Tiongkok memiliki inovasi kreasi snack yang inovatif setiap saat. Salah satunya es krim yang tidak bisa meleleh. Disebut sebagai "Hermes Ice Cream", es krim ini menuai kekhawatiran publik karena tidak bisa mencair meskipun sudah dipanggang dengan korek api.

Zhongxuegao, perusahaan es krim premium asal Tiongkok ini menuai kontroversi di media sosial karena produknya tidak meleleh, meski disimpan dalam suhu tinggi dalam waktu cukup lama. Produk es krim Zhongxuegao ini tetap saja padat.

Melansir dari Oddity Central, Zhongxuegao menjadi pembicaraan di media sosial setelah seseorang mengunggah foto dan video es krim Zhongxuegao di sebelah termometer yang menunjukkan suhu 31 derajat Celsius.

Tuai Kontroversi, Es Krim di Tiongkok ini tidak Bisa Meleleh!Youtube

Kontroversi es krim ini memanas setelah warganet menggunggah video ketika membakar es krim tersebut dengan korek api. Video tersebut menunjukan bahwa es krim tersebut walaupun bagian luarnya gosong, namun tetap padat di bagian dalam.

Video tersebut menjadi viral dengan 67 ribu penonton dan mendorong kekhawatiran, apakah es krim ini aman dikonsumsi atau tidak.

Masyarakat mempertanyakan apakah es krim tersebut menggunakan zat aditif dan berbahaya lainnya karena harganya cukup menguras kantong. Fyi, produk es krim "Zhongxuegao" atau Chicecream ini paling mahal yaitu seharga 66 yuan atau Rp150 ribu.

Ada bahan rahasia yang perlu diinvestigasi?

https://www.youtube.com/embed/sjIaGb3-_fc

Perusahaan Zhongxuegao mengklaim bahwa resep es krim ini cukup standar. Namun, perusahaan ini memberi bahan tambahan zat pengatur kekentalan untuk mencegah es krim mencair. Zat pengatur kekentalan yang tidak disebutkan itu menjadi "rahasia dapur" perusahaan. Perusahaan juga menjelaskan bahwa produknya sesuai dengan peraturan keamanan pangan nasional.

"Bahan utama es krim rasa kelapa ini cukup simpel, yaitu susu, krim, susu bubuk, susu kental manis dan daging kelapa," tulis perusahaan tersebut pada Weibo.

Salah satu video bahwa es krim ini tidak mencair mendapat 500 juta penonton di Weibo, yang tentunya perlu diinvestigasi lebih lanjut tentang bahan es krim ini.

Tuai Kontroversi, Es Krim di Tiongkok ini tidak Bisa Meleleh!Sina.com

Mengutip South China Morning Post, petugas regulator lokal Biro Pengawasan dan Manajemen Pasar Shanghai mengatakan bahwa ia akan menelusuri video tersebut dan akan menyelidiki kasus ini.

South China Morning Post juga menambahkan es krim yang tidak meleleh ini dijual dengan harga cukup mahal, lebih tinggi dari harga kompetitor. Es krim ini berkisar 20 yuan (Rp 45 ribu) untuk es krim standar dan 70 yuan ( Rp 180 ribu) untuk es krim premium.

Zhongxuegao adalah salah satu produsen es krim paling sukses di China. Namun, reputasi dan omzetnya diperkirakan akan menurunn drastis akibat kontroversi es krimnya baru-baru ini.

Duh, ada-ada aja ya, Bela!

Baca Juga: Unik! Es Krim ini Berbentuk Seperti Nugget Ayam

Baca Juga: 10 Kedai Es Krim Paling Legendaris di Indonesia, Wajib Coba, Nih!

Baca Juga: Sajian Segar, Resep Pineapple Sorbet dengan Potongan Buah