette? Pecahkan 2 butir telur ke dalam mangkuk, lalu kocok rata. Tuangkan ke atas piring dengan permukaan rata. Pastikan telur dituang secara merata, lalu tutup piring kaca tersebut dengan piring kaca lainnya. Masukkan ke dalam microwave dan panaska selama 90 detik. Keluarkan, lalu aduk sebentar dan masukkan kembali ke dalam microwave tanpa penutupnya. Panaskan selama 60 detik. Keluarkan, lipat, dan santap!

3. Membuat baked potato

7 Olahan Makanan Tetap Sedap dengan MicrowavePexels.com/Horizon Content

Kamu dapat membuat kentang panggang dengan mudah menggunakan microwave! Pertama-tama, cuci kentang yang masih ada kulitnya dengan bersih. Lalu, tusuk-tusuk seluruh permukaan kentang dengan garpu. Masukkan ke dalam microwave dan panaskan dengan suhu tinggi selama 2,5 menit. Keluarkan dan balik permukaan kentang, lalu panaskan lagi selama 2,5 menit. Potong kentang hingga terbuka bagian dalamnya, lalu tambahkan topping sesuai keinginanmu. Mudah, bukan?

4. Membuat mug dessert

7 Olahan Makanan Tetap Sedap dengan MicrowaveInstagram.com/deniadesignscakes

Sekarang, ada banyak jenis dessert yang dapat kamu buat hanya dengan menggunakan mug dan microwave. Berbagai resepnya dapat kamu temukan di internet, namun salah satunya yang dapat kamu coba adalah mug strawberry shortcake. Bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 sdm cold butter, potong kecil-kecil
  • 3 sdm self rising flour
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm heavy cream
  • 1/8 sdt garam
  • 5-7 buah strawberry, bersihkan dan iris
  • 1/4-1/2 gelas whipped cream

Langkahnya: Hancurkan butter dan gula pada sebuah mug besar menggunakan garpu hingga menjadi serpihan yang tercampur rata. Masukkan tepung dan garam, lalu aduk. Kemudian, masukkan krim secara perlahan. Taruh mug ke dalam microwave dan panaskan selama 45 detik. Setelah selesai, cek kematangan dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi. Jika nggak bisa terangkat dari mug dengan bersih, panaskan lagi selama 10-20 detik. Setelah itu, tambahkan whipped cream dan irisan strawberry di atasnya. Selamat menikmati!

5. Memeras buah lebih mudah

7 Olahan Makanan Tetap Sedap dengan MicrowavePexels.com/Pixabay

Selalu merasa kesulitan ketika ingin memeras buah jeruk atau lemon? Coba masukkan satu buah jeruk ke dalam microwave dan panaskan selama 15-25 detik. Kamu akan lebih mudah memerasnya dan mendapatkan lebih banyak jus dari buah itu!

6. Mengukus sayuran

7 Olahan Makanan Tetap Sedap dengan MicrowavePexels.com/Buenosia Carol

Sayuran yang dikukus sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet. Namun, proses membuatnya cukup merepotkan, ya? Nah, dengan microwave, kamu nggak perlu lagi menyiapkan panci dan kukusannya! Potong sayuran, misalnya brokoli, menjadi kecil-kecil. Masukan potongan tersebut ke dalam sebuah wadah dan tammbahkan air sedikit saja. Tutupi wadah secara sempurna, hindari menggunakan plastik. Panaskan dengan suhu tinggi selama 3-4 menit. Angkat penutupnya, dan sayuran siap disantap. Kamu bisa menambahkan garam dan merica setelah selesai memanaskannya, atau menambahkan mentega sebelum dipanaskan.

Itulah menu makanan yang dapat kamu buat menggunakan microwave. Beberapa sajian yang terasa merepotkan, dapat lebih mudah disiapkan dengan bantuan alat ini. Tertarik mencobanya? Atau, kamu memiliki resep menarik lainnya dengan microwave? Share dengan kami, Bela!

Baca Juga: Alat Canggih yang Wajib Kamu Punya di Dapur