Bagaimana memasak telur yang sempurna seperti yang selalu disajikan koki andal? Meski terlihat dan terasa mudah, faktanya memasak sajian telur itu sulit, lho! Kamu bisa merebusnya dan telur malah terlalu matang. Menggorengnya dan berharap mendapatkan telur mata sapi dengan pinggiran putih sempurna, namun berakhir dengan pinggir sekeliling lingkaran berwarna coklat. Bahkan, bentuknya pun nggak seperti lingkaran sempurna.

Jangan khawatir, Bela. Jika ingin menguasai sajian telur yang sempurna dan lezat seperti yang seorang koki profesional pernah sajikan untukmu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Melansir dari BuzzFeed, ini beberapa trik dan teknik yang dapat kamu latih dari sekarang.

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Menuangkan kocokan telur melalui saringan ke mangkok sebelum memasaknya menjadi omelet membantu memisahkan telur dari hal-hal yang nggak diinginkan, seperti cangkang telur. Teknik ini juga membantu memastikan agar putih dan kuning telur terkocok dengan sempurna, mencegah munculnya garis dari putih telur yang matang muncul pada permukaan omelet. Selain itu, kocokan telur menjadi lebih lembut ketika melewati saringan sebelum dimasak.

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Jika memiliki mesin espresso, kamu dapat menggunakannya untuk membuat scrambled egg yang cepat dan lezat! Gunakan steamer dari mesin itu untuk mengukus kocokan telur yang telah kamu siapkan. Steamer tersebut dapat mengukus telur menjadi scrambled egg yang paling lembut dan paling mengembang. Nggak lupa juga, rasanya pun lezat dan praktis.

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Meski bukan cara biasa, teknik ini akan menghasilkan scrambled egg yang lembut juga! Masak air di wadah seperti panci sampai mendidih, tambahkan kocokan telur, lalu masak sampai kocokan itu mengembang. Teknik ini cocok untuk membuat scrambled egg porsi besar.

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Teknik ini seperti mencairkan coklat, namun kamu menggunakannya untuk memasak scrambled egg. Masukkan kocokan telur pada sebuah wadah, kemudian tempatkan wadah tersebut dalam wadah yang lebih besar dengan air yang mendidih. Meski prosesnya lebih lama dan lebih melelahkan (karena kamu perlu sering mengaduknya), teknik ini akan menghasilkan sajian scrambled egg yang kaya rasa dan dekaden. Selain itu, teknik ini juga mengurangi risiko memasak telur yang terlalu matang.

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Ada lagi cara tradisional untuk memasak scrambled egg, yaitu memasaknya di atas api yang sangat kecil. Teknik ini akan menghasilkan scrambled egg dengan tekstur creamy. Karena menggunakan api kecil, kamu membutuhkan waktu 20-30 menit untuk memasaknya. Serta aduk terus-menerus secara perlahan.

Jika memasak dengan teknik tradisional ini, jangan lupa untuk mengangkat telur dari wajan atau teflon sebelum matang sempurna. Karena tekstur telur sangat lembut, sedikit panas akan membuatnya cepat matang.

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Tertarik membuat sajian poached egg? Coba rebus telur yang masih berada dalam cangkangnya selama 8-10 detik untuk mengeraskan putih telur dan menjaga bentuknya tetap sempurna apa adanya.

Telanjur mengeluarkan telur dari cangkangnya? Masukkan telur tersebut dalam sebuah plastik, lalu ikat dengan erat. Kemudian, rebus langsung telur tersebut untuk menjaga bentuknya tetap utuh. Setelah matang, buka dan kelupas plastik pembungkus. Poached egg siap disantap!

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Jika ingin membuat telur rebus biasa (hard boiled egg), coba terapkan trik berikut: Buat lubang menggunakan pentiti pada cangkang telur bagian bawah. Bagian tersebut tempat kantung udara berada, dan membuat lubang di tempat itu membantu mengeluarkan sebagian tekanan yang dapat menyebabkan cangkang pecah saat direbus.

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Perlu membuat telur rebus dalam jumlah besar? Kamu bisa menggunakan oven, Bela. Letakkan sejumlah telur yang dibutuhkan dalam loyang cupcake atau muffin, dan panggang dalam suhu 325 derajat Farenheit atau 165 derajat Celcius, selama 30 menit. Segera setelah mengeluarkannya, pindahkan telur ke dalam air dingin untuk menghentikan proses memasak. Kamu akan mendapatkan telur rebus tanpa perlu merebusnya!

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Air mengalir memberikan tekanan yang dapat mendorong cangkang telur lepas dari telur rebus yang sudah matang, serta membersihkannya langsung. Trik ini memudahkan pekerjaanmu, terutama jika harus mengupas telur dalam jumlah banyak. Namun, pastikan air mengalir itu bersih, ya!

10 Tips Memasak Telur dari Koki yang Patut Kamu Coba

Ketika ingin membuat telur goreng, coba panaskan spatula dalam minyak goreng. Trik ini akan memudahkanmu saat harus membalikkan telur dan mencegahnya lengket dengan wadah memasak. Jika spatula berbahan besi, panaskan dengan cara menekannya pada wajan panas selama beberapa detik sebelum membalikan telur. Spatula tersebut dapat memudahkan pekerjaanmu dalam membalikkan telur, serta mengangkat telur yang menempel pada wadah memasak.

Jadi, trik atau teknik mana yang ingin kamu coba, Bela? 10 tips ini dapat membantumu dalam membuat sajian telur yang variatif, dengan cita rasa seperti buatan koki profesional. Pastinya, akan membuatmu ingin terus sarapan atau makan dengan telur!

Baca Juga: 5 Channel YouTube ini Bisa Membantumu Belajar Memasak