Kuliner Indonesia terkenal akan keberagaman yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan cita rasa kaya dari bumbu dan rempah yang berlimpah. Sebagai masyarakat Indonesia, kita pun turut berbangga karena beberapa daftar makanan Indonesia masuk dalam masakan terlezat di dunia. Termasuk rendang yang menduduki tahta pertama makanan terlezat di dunia oleh CNN Internasional pada 2011 silam.

Menariknya, beberapa daerah menggunakan nama kota ataupun nama suku di belakangnya pada panganan khasnya. Kamu pasti sudah tak asing dengan soto betawi, asinan bogor, atau mi aceh, betul tidak, Bela?

Dengan penamaan yang unik, kuliner khas ini mudah dikenali dan terukir dengan baik di benak masyarakat yang sedang melancong ke kota atau daerah tersebut. Penasaran apa saja? Keep scrolling, ya!

1. Soto Betawi menjadi menu wajib bagi kamu yang melancong ke Jakarta. Rasanya yang gurih dari Soto berkuah santan dengan isian daging sapi dan jeroan ini cocok menjadi menu makan siang.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Instagram.com/jajansolo

2. Bagi kamu pecinta mi, tak afdol kalau belum mencicipi mi Aceh yang pedas dan gurih ini. Panganan ini terdiri dari mi kuning dengan ragam topping daging hingga seafood yang disiram dengan kuah kari.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Twitter.com/hermawan_devin

3. Faktanya, bika ambon yang populer ini berasal dari Medan. Karakteristik unik kue ini dikenali dari teksturnya yang berjaring dan manis. Cocok banget buat dijadikan oleh-oleh kalau lagi liburan ke Medan!

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!youtube.com/Hobi Masak

4. Mi Bangka khas Kepulauan Bangka ini sepintas mirip mi ayam. Perbedaannya, mi bangka menggunakan pangsit dan bakso ikan sebagai topping.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Instagram.com/pipigembull

5. Soto Lamongan menjadi sorotan bagi para pencinta soto Nusantara. Cita rasa gurih dari koya bubuk dan berkuah yang kuning bening, soto lamongan nikmat disantap bersama nasi panas dan kerupuk udang.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Katadata.com

6. Berbeda dengan satai pada umumnya, satai Padang justru menggunakan jeroan yang disiram kuah kacang yang kental.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Resepedia.com

7. Ayam Taliwang khas Sumbawa Barat ini nggak kalah enaknya dengan sajian ayam khas daerah lain. Ayam bakar pedas ini cocok disantap bersama plecing kangkung dan nasi hangat. Yummy!

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Resepistimewa.com

8. Meski bernama asinan, justru camilan sehat ini rasanya pedas. Dua asinan yang populer, yaitu asinan Betawi dan asinan Bogor.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Wikimedia.org

9. Tekstur dodol Garut yang kenyal dan tersedia dalam beragam rasa membuat manisan satu ini menjadi oleh-oleh paling populer di Indonesia.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Jelajah Garut

10. Lumpia Semarang yang berisi campuran rebung dengan udang dan ayam merupakan makanan hasil akulturasi antara kuliner Indonesia dengan Tionghoa.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Endeus.tv

11. Sekilas mirip nasi Padang, nasi Kapau khas Kapau ini sangat nikmat disantap pada jam makan siang. Adanya menu tambahan seperti gulai tambusu menjadi perbedaan di antara keduanya.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Resepkoki.com

12. Semangkuk soto Banjar berisi ketupat, suwiran ayam kampung, perkedel, wortel, serta telur rebus yang disiram kuah bercampur susu dan air kaldu yang gurih.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Wikipedia.com

13. Last but not least, ada satai Madura yang menjadi simbol kuliner pemersatu bangsa. Seporsi Satai Madura terbuat dari daging ayam atau kambing yang dibumbui dengan kacang tanah halus dengan petis dan sedikit bawang merah.

13 Kuliner yang Diikuti Nama Daerah, Unik Banget!Cookpad.com/Ina Permana

Itulah ke-13 daftar kuliner Indonesia yang namanya diikuti nama daerah. Apakah di tempatmu ada terrdapat menu yang diikuti dengan nama kota atau daerah? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Kuliner Tradisional Likupang yang Memanjakan Lidah

Baca Juga: 5 Fakta Unik Se'i Sapi, Makanan Khas NTT yang Viral dan Bikin Nagih

Baca Juga: Makanan Khas Indonesia yang Laris di Luar Negeri