Sepatu adalah salah satu aksesori penunjang penampilan. Jadi nggak heran kalau banyak perempuan yang mengoleksi banyak sepatu. Mulai dari high heels, flat shoes, sneakers, hingga boots. Nah yang jadi PR adalah merawat dan membersihkan sepatu.

Dari sekian banyak sepatu yang kamu punya, udah pasti materialnya juga berbeda kan? Jadi, perawatannya pun nggak bisa sama rata. Supaya tetap awet kamu harus membersihkan sepatu sesuai jenis bahannya. 

1. Sepatu Bahan Kanvas

Tips Lengkap Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenis Bahannya www.converse.com.au

Buat pencinta converse atau sepatu bahan kanvas, mencucinya gampang banget. Kamu nggak usah repot merendam sepatu. Sabunnya pun bebas mau pakai apa. Bisa pakai shampo, sabun mandi cair, hingga sabun cuci piring.

Begini cara membersihkan sepatu bahan kanvas:

  1. Hilangkan kedua kotoran sepatu bagian outsole terlebih dahulu dengan cara ditepuk
  2. Sikat bagian outsole dengan sikat gigi yang sudah dicelupkan air dan sabun. Hindari mencampurkan sabun pada air ya, lakukan secara terpisah.
  3. Untuk menyikat bagian outsole, usahakan bagian toe box lebih turun. Supaya menghindari kotoran yang sudah disikat jatuh ke bagian midsole dan upper. 
  4. Setelah outsole selesai disikat, lap dengan kain kering (sebaiknya bahan microfiber) dengan cara ditekan atau tap.
  5. Lalu sikat ulang menggunakan sikat yang lebih besar, seperti sikat untuk mencuci baju manual. Caranya balur sabun di atas sikat, celupkan permukaan sikat.
  6. Setelah selesai, sikat bagian midsole menggunakan sikat gigi. Cara mencucinya sama seperti menyikat outsole langkah pertama.
  7. Lanjut ke bagian upper. Untuk membersihkan bagian upper, pakai sikat yang lembut supaya nggak merusak bahan kanvas. Caranya, celup permukaan sikat di air lalu kasih sabun di atasnya, sikat deh! Lalu lap menggunakan kain yang berbeda.
  8. Untuk bagian insole, gunakan sikat gigi supaya gampang membersihkan secara menyeluruh hingga ke bagian toe box yang sulit dijangkau. Caranya sama, celupkan sikat gigi di air, lalu bersihkan sepatumu.
  9. Jemur di suhu ruangan. Hindari langsung terkena cahaya matahari ya.

2. Sepatu Bahan Kulit

Tips Lengkap Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenis Bahannya www.net-a-porter.com

Bahan kulit perlu perhatian khusus nih. Apalagi kalau lama-lama di lemari, bisa-bisa jamuran. Jadi kamu harus merawat secara berkala. Untuk mencucinya nggak rumit, hanya saja kamu harus membeli cairan pembersih khusus material kulit dan sikat bulu kuda.

Begini cara mencuci sepatu bahan kulit:

  1. Sebelum mulai mencuci sepatu kulit, pasang shoe tree supaya bagian toe box nggak berubah atau mengerut.
  2. Lanjut membersihkan bagian outsole dan midsole menggunakan sabun biasa. Tekniknya tetap sama dengan cara membersihkan sepatu kanvas. Sikat dibasahkan terlebih dulu, baru diberi sabun. Jika sudah selesai, cukup lap saja.
  3. Bagian upper dicuci dengan sabun khusus. Caranya, pakai sikat bulu kuda yang sudah dibalur cairan. Lalu sikat secara lembut dan lap dengan kain bersih.
  4. Sedangkan membersihkan bagian insole, caranya sama seperti langkah terakhir cara membersihkan sepatu kanvas. Kamu boleh menggunakan sabun jenis apa pun.
  5. Jemur diangin-anginka saja. Jauhi dari paparan sinar matahari. Setelah itu poles sepatu dengan krim pelindung khusus untuk sepatu kulit.

3. Sepatu Bahan Suede

Tips Lengkap Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenis Bahannya www.amazon.in

Banyak yang bilang sepatu bahan suede mudah rusak. Sebenernya sih salah banget! Soalnya tergantung pada kualitas produksi, dan tentunya cara membersihkannya, Bela. 

Sebelum membahas cara, kamu harus tahu bahwa membersihkan sepatu suede harus membeli cairan khusus ya. Beli yang memang diperuntukkan sepatu bahan suede.

Begini cara membersihkan heels dan sepatu bahan suede supaya awet:

  1. Untuk awal, sama saja dengan cara membersihkan sepatu di atas. Bagian outsole terlebih dahulu yang dibersihkan menggunakan sikat gigi yang dibasahkan air dan diolesi sabun.
  2. Lalu, bersihkan bagian midsole dengan cara yang sama pula. Menggunakan sikat gigi dan cairan sabun biasa.
  3. Setelah itu, bersihkan sepatu bagian upper menggunakan sponge halus yang sudah ditetes cairan khusus suede. Sikat dengan lembut dan teknik dua arah, karena suede ada dua bagian, gelap dan terang. Cara ini supaya kedua sisi bersihnya maksimal.
  4. Jika sudah selesai, lap dengan teknik tap dan sambil diputar menggunakan kain microfiber. Lalu keringkan dengan cara menggunakan kipas angin saja. Hindari terpapar sinar matahari yang bisa merusak bahan suede.

4. Sepatu Bahan Mesh atau Rajut

Tips Lengkap Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenis Bahannya www.runnerinn.com

Sepatu bahan mesh atau jaring punya ciri khas seperti rajut. Mudahnya, mirip dengan bahan sepatu running Nike Epic React Flyknit. Untuk membersihkannya pun mudah, kok.

Begini cara membersihkan sepatu bahan mesh:

  1. Lepas tali sepatu
  2. Lalu mulai bersihkan outsole dengan cara yang sama. Ingat harus miring 30 derajat ya. Supaya kotoran nggak kena bagian upper. Caranya sama, basahi sikat, lalu tetesi sabun. Begitu juga ketika membersihkan bagian midsole. Keringkan menggunakan handuk bersih.
  3. Untuk bagian insole, masukkan dulu handuk microfiber yang digulung. Supaya handuk dapat menyerap air ketika kita menyikat bagian upper. 
  4. Lalu lanjut membersihkan bagian upper. Kalau nodanya nggak membandel, pakai sabun biasa saja. Tapi kalau membandel, kamu bisa beli shoe cleaner khusus ya. Cara membersihkan sepatu bahan mesh, gunakan sikat halus yang sudah dibasahi air dan ditetesi sabun. Lap dengan kain bersih.
  5. Namun jika sepatu kamu kotor terkena lumpur, jangan langsung dibersihkan. Biarkan lumpur mengering sendiri, lalu baru aman untuk dibersihkan, Bela.
  6. Untuk bagian insole, cara membersihkan sama seperti bahan lainnya.

5. Sepatu Bahan Kulit Sintetis

Tips Lengkap Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenis Bahannya www.net-a-porter.com

Untuk membersihkan sepatu bahan kulit sintetis, sebenarnya gampang banget. Karena cara membersihkannya sama seperti sepatu lainnya, Bela. Tapi ada teknik yang berbeda nih.

Begini cara membersihkan sepatu bahan kulit sintetis:

  1. Sikat bagian outsole dengan sikat gigi yang sudah dicelupkan air dan sabun.
  2. Lalu sikat bagian outsole dan midsole. Lap jika sudah.
  3. Lanjut ke bagian upper. Nah di sini bedanya, Bela. Kamu nggak perlu menyikatnya pakai sikat. Tapi cukup gunakan handuk microfiber atau kanebo yang sudah basah dan diberi sabun. Gosok secara perlahan, keringkan menggunakan handuk bersih.
  4. Lalu bagian insole harus dibersihkan dengan sikat yang sudah dibasahi dengan air dan ditetes sabun. Keringkan tanpa harus terkena matahari.

6. Mencuci Tali Sepatu yang Kotor

Tips Lengkap Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenis Bahannya lacelab.com

Paling sebel kalau tali sepatu warna putih kelihatan banget kotornya. Tenang, kamu bisa membersihkannya dengan mudah. Biar kelihatan kayak baru lagi, siapkan Hydrogen Peroxide 3% atau H202 dan baking soda, ya.

Begini cara mencuci tali sepatu putih yang kotor:

  1. Taruh baking soda dan H202 di wadah. Lalu aduk menggunakan sendok atau sumpit besi. Tambahkan air.
  2. Rendam tali sepatu putih yang kotor di larutan selama 5 menit.
  3. Lalu sikat bagian tali sepatu yang kotor menggunakan sikat gigi.
  4. Lap dengan handuk microfiber yang bersih, ya. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air.

Bagaimana, Bela? Tidak serumit yang dibayangkan kan cara membersihkan sepatu sesuai bahan di atas. 

Baca Juga: Cara Paling Mudah Membersihkan Sepatu Boots 

Baca Juga: Sering Salah, Begini Cara Membersihkan Sepatu High Heels yang Benar

Baca Juga: Cara Membersihkan Sepatu Espadrilles yang Benar