Jika kamu seorang penggemar keju, makanan jenis ini adalah makanan lezat yang bisa kamu temui di berbagai jenis olahan. Dari mulai makanan asin seperti spageti, burger, zuppa soup ataupun makanan manis seperti donat, crepes ataupun martabak manis. Tapi pernahkah kamu mendengar keju ramah lingkungan?

Christine Clark, seorang penulis, pendidik, dan Certified Cheese Professional mengatakan banyak sekali jenis keju yang bisa kamu pilih, dari mulai  yang murah sampai mahal. Tetapi, keju ramah lingkungan adalah keju yang nggak mengutamakan bahan-bahan alami daripada kimia tetapi cara pengolahan yang ramah lingkungan. Di mana sajakah kamu bisa menemukannya?

1. Quattro Portoni, Italia

Jenis Keju Ramah Lingkungan dari Berbagai Negara yang Terkenal Enakpixabay.com/ AlexKlen

Clark menyarankan untuk mencoba Casatica di Bufala, keju yang memiliki tekstur seperti custard dan dibuat dari susu kerbau. Clark juga menyarankan sirup maple sebagai teman penyajiannya. Dari kerbau tadi Peternakan Quattro Portoni baru-baru ini memasang mesin yang akan mengubah limbah kerbau menjadi energi bersih. Bagaimana inovatif bukan?

2. Mrs. Quicke's Cheddar, Inggris

Jenis Keju Ramah Lingkungan dari Berbagai Negara yang Terkenal Enakpixabay.com/ jackmack34

Marry Quicke adalah legenda keju yang ada, termasuk komitmennya pada pengolahan lahan. Di situs web Marry Quicke, dia mengatakan untuk menjaga dan melestarikan tempat pembuatannya tanpa merusak alam. Clark mengatakan bahwa cheddar ini sangat lezat jika ditambahkan pada roti bakar mentega.

3. Rogue Creamery, Oregon

Jenis Keju Ramah Lingkungan dari Berbagai Negara yang Terkenal Enakpixabay.com/ PDPhotos

Clark merekomendasikan Caveman Blue dari Rogue Creamery. Banyak orang yang tak menyukai keju biru, akan tetapi dia mengatakan keju ini berbeda dengan keju biru pada umumnya. Rasanya seperti hazelnut asin, dan dapat dipasangkan dengan cokelat dan anggur sebagai penutupnya.

4. Bardwell Farm, Vermont

Jenis Keju Ramah Lingkungan dari Berbagai Negara yang Terkenal Enakpexels.com/ Pixabay

Clark juga mengatakan kamu harus mencoba Rupert dari Bardwell Farm. Dibuat mirip dengan Comte/Gruyene, Clark menggambarkan rasanya sebagai sesuatu cita rasa yang lezat. Bisa dipasangkan dengan anggur ataupun sandwich keju panggang yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Baca Juga: 13 Kitchen Hack yang Dapat Membuat Kegiatan Memasakmu Menyenangkan