Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Makanan Khas Mandalika Lombok, Wajib Dicoba!

Ada sajian lezat soto mandalika

Nindi Widya Wati

Usai terpilih menjadi tempat terselenggaranya MotoGP 2022, Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memang berhasil mencuri perhatian publik. Kini banyak wisatawan lokal ataupun asing yang menjadikan kawasan Mandalika sebagai destinasi wisata baru. 

Lantaran saat berkunjung ke Mandalika tak hanya menawarkan tempat wisata yang indah, namun juga memiliki berbagai kuliner yang menarik untuk dinikmati. Penasaran? Kira-kira apa saja makanan khas Mandalika? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela.

1. Sate Rembiga

Instagram.com / restaurantnusantara

Sate rembiga jadi sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berbahan dasar potongan daging sapi. Agar mendapatkan sate rembiga yang kaya rasa, maka potongan daging sapi harus dimarinasi dengan garam, lada, dan potongan nanas sekitar dua jam sebelum dibakar.

Sementara, mengenai bumbu dasar sate rembiga tidak jauh berbeda dengan sate lainnya. Di antara lain cabai, terasi, asam jawa, gula merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar serta kemiri. Sate rembiga yang dominan pedas, biasanya kerap disantap dengan potongan lontong.

2. Ayam Taliwang

Instagram.com / putera.lombok

Kalau sedang berada di Lombok, maka cobalah menu bernama ayam taliwang. Olahan ayam ini, biasanya dibakar atau digoreng kemudian ditambahkan bumbu khas taliwang dengan rasa manis, pedas, dan gurih. Ayam taliwang biasanya menggunakan jenis ayam kampung berukuran sedang.

3. Sate Bulyak

Instagram.com / sasmitaedo

Selain memiliki sate rembiga, daerah Lombok juga memiliki satu lagi jenis olahan sate yang terkenal dengan nama sate bulyak. Kalau sate ini berbahan dasar daging ayam, daging sapi, dan jeroan yang ditusuk kemudian dibakar.

Ada bumbu spesial yang menjadikan sate ini sangat diburu wisatawan, yaitu bumbunya terbuat dari kacang tanah sangrai yang dimasak bersama santan. Selain itu, lontong yang digunakan juga unik karena dibungkus menggunakan daun aren atau enau.

4. Ayam Rarang

Instagram.com / dservant_of_allah

Inilah kuliner ayam rarang yang cukup digemari sebagai kuliner khas Lombok Timur. Ayam rarang terbuat dari ayam kampung yang dimasak dengan paduan cabai merah dan berbagai bumbu rempah. Kiranya bagi kamu yang suka makanan serba pedas, ayam rarang bisa jadi opsi tepat karena rasanya pedas menggigit.

5. Sayur Ares

Instagram.com / esany_gallery

Ada pula sajian tradisional khas Suku Sasak yang terkenal dengan nama Sayur Ares. Olahan sayur ini biasanya hadir dalam acara begawe atau acara makan-makan setelah berlangsungnya pernikahan. Sayur ares terbuat dari pelepah (batang pisang muda) dengan santan bumbu merah serta tulang atau daging ayam.

6. Beberuk Terong

Instagram.com / dapur_izma

Saat memakan ayam taliwang, maka berberuk terung biasanya jadi menu pendamping. Beberuk terong terkenal sebagai sambal khas Lombok yang terdiri dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan kencur. Bila melihat beberuk terong memang sekilas mirip lalapan yang dipotong-potong kemudian dicampur sambal uleg.

7. Soto Mandalika

Instagram.com / e_ndro

Indonesia memang memiliki banyak pilihan kuliner soto, salah satunya adalah soto mandalika. Pembuatan soto mandalika berbahan ketupat, tauge, bihun, telur, daun bawang, kacang, dan kuah soto. 

Keunikan dari soto mandalika memiliki rasa asin, manis, pedas, dan asam. Kalau menyantap soto mandalika makin lezat dengan taburan bawang panggang lengkap sate ayam ataupun sapi. 

Itulah, rekomendasi makanan khas Mandalika yang cukup menarik untuk dicoba kelezatannya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Food