Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Maknyus! Ini 10 Camilan yang Bisa Kamu Coba Saat Hujan Turun

Hangat, lezat, mengenyangkan!

Natasha P.

Musim hujan memang paling asik berdiam diri di rumah sambil bersantai sambil memanjakan diri. Salah satunya dengan ngemil sambil menonton film atau membaca buku. Ada beberapa camilan yang cocok disantap ketika musim hujan. Camilan ini memiliki cita rasa manis, gurih, pedas yang kaya rempah yang dapat menghangatkan tubuh dan membuat perut bahagia.

Nah, berikut ini 10 cemilan dan makanan musim hujan pilihan Popbela yang bisa kamu coba!

1. Tempe mendoan

Reseppedia

Sajian tempe satu ini memang juara satu untuk mengisi perut ketika musim hujan datang. Tempe mendoan sangat enak bila disajikan ketika hangat dengan cabai rawit dan kecap sambal sebagai cocolannya. Selain dijadikan cemilan, kamu juga bisa menyantapnya sebagai lauk bersama nasi panas.

Harganya yang murah dan pembuatannya yang mudah membuat cemilan satu ini cukup populer. Tempe mendoan berasal dari Banyumas, yang memiliki “mendo”, yaitu tempe ini digoreng hingga setengah matang.

2. Otak-otak

Resepedia.com

Selain pempek, olahan ikan tenggiri melegenda lainnya adalah otak-otak. Bertekstur kenyal mirip bakso ikan, otak-otak biasa disajikan dengan bentuk memanjang dan dibungkus daun pisang. Olahan ini dimasak dengan cara dibakar di atas bara api. Otak-otak biasa disajikan dengan dengan saus kacang khas bercita rasa pedas dan gurih.

3. Pempek

Dok. Pempek Ny. Kamto

Camilan khas Palembang yang disajikan bersama kuah cuko hitam yang pedas ini enak disantap saat musim hujan.

Pempek memiliki tekstur padat di luar, namun kenyal dan terasa lembut ketika di gigit, cocok bagi kamu yang memiliki gigi sensitif. Hidangan ini terbuat dari ikan tenggiri yang diolah menjadi beragam bentuk, seperti lenjer, kapal selam, dan memanjang.

4. Wedang ronde

Cookpad.com

Wedang ronde bisa masuk dalam pilihan cemilan kaya khasiat yang bisa kamu cicipi. Rasa jahe yang kuat berpadu apik dengan manis dari gula membuat tubuh kita menjadi lebih hangat saat meminumnya. Apalagi jika disantap bersama ronde bulat manis nan kenyal yang di dalamnya berisi kacang yang sangat menggugah selera.

Meskipun dianggap minuman khas Jawa Tengah, faktanya wedang ronde berasal dari Negeri Tiongkok.

5. Kembang tahu

Endeus.tv

Camilan tradisional Indonesia satu ini memiliki bentuk dan tekstur mirip Panna cotta. Kembang tahu sendiri adalah produk yang diperoleh dari proses perebusan kedelai yang menghasilkan endapan yang terkumpul di permukaan air perebusan kedelai.

Kembang tahu atau dikenal sebagai tahok di Jawa Tengah, menjadi camilan berkuah yang nikmat disantap saat hujan. Kembang tahu biasa disajikan bersama kuah jahe yang hangat dan bercita rasa pedas dari jahe merah serta rasa manis dari gula merah.

6. Jagung dan ubi kukus

Cookpad.com

Camilan satu ini cocok untuk mengisi perut di kala udara dingin menyerang. Cara membuatnya juga cukup sederhana, yaitu kamu hanya perlu mengukus jagung dan ubi hingga matang. Sajian ini menjadi tambah mantap apabila disantap bersama minuman bandrek yang sukses menghangatkan hati, jiwa, dan tubuh.

7. Bakso kuah

wajibbaca.com

Menikmati semangkuk bakso penuh kuah yang pedas menjadi momen terbaik ketika musim hujan. Selain mudah ditemui, harganya pun cukup murah yang menjadi favorit banyak orang. Disantap bersama kuah gurih kaya kaldu, bawang goreng, dan mi kuning, bakso selalu jadi andalan saat musim hujan.

8. Pisang goreng

Jd.id

Pisang adalah buah khas Indonesia yang kerap diolah menjadi berbagai kudapan, salah satunya pisang goreng. Pisang goreng cukup populer dan sering dijumpai di warung kopi. Cita rasa manis yang legit dengan balutan kulit tepung bertekstur krispi, pisang goreng cocok banget disantap ketika musim hujan sambil ngopi maupun ngeteh.

9. Seblak

instagram.com/dapoerimeh

Seblak khas Bandung. Mendengar namanya saja membuatmu terbayang sajian kerupuk rebus kenyal berkuah pedas dengan berbagai isian lezat, seperti bakso, sosis, telur, bahkan ceker ayam.

Seblak berkuah pedas nan gurih ini cocok disantap untuk menghangatkan tubuh dari suhu dingin yang menusuk. Seporsi seblak sangatlah mengenyangkan dan sudah memenuhi asupan nutrisi dan kebutuhan protein harian.

10. Martabak telur

Sweettrip.id/Lestarihasidin

Panganan gurih yang biasa dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan ini menjadi favorit banyak orang. Martabak telur adalah sajian berisi sayur, daging, dan berbagai bumbu kemudian dibalut dengan sebuah kulit adonan, kemudian dilipat dan digoreng hingga matang.

Camilan ini sangat cocok dimakan saat hangat-hangatnya bersama cocolan saus pedas-manis yang menggugah selera. Yummy!

Nah, itu dia ke-10 camilan lezat yang bisa kamu nikmati ketika musim hujan. Camilan mana saja, nih, yang menjadi favorit kamu?

IDN Media Channels

Latest from Food