Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Aneka Kue Lebaran yang Selalu Hadir di Meja Ruang Tamu

Tim nastar atau kastengel?

Tita Florita

Ramadan akan segera tiba. Tentu saja kamu mulai mempersiapkan kebutuhan untuk berbuka, sahur, berbagi, mudik, hingga Lebaran. Bicara soal bisnis di bulan Ramadan hingga menjelang Lebaran memang banyak sekali, salah satunya adalah kue-kue Lebaran yang banyak sekali peminatnya. Sebagai pembeli, kamu sudah pasti punya beberapa kue favorit.

Memang banyak sekali modifikasi kue kering, tapi nggak bisa meninggalkan yang legendaris. Tanpa hadirnya kue kering ini, Lebaran terasa kurang. Dibeli dan dikonsumsi saat hari biasa pun akan terasa momen Lebarannya. Inilah kue kering Lebaran yang selalu ada di ruang tamu.

Nastar

instagram.com/dapoer_dokini

Kue kering isi selai nanas ini memang khas Lebaran dan selalu menjadi favorit. Kalau kamu penggemar kue ini, pasti punya kriteria tersendiri untuk masalah isian dan kuenya. Ada yang dominan manis dari gula. Tapi ada juga yang memilih mempertahankan rasa asam manis dari buah nanas. Biasanya akan ditambahkan potongan cengkeh atau parutan keju di atasnya.

Kastengel

Instagram.com/meryandriani89

Kalau kamu penyuka rasa asin dan gurih kue ini nggak pernah lepas dari incaranmu. Kue yang didominasi dengan rasa keju ini memang menggoda, apalagi kalau kamu sempat membuatnya sendiri di rumah. Dari meghirup aromanya saja, kamu nggak sabar untuk mencicipi. Selalu menjadi favorit potongan kecil kastengel yang tersisa dan nggak pantas untuk dimasukkan ke dalam toples.

Putri salju

Instagram.com/gbless_cake

Kue kering bertabur gula halus ini memang menarik perhatian sejak kamu kecil. Kue keringnya sendiri terdapat kacang tanah atau mente yang dihancurkan sebagai bahan tambahan dalam adonannya. Keistimewaannya, ialah pada gula halus yang melimpah. Menyediakan kue ini berarti harus siap lebih berantakan. Karena, sangat menarik perhatian adik atau keponakan kamu yang masih kecil.

Sagu keju

Instagram.com/resep_makanan.enak

Sebagian dari kamu menyebutnya kue semprit. Kue kering berbahan dasar tepung sagu dan campuran keju ini punya tekstur yang ringan. Berbeda dengan nastar dan kastengel yang punya efek mengenyangkan, kue ini nggak membuat eneg. Kalau soal rasa, kue kering ini dominan manis dan kamu akan menemukan tekstur keju di dalamnya. Keju ini akan memberikan rasa yang sedikit asin, sehingga nggak bikin cepat bosan.

Lidah kucing

Kue kering dengan tekstur renyah dan ringan. Kamu pun tanpa terasa telah menghabiskan banyak. Untuk rasa, kue kering ini didominasi dengan rasa manis. Supaya tampilannya nggak membosankan, akan ditambahkan taburan keju dan cokelat. Jangan lupa untuk segera tutup toples setelah mengambil. Sebab, lidah kucing mudah sekali untuk berubah tekstur, jika terkena udara.

Kue kacang

Instagram.com/resep_makanan.enak

Kue kering ini sama favoritnya dengan yang sebelumnya dan menjadi pilihan saat Lebaran. Didominasi dengan gurihnya kacang tanah yang ditumbuk. Rasanya tentu saja manis, tapi kamu akan merasakan sedikit asin dari garam yang belum tercampur. Para penjual kue membentuk dengan beragam, ada yang bulat pipih, bulan sabit, hingga menyerupai nastar.

Kue kering tradisional

Instagram.com/claudiathe70

Diantara kue modern yang legendaris di poin yang sebelumnya, ternyata yang tradisional nggak ditinggalkan. Kalau kamu pulang ke pedesaan akan menemukan kue seperti untir-untir, kembang goyang, semprong, grubi, dan keciput. Sebenarnya masih banyak lagi, tergantung kebiasaan di masing-masing rumah menyediakan kue tradisional yang mana.

Itulah aneka kue kering Lebaran yang selalu ada di ruang tamu. Mana yang paling kamu suka?

IDN Media Channels

Latest from Food