H&M kembali membuat gebrakan dalam dunia fashion. Kali ini, merek pakaian siap pakai asal Swedia ini membuat gerakan #WorldRecyleWeek yang akan digelar pada tanggal 18-24 April 2016. Selama sepekan, siapapun bisa menaruh pakaian bekas bernoda, kaus kaki yang sudah jelek, ataupun pakaian yang tidak diingikan dan tidak pernah dipakai di lebih dari 3.600 gerai H&M di seluruh dunia.

Misi H&M dan M.I.A Selamatkan Bumi dengan Kampanye World Recycle Weekhm.com

Walau mereka telah menginisiasi gerakan ini sejak 2013, target tahun ini rupanya bertambah, karena rencananya total pakaian yang akan dikumpulkan di seluruh dunia sejumlah 1.000 ton yang nantinya akan didaur ulang. Alasan mereka mengadakan #WorldRecycleWeek ini sebenarnya muncul saat mengetahui bahwa dengan mendaur ulang 1 kaus saja ada 2.100 air yang bisa dijadikan cadangan bumi. Mereka sadar betul dengan terus mengeluarkan koleksi baru, ada sumber daya alam yang dikorbankan. Maka itu, mereka berinisiatif memperbaiki semuanya dengan mendaur ulang pakaian.

Misi H&M dan M.I.A Selamatkan Bumi dengan Kampanye World Recycle Weekchicagotribune.com

Menariknya, kampanye ini dibalut dalam video yang menampilkan penyanyi rap M.I.A sebagai kolaborator. M.I.A menyanyikan lagu yang easy listening dengan beberapa pemeran seperti model Cameron Russel, it girls Elizabeth dan Victoria Lejonhjärta, serta beberapa influencer. Oh ya, ada ucapan terima kasih yang diberikan untuk para konsumen yang ikut serta mengumpulkan pakaian, yaitu diskon sebesar 30% untuk setiap pembelian barang di gerai H&M.

Misi H&M dan M.I.A Selamatkan Bumi dengan Kampanye World Recycle Weekrollingstone.com

Gimana, Bela? Mau ikut berpartisipasi?