Bela, kamu tahu nggak sih kalau di Indonesia ada kompetisi fashion design yang dapat mengantar para desainer fashion Indonesia menuju dunia Internasional? Yup! Asia NewGen Fashion Award (ANFA). Ajang bergengsi tahunan tersebut yang sudah hadir sejak tahun 2013 ini digagas oleh Harper’s Bazaar Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Bahkan di tahun kelima penyelenggaraan ANFA, Harper’s Bazaar India turut bergabung meramaikan kompetisi bergengsi di dunia fashion, lho!

Bukan hanya bertujuan untuk mewadahi kreativitas desainer muda, ANFA juga menjadi jembatan bagi para desainer untuk terjun ke dalam industri fashion. Dengan kata lain, kalau kamu memiliki passion di bidang mode dan ingin mengembangkannya menjadi sebuah bisnis tapi nggak tahu bagaimana caranya, maka ANFA merupakan wadah yang tepat untuk dapat memulai karier kamu sebagai perancang busana.

Asia NewGen Fashion Award (ANFA), Tawarkan Wadah dalam Industri ModeInstagram.com/andandika, frederikacynthia

Sama seperti William Utama, pemenang regional Asia ANFA 2016 dan Michelle Kristiani Tjong, runner-up ANFA 2017 yang mengharumkan nama bangsa, demikian juga dengan Andandika Surasetja dan Frederika Cynthia Dewi. Dua finalis dari Indonesia ini terpilih untuk untuk berkompetisi di tingkat regional pada ANFA 2018 yang diselenggarakan bulan Maret 2018 kemarin.

Asia NewGen Fashion Award (ANFA), Tawarkan Wadah dalam Industri ModeInstagram.com/andandika
Asia NewGen Fashion Award (ANFA), Tawarkan Wadah dalam Industri ModeInstagram.com/bazaarindonesia

Swarovski yang kala itu menjadi salah satu sponsor ANFA, membuat salah satu finalis terpilih, Andandika yang merupakan founder serta Creative Director dari label fashion Moral tersebut tertantang untuk merancang busana dengan memadukan konsep glamor yang identik pada Swarovski dengan streetwear a la Andandika sendiri.

“Jadi yang kolaborasi sama Swarovski itu kan sebetulnya emang Swarovski salah satu sponsor. Nah, kalo buat saya itu cukup challenging karena belum pernah eksplorasi sama Swarovski. Cuma buat koleksi ini kan saya ga boleh kehilangan DNA-nya Swarovski yang identik dengan sesuatu yang glamor dan identitas saya sendiri, yang saat itu approach high street. Jadi, saya riset placement-nya gimana supaya bisa blend look-nya yang alovated tapi tetap keliatan jalanannya gitu lho”, kata Andandika, saat ditemui Popbela dalam Press Confrence Harper’s Bazaar Asia NewGen Fashion Awards di Social House Grand Indonesia,(13/12/2018 lalu).

Koleksi Spring/Summer 2019 yang berkolaborasi dengan Swarovski berhasil mengantarkan Andandika menjadi first runner-up ANFA 2018 di tingkat regional pada saat grand final ANFA di Singapura pada Oktober 2018 lalu.

Asia NewGen Fashion Award (ANFA), Tawarkan Wadah dalam Industri ModeInstagram.com/bazaarindonesia

Melihat antusiasme dari desainer muda, maka ANFA melanjutkan perjalanannya untuk mengadakan kompetisi pada awal tahun 2019. Untuk kamu yang memiliki usia 19-29 tahun dan ingin meniti karier di dunia fashion, bisa langsung mengisi formulir pendaftaran ANFA 2019.

“Jadi malam ini kan kick off ya, jadi kita udah membuka dan taruh formulir pendaftaran di  website  www.harpersbazaar.co.id. Terus mereka bisa akses dan ada formulirnya yang mereka bisa isi di situ. Nah, pendaftarannya itu akan ditutup sekitar 14 Januari 2019. Jadi, kurang lebih satu bulan untuk mereka memikirkan ide dan konsep desain”, kata Ria Lirungan, selaku Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia.

Asia NewGen Fashion Award (ANFA), Tawarkan Wadah dalam Industri Modeharpersbazaar.co.id

Dari banyaknya peserta mendaftar, akan dipilih menjadi 20 finalis untuk masuk pada tahap selanjutnya. Meskipun demikian, kamu nggak boleh menyerah sebelum berperang, Bela! Karena Popbela akan memberitahu kamu kriteria pemenang yang dicari oleh ANFA nih...

“Yang pertama kita ingin melihat konsep. Pastinya originality, nggak ikut-ikutan sama desainer yang sudah ada. Terus kreativitasnya, dimana konsepnya harus kreatif dan belum banyak kita lihat. Terus pilihan bahan juga harus sesuai dengan konsep. Bagaimanapun juga, ada para mentor yang akan membantu mereka untuk menyempurnakan karyanya serta mengajarkan cara mereka berbisnis di”, jelas Ria Lirungan, Editor in Chief Harper's Bazaar Indonesia.

Baca Juga: Fimela Fest 2018 Tampilkan Karya Terbaik 7 Desainer Indonesia