Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada Kurma, Ini 7 Buah Populer yang Banyak Dicari di Bulan Ramadan

Apakah ada buah favoritmu, Bela?

Natasha P.

Datangnya bulan Ramadan membuat orang-orang mulai sibuk untuk memikirkan menu makanan untuk sahur dan berbuka. Baik itu takjil, makanan berat, atau minuman segar. Bicara soal kuliner khas Ramadan, ada beberapa jenis buah yang populer dan mudah ditemukan saat Bulan Suci ini tiba.

Contohnya saja kurma. Sebenarnya, kurma bukan buah musiman. Ia selalu panen sepanjang tahun. Hanya saja di Indonesia, kurma seringkali identik sebagai buah khas Ramadan. Tidak mengherankan, penjualan kurma sangat meningkat pesat dan banyak dicari saat Ramadan tiba.

Selain kurma, ternyata ada beragam jenis buah-buahan lainnya yang meningkat pesat dan biasa dijadikan sebagai referensi takjil yang manis dan legit. Berikut adalah daftar buah yang populer selama bulan Ramadan. Yuk, jelajahi informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Kelapa

Pinterest

Ada alasan mengapa kelapa menjadi buah favorit saat Ramadan tiba. Daging buahnya yang gurih serta air kelapa yang manis bisa menambah kesegaran dalam sajian takjil. Saat bulan puasa tiba, biasanya kelapa diolah sebagai isian dalam minuman segar. Rekomendasi minuman berbahan kelapa yang bisa kamu coba adalah es kelapa kopyor, es kelapa jeruk, dan es kuwut.

2. Melon

wealthygorilla.com

Melon menjadi buah segar yang wajib hadir dalam sajian takjil ketika Ramadan tiba. Buah ini punya daging tebal dan rasa yang manis. Begitu juga dengan teksturnya yang ringan dan menyegarkan. Tak heran jika melon sering diolah menjadi takjil segar dan pelengkap sop buah untuk buka puasa.

3. Blewah

Unsplash.com

Blewah sering dijumpai saat Ramadan tiba. Rasanya manis dan menyegarkan. Sehingga cocok dinikmati sebagai isian es buah atau minuman segar lainnya.

Banyak yang mengira bahwa blewah masih satu keluarga dengan timun-timunan. Faktanya, buah ini justru satu saudara dengan melon. Bentuk dan teksturnya mirip. Yaitu berbentuk bulat atau lonjong dengan kulit bergelombang.

4. Timun suri

Instagram.com/explore_serang

Jarang rasanya menemukan timun suri di luar bulan Ramadan. Karena buah ini termasuk tanaman semusim. Uniknya, timun suri banyak dijual saat Ramadan.

Timun suri mengandung banyak air. Kendati demikian, teksur buah ini tetap renyah. Dagingnya sedikit padat dan rasanya menyegarkan. Biasanya disajikan sebagai isian es sirup.

5. Kurma

Ali Baba

Kalau membahas soal Ramadan, rasanya tak lengkap tanpa adanya buah kurma. Yup, buah ini dinobatkan sebagai ikon bulan Puasa di Indonesia. Rasanya manis legit dan kaya manfaat.

Beberapa manfaat kurma di antaranya adalah dapat menetralkan racun, mematikan sel kanker, menguatkan saraf, melembutkan saluran darah, memelihara kesehatan usus, menguatkan gigi dan tulas, dan mengatasi anemia.

Hanya saja buah ini punya kalori dan kandungan gula yang cukup tinggi. Lanta, disarankan untuk tidak menyantapnya secara berlebihan.

6. Kolang-kaling

Dok. Royco

Kolang-kaling menjadi buah lokal yang juga banyak diburu saat bulan Ramadan tiba. Biasanya kolang-kaling banyak diolah sebagai kondimen es buah atau dicampur dengan sirup. Tapi, ada juga yang menjadikannya sebagai campuran bahan kolak.

Kolang kaling umumnya punya rasa asam dan bau tak sedap. Ini disebabkan oleh perendaman yang cukup lama di dalam air. Sehingga buah ini membutuhkan proses pengolahan untuk menghilangkan bau dan rasa asamnya.

7. Pisang

pexels.com/Luis Quintero

Ada alasan mengapa harga pisang selalu naik saat bulan puasa. Yup, karena permintaan yang tinggi dan banyak sekali orang yang mencarinya. Biasanya untuk diolah menjadi kolak pisang, bersama ubi atau kolang-kaling sebagai campuran. Kolak sendiri merupakan menu buka puasa favorit saat Ramadan tiba.

Bagaimana Bela, sudah terbayang akan kesegaran buah-buah di atas? Mana yang menjadi buah favoritmu di bulan Ramadan?

IDN Media Channels

Latest from Food