Saat ini mengenakan pakaian dengan motif etnik bukanlah hal yang langka. Sebab, banyak banget kaum millennial yang mulai bangga memakai baju dengan motif sentuhan warisan budaya Indonesia.

Misalnya baju batik hingga jumputan pun kini pun dengan mudah ditemui di pasaran dengan desain yang fashionable dan nggak kaku. Sehingga nggak ada keraguan untuk tampil stylish dengan sentuhan tradisional.

Ingin menambah koleksi baju etnik di rumah? Cek daftar brand yang punya koleksi etnik modern di bawah ini, ya.

1. Sejauh Mata Memandang

Rekomendasi Brand Lokal yang Punya Koleksi Baju Etnik ModernInstagram.com/sejauh_mata_memandang

Brand Sejauh Mata Memandang mempunyai koleksi fabric etnik yang kental dengan budaya nusantara. Uniknya, Sejauh Mata Memandang memang sengaja menciptakan konsep pakaian etnik yang dapat digunakan sehari-hari, nggak hanya untuk acara spesial saja. Selain itu, sang pendiri, Chitra Subiyakto pernah bilang kalau brand miliknya ini pun cocok untuk menjadi 'aset' turun temurun.

2. Sukkha Citta

Rekomendasi Brand Lokal yang Punya Koleksi Baju Etnik Moderninstagram.com/sukkhacitta

Denica Riadini selaku founder mengatakan kalau brand miliknya eksis bukan perusahaan fast fashion. Sukkha Chitta eksis karena ingin melakukan perubahan di industri fashion dengan memproduksi pakaian yang proses pembuatannya ramah lingkungan, memberdayakan perempuan di desa yang menjadi seniman Sukkha Chitta.

Jadi, brand yang merilis banyak koleksi etnik nan modern ini tidak bekerja sama dengan pabrik besar, namun para perempuan di desa Yogyakarta.

3. Batik Ratu Indonesia

Rekomendasi Brand Lokal yang Punya Koleksi Baju Etnik Moderninstagram.com/batikratu_id

Batik Ratu memiliki koleksi kaftan, selendang hingga outer bermotif etnik. Meskipun motifnya didominasi batik, tetapi desainnya modern dan cocok buat millennial yang ingin tampil dengan sentuhan tradisional tetapi tetap terlihat stylish.

4. Senja

Rekomendasi Brand Lokal yang Punya Koleksi Baju Etnik ModernInstagram.com/senjaa_sore

Brand Senja cocok buat kamu yang suka tampil menggunakan pakaian dengan sentuhan etnik namun tetap memberi statement dalam penampilan. Brand lokal satu ini nggak hanya merilis kolesi celana, blouse, outer saja. Tetapi juga vest hingga obi dengan motif ciri khas Indonesia, seperti jumputan atau lurik.

5. Rupa Ritual

Rekomendasi Brand Lokal yang Punya Koleksi Baju Etnik Moderninstagram.com/ruparitual

Terinspirasi dari budaya unik Indonesia, beberapa koleksi Rupa Ritual dibuat bukan dengan teknik batik, melainkan lino printing atau cetak cukil. Koleksinya cocok buat kamu si anak artsy yang ingin bergaya bohemian.

6. Oemah Etnik

Rekomendasi Brand Lokal yang Punya Koleksi Baju Etnik Moderninstagram.com/oemahetnik

Oemah Etnik adalah salah satu brand yang cukup familiar di sosial media. Koleksinya bisa dikenakan untuk segala usia. Jenis pakaiannya pun beragam banget, terlebih lagi ada pula koleksi batik atau motif etnik untuk pasangan dan pria.

7. Batik Maheswara

Rekomendasi Brand Lokal yang Punya Koleksi Baju Etnik Moderninstagram.com/batik_maheswara

Meski koleksinya didominasi bahan tenun ikat, namun brand lokal Batik Maheswara membuat desain pakaian dengan mengombinasikan dengan berbagai jenis bahan. Sehingga desainnya cukup mewakili anak muda yang ingin tampil formal tapi ada sedikit setuhan casual.

Jadi bagaimana, apakah brand lokal yang menjual baju etnik modern di atas sudah sesuai seleramu, Bela?

Baca Juga: Cara Mix & Match Batik Modern untuk Gaya yang Lebih Modis

Baca Juga: Ciptakan Tampilan Etnik Kekinian dengan Memakai 6 Fashion Item Ini

Baca Juga: Dian Sastro, Andien, dan Para Artis Lainnya yang Suka Bergaya Etnik