Bagi kamu yang sering mengonsumsi madu, tentu harus tahu cara membedakan madu asli dan palsu. Madu memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti menjaga kebugaran hingga menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit. Karena manfaat serta rasanya yang manis, tak heran jika madu begitu disukai banyak orang.

Namun, ternyata ada saja oknum yang tega memalsukan madu. Agar tidak salah pilih dan tetap mendapatkan manfaat lengkap madu, kamu perlu mengetahui cara membedakan madu asli dan palsu berikut ini.

Teteskan madu ke dalam air

7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Penting Diketahui Pixabay

Cara membedakan madu asli dan palsu yang pertama adalah mencampurkannya ke dalam wadah air. Tuang setengah sendok makan madu ke dalam air.

Jika madu terlihat tidak larut dan benar-benar mengendap di dasar wadah, itu berarti madu asli. Di sisi lain, jika madu tampak larut dalam wadah, kamu dapat yakin bahwa itu adalah madu palsu.

Gunakan jari

7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Penting Diketahui Pixabay

Letakkan madu di jari kamu. Ketika madu murni dioleskan pada jari, maka madu tetap ada di jari kamu. Sementara jika madu tersebut palsu, maka madu tersebut akan menyebar dan tumpah.

Tes dengan cara dibakar

7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Penting Diketahui Pexels/Moein Moradi

Untuk membedakan madu asli dan palsu dengan cara dibakar, balik korek api bagian pinggir yang sudah diberi madu sebelumnya. Nah kalau keping korek api bisa menyala maka madu tersebut 100% asli, tapi kalau tidak menyala berarti madunya palsu.

Gunakan kertas untuk cek keaslian madu

7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Penting Diketahui pixabay

Cobalah untuk menjatuhkan madu di selembar kertas. Kamu bisa mengamati jika madu tersebut asli atau murni, maka madu tersebut tidak akan terserap. Sementara itu, madu palsu malah akan menyerap kertas dan menyisakan noda.

Panaskan madu di microwave

7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Penting Diketahui depositphotos.com

Kamu bisa menggunakan oven atau mesin pemanas lain jika tidak memiliki microwave. Cobalah masukkan madu ke dalam wadah tahan panas sebelum memanaskannya ke dalam microwave. Panaskan madu selama sekitar 40 detik.

Ketika tekstur madu menjadi karamel, kamu dapat yakin bahwa itu adalah madu asli. Tapi jika madu itu benar-benar terlihat berbuih, itu adalah madu palsu.

Taruh di dalam freezer

7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Penting Diketahui pexels.com/@max-arthbovich

Cara selanjutnya untuk membedakan madu asli atau palsu adalah, kamu tidak hanya dapat melakukan pemanasan pada madu untuk mengecek keasliannya, tetapi juga meletakkan madu di freezer. Ini juga merupakan cara membedakan madu asli dan palsu yang paling mudah dan direkomendasikan.

Tidak hanya nyaman dan mudah dilakukan, tetapi hasilnya pun terlihat sangat realistis. Jika madu tampak membeku dengan cepat setelah beberapa jam di dalam freezer, ini berarti madu telah tercampur dengan bahan lain. Sementara madu asli tidak langsung membeku saat dimasukkan ke dalam freezer.

Panaskan madu di atas sendok makan

7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Penting Diketahui Pexels/Isabella Clifford

Last but not least, cara membedakan madu asli atau palsu adalah menuangkan sedikit madu ke sendok lalu panaskan di atas api kompor.

Jika terlihat busa, hal ini menunjukkan bahwa madu tersebut palsu. Sementara ketika madu tampak meleleh atau tumpah dari sendok, ini menunjukkan madu tersebut asli.

Nah, itulah cara membedakan madu asli dan palsu yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat, Bela!

Baca Juga: 13 Khasiat Madu yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh 

Baca Juga: Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehatan

Baca Juga: Pahit Namun Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan