Bulan Ramadan hanya tinggal menghitung hari, bagi umat muslim yang menjalankannya tentu harus mulai mempersiapkan diri. Salah satunya dengan menjaga kesehatan, agar tubuh tetap fit dan mampu beraktivitas sepanjang hari. Kini, tubuh yang terbiasa dengan pola makan teratur, harus beradaptasi dengan pola makan yang baru. 

4 Tips Menjaga Pola Makan Agar Kuat Berpuasa SeharianTangkapan Layar BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale

Saat menyiapkan menu sahur dan berbuka, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar kebutuhan gizi dalam tubuh tetap terjaga. Dimulai dengan menjaga pola makan, dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K seorang clinical nutrition specialist dan chef Norman Ismail, membagikan tips untuk menjaga pola makan yang baik selama bulan Ramadan, dalam acara BincangShopee 4.4 Sambut Ramadhan Sale: Berpuasa Sehat Agar Tetap Produktif, Selasa (29/03/2022).

1. Jangan melewatkan waktu sahur dan berbuka

4 Tips Menjaga Pola Makan Agar Kuat Berpuasa Seharianfreepik.com/user17765284

Selama sesi bincang bersama dr. Putri Sakti, beliau memberikan beberapa tips agar tetap sehat selama bulan Ramadan. Beberapa di antaranya, yaitu, jangan lewatkan waktu sahur dan berbuka, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, batasi konsumsi gorengan dan makanan yang mengandung rasa manis berlebih, serta meminum air yang cukup.

Agar kesehatan tetap optimal saat berpuasa, tubuh juga memerlukan asupan vitamin yang cukup, waktu tidur yang optimal selama 7-9 jam per hari, dan olahraga ringan selama 30-45 menit. 

Khusus bagi penderita diabetes, dr. Putri Sakti memberikan sedikit tips, “Kalau kontrol darah kurang baik, kalori harus cukup. Diperhatikan jumlah kalori, jenis kalori dan komposisi juga harus benar.” Beliau juga menambahkan, jika penderita diabetes ingin berolahraga, sebaiknya melakukannya setelah berbuka.

2. Memperhatikan kombinasi gizi dan vitamin pada menu sahur dan berbuka

4 Tips Menjaga Pola Makan Agar Kuat Berpuasa Seharianfreepik.com

Saat berpuasa, tubuh tetap memerlukan jumlah energi harian seperti layaknya hari-hari biasa. Oleh karena itu, usahakan saat sahur mengkonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks, agar lebih lama dicerna, sehingga memberi energi lebih tahan lama untuk beraktivitas.

Tambahkan juga makanan kaya protein seperti sayur dan buah. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B dan C, seperti ikan salom, daging, telur dan sayur hijau.

Saat berbuka, usahakan tidak langsung masuk ke menu makanan berat seperti nasi. Komsumsi dulu makanan dan minuman yang manis, seperti kurma, buah-buahan, atau air kelapa untuk mengembalikan energi tubuh. Baru setelah salat Magrib, dapat mengkonsumsi menu yang mengandung karbohidrat, protein hewani, serat dan vitamin.

3. Batasi beberapa makanan ini untuk menjaga kesehatan saat berpuasa

4 Tips Menjaga Pola Makan Agar Kuat Berpuasa Seharianfreepik.com

Ada beberapa jenis makanan yang harus kamu kurangi, bahkan hindari saat sedang berpuasa. Makanan yang mengandung minyak berlebih, kandungan rasa manis yang tinggi, serta rasa yang terlalu pedas, adalah jenis makanan yang harus dihindari karena berefek buruk untuk jangka panjang. Selain itu, makanan tinggi serat juga tidak dianjurkan saat berbuka, karena akan sulit dicerna ketika perut masih kosong. 

4. Mengatur food combining dengan tepat

4 Tips Menjaga Pola Makan Agar Kuat Berpuasa Seharianfreepik.com/yanadjana

Food combining adalah mengkombinasikan satu jenis makanan dengan makanan lainnya sesuai aturan berlaku. Tidak hanya saat berpuasa, food combining baik diterapkan setiap hari.

Chef Norman Ismail menjelaskan, “Food combining ini manfaatnya besar untuk kesehatan. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi bersamaan adalah pisang dan susu, teh dan susu, dan mengkonsumsi buah setelah makan.”

4 Tips Menjaga Pola Makan Agar Kuat Berpuasa Seharianfreepik.com

Chef Norman juga membagikan tips untuk menyiapkan makanan saat sahur dan berbuka, yaitu dengan membuat daftar bahan makanannya terlebih dahulu berdasarkan nutrisi.

Dirinya juga mengajak untuk membuat jadwal meal prepping setiap minggu. Selain bisa menghemat pengeluaran, membuat jadwal meal prepping bertujuan agar tidak kewalahan, sehingga lebih praktis saat menyiapkan makanan.

4 Tips Menjaga Pola Makan Agar Kuat Berpuasa Seharianfreepik.com

Meski memiliki keterbatasan waktu untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, dr. Putri Sakti memberikan tips untuk menerapkan pola 2-4-2. Artinya, dua gelas saat berbuka, empat gelas saat makan malam, dan dua gelas lagi saat sahur. 

Yuk, persiapkan diri dengan memanfaatkan promo menarik Flash Sale Sembako RP1 rupiah, Gratis Ongkir Xtra, dan cashback setiap hari, untuk membeli produk-produk yang dibutuhkan saat bulan Ramadan nanti. Jangan lupa ikuti kampanye Shopee 4.4 Sambut Ramadan Sale dengan berbagai tawaran menarik yang sayang jika dilewatkan!

Baca Juga: Menyambut Ramadan, Ini Doa Awal Puasa, Hukum & Niat Berpuasa

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Haus Saat Puasa, Tahan Sampai Adzan Magrib!

Baca Juga: Shopee Beri Beasiswa dan Kesempatan Magang, Simak Caranya di Sini!