5 Rekomendasi Susu Lezat untuk Kamu yang Alergi Susu Sapi

Selain aman, alternatif susu sapi ini mudah didapatkan, lho!

5 Rekomendasi Susu Lezat untuk Kamu yang Alergi Susu Sapi

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Bela, apakah kamu pernah merasakan mual atau kembung setelah makan atau minum produk olahan susu? Jika iya, kemungkinan kamu memiliki gangguan lactose intolerant. Kondisi ini adalah suatu gangguan pencernaan, yakni tubuh tidak bisa mencerna laktosa dengan baik.

Pada tubuh normal biasanya akan menghasilkan enzim alami laktase, yaitu enzim yang mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Glukosa dan galaktosa inilah yang akan diserap tubuh dan digunakan menjadi sumber energi.

Namun pada penderita intoleransi laktosa, tubuh tidak menghasilkan enzim laktase dalam jumlah yang cukup. Akibatnya, laktosa yang tidak tercerna baik masuk ke usus besar dan terfermentasi dan bakteri. Kondisi inilah yang dinamakan intoleransi laktosa.

Biasanya intoleransi laktosa yang ditandai dengan gejala umum seperti mual, diare, kembung dan buang angin, hingga muntah. Kondisi ini terjadi apabila kamu makan dan minum produk yang mengandung laktosa, seperti susu hewani, keju, yogurt, dan kue yang menggunakan susu hewani.

Namun, jangan khawatir, kalian bisa menikmati susu non-laktosa, lho! Berikut 5 alternatif susu untuk intoleransi laktosa sebagai pengganti susu sapi, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Susu Kelapa

Mengandung asam laurat yang memiliki anti bakteri, anti-mikroba, anti jamur dan anti-virus, susu kelapa merupakan alternatif yang baik bagi kesehatan tubuh.

Mengutip dari International Journal of Food Science, susu kelapa kaya akan antioksidan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menyingkirkan bakteri perut, mencegah flu, pilek, dan sakit tenggorokan.

Susu kelapa juga dapat dibuat di rumah dengan mengolah parutan daging kelapa dengan air panas dan susu nabati, seperti susu kedelai atau susu almond.

2. Susu Beras

Susu beras memang tak seeksis susu nabati lainnya, seperti susu almond dan susu kedelai. Namun, susu beras memiliki segudang manfaat kesehatan dan zat gizi yang baik untuk tubuh.

Susu beras terbuat dari beras yang digiling bersama air. Selain itu, susu beras juga kaya akan mineral seperti fosfor, vitamin D, kalsium dan zat besi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang. Sederet mineral ini dapat membantu menurunkan risiko osteoroporosis.

Rasa manis pada susu beras biasanya didapat dengan menambahkan zat pemanis seperti stevia, sari tebu, dan perasa alami seperti cokelat dan vanila.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here