Memelihara seekor hewan peliharaan seperti kucing, diperlukan pengetahuan khusus. Kita perlu memberikannya makan sesuai dengan usia dan kondisinya saat itu. 

Ada makanan yang sebenarnya tidak baik jika diberikan kepada kucing karena berbahaya bagi kesehatannya, termasuk makanan manusia. Beberapa mengandung zat beracun yang ternyata berbahaya bagi kesehatan kucing.

Apa saja ya makanan yang justru berbahaya bagi kesehatan kucing? Mari kita simak daftar makanannya berikut ini.

1. Produk olahan susu

Hati-Hati! 7 Makanan Ini Justru Berbahaya Bagi Kucinghealthline.com

Produk olahan susu sebaiknya tidak diberikan kepada si kucing, karena mereka pada dasarnya sulit mencerna laktosa yang terkandung dalam susu. Ini dapat memicu gangguan pencernaan seperti muntah dan diare. 

Susu yang sebenarnya aman dikonsumsi kucing adalah jenis susu yang berasal dari induknya sendiri. Susu ini pasalnya penting untuk pertumbuhan kucing dan tidak memicu gangguan pencernaan.

2. Makanan anjing

Hati-Hati! 7 Makanan Ini Justru Berbahaya Bagi Kucingcloudfront.net

Jika Bela memelihara anjing secara bersamaan dengan kucing, kucing bisa saja tidak sengaja mencicipi makanan anjing. Padahal, sebaiknya kucing tidak diberikan makanan anjing karena kandungan nutrisinya beda dengan yang diperlukan kucing. 

Kucing bisa saja mengalami malnutrisi jika terus mengonsumsi makanan anjing. Melansir Hillspet, mereka pada dasarnya memerlukan kandungan vitamin A, taurin, dan asam arakidonat, yang sebenarnya tidak tersedia dalam makanan anjing.

3. Cokelat

Hati-Hati! 7 Makanan Ini Justru Berbahaya Bagi Kucingmomentswithmandi.com

Camilan favorit semua umat manusia ini juga menjadi pantangan makanan bagi kucing. Cokelat pasalnya berbahan dasar kakao yang mengandung bahan beracun, seperti kafein dan teobromin, sehingga bisa menganggu kesehatan kucing jika dikonsumsi. 

Kucing kemungkinan besar bisa mengalami diare, muntah, kejang-kejang, peningkatan suhu tubuh, dan masih banyak lagi.

4. Tulang

Hati-Hati! 7 Makanan Ini Justru Berbahaya Bagi KucingPixabay.com

Berbeda dengan anjing, kucing sebaiknya tidak diberikan makan tulang. Meskipun tidak menyebabkan masalah kesehatan secara langsung, namun menggigit tulang bisa bermasalah pada mulut dan gigi kucing. 

Gigi kucing bisa patah dan bahkan infeksi jika dibiarkan terluka untuk waktu yang lama. Selain itu, tulang yang tidak sengaja tertelan oleh kucing juga dapat menyebabkan tersedak, dan menghambat saluran usus seekor kucing. 

5. Ikan tuna kalengan

Hati-Hati! 7 Makanan Ini Justru Berbahaya Bagi Kucingsuarasurabaya.net

Kucing memang dikenal sebagai hewan pencinta ikan. Namun, sebaiknya Bela tidak memberikan kucing ikan tuna kalengan yang dijual di supermarket. 

Makanan kalengan ini pada dasarnya tidak memiliki nutrisi yang cukup bagi kucing, sehingga bisa menyebabkan malnutrisi. Kucing jadi kekurangan zat tiamin, yang bisa berrisiko bagi sistem sarafnya. 

6. Telur mentah

Hati-Hati! 7 Makanan Ini Justru Berbahaya Bagi Kucingpexels.com/Karolina Grabowska

Telur yang kaya akan protein ini sebaiknya tidak diberikan kepada kucing. Makanan ini pasalnya mengandung avidin, suatu enzim yang membuat tubuh kucing kurang bisa menyerap vitamin B.

Ketika kucing kekurangan vitamin B, maka ia bisa mengalami kerusakan jaringan otak hingga kejang-kejang. Selain itu, telur mentah yang sering dikerubungi bakteri juga bisa menyebabkan kucing terkena infeksi bakteri. 

7. Hati

Hati-Hati! 7 Makanan Ini Justru Berbahaya Bagi KucingCookpad.com

Hati sebenarnya tidak masalah jika diberikan dalam jumlah sedikit kepada kucing. Baik itu hati sapi maupun ayam, hati mengandung nutrisi yang berlimpah seperti protein, zat besi, dan lain-lain. 

Namun, perlu diingat bahwa hati terdiri dari kandungan vitamin A yang sangat tinggi, sehingga berpotensi menyebabkan ketidakseimbangan vitamin A pada tubuh kucing. 

Itulah 7 daftar makanan yang justru berbahaya bagi kesehatan kucing. Jadi, jangan sajikan makanan ini di dekat mereka ya, kalau bisa segera jauhkan dari jangkauan mereka agar tidak dimakan.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Merawat Anak Kucing Tanpa Induk, Siap Mengadopsinya?

Baca Juga: 7 Cara Menggemukkan Kucing Peliharaanmu, Tanpa Membuatnya Obesitas

Baca Juga: Perlu Dicermati! Ini 11 Ciri-Ciri Kucing Mau Mati