Musim hujan seperti saat ini kita cenderung memilih baju yang lebih hangat. Misalnya tetap menggunakan hoodie atau sweater sebagai pelapis. Tetapi, walau hoodie dan sweater sama-sama berfungsi sebagai pakaian yang menghangatkan tubuh, keduanya adalah jenis pakaian yang berbeda.

Ini lho penjelasan dibalik perdebatan perbedaan antara hoodie dan sweater.

Apa itu Hoodie?

Punya Fungsi yang Sama, Tapi Ini Lho Bedanya Hoodie dan Sweaterair95sports.com

Hoodie adalah termasuk jenis sweatshirt atau pakaian tebal. Namun yang membedakan hoodie di antara sweatshirt lainnya adalah di bagian 'hood' atau tudung kepala. Jadi pakaian hangat tanpa hoodie adalah sweatshirt atau sweater. Selain itu, hoodie juga dilengkapi kantong kangaroo di bagian depan, ada yang tanpa atau dengan resleting pula.

Hoodies biasanya nggak hanya dipakai untuk menghangatkan tubuh dan berolahraga saja. Tetapi juga bisa dipakai untuk sehari-hari dan menjadi statement style seseorang. Bahkan jika di luar negeri, hoodie bukanlah pakaian yang solutif untuk menghangatkan tubuh, sering lihat kan banyak seleb Hollywood yang menggunakan hoodie tapi tetap dilapisi dengan jaket lebih tebal lainnya?

Untuk penggunaan bahan hoodie biasanya material yang dipakai adalah katun, french terry, campuran katun polyester. Desainnya pun beragam, ada yang lengan pendek, cropped top. Sedangkan potongannya lurus dan tidak membentuk tubuh.

Apa itu Sweater?

Punya Fungsi yang Sama, Tapi Ini Lho Bedanya Hoodie dan Sweaterfashionmagazine.com

Sweater adalah pakaian yang masuk dalam kategori rajutan. Istilah sweater merujuk pada baju atasan dengan bahan wool dan berlengan panjang. Ya, sweater fungsinya sebagai pakaian penghangat tubuh yang biasanya menggunakan benang wool dan dirajut menggunakan tangan atau mesin.

Desain sweater pun beragam, ada yang dibuat dengan gaya casual dan ada pula yang lebih resmi. Potongannya pun ada yang dibuat menjadi turtleneck, crew, boat dan v-neck. Sedangkan lengannya ada pula yang pendek dan panjang. Tetapi, konotasi sweater memiliki makna pakaian yang lebih mewah dibanding hoodie, lho.

Kesimpulan Perbedaan Hoodie dan Sweater

Punya Fungsi yang Sama, Tapi Ini Lho Bedanya Hoodie dan Sweaterair95sports.com

Apabila ditarik kesimpulan, inilah perbedaan hoodie dan sweater:

  • Hoodie adalah variasi dari sweatshirt dengan tambahan fitur seperti kantong, zipper, dan tudung kepala.
  • Hoodie biasanya dilengkapi dengan grafis menarik, sedangkan sweater rajut, menarik di bagian warna material atau benang.
  • Hoodie menggunakan bahan yang lebih casual, sementara sweater menggunakan material yang lebih proper untuk menghangatkan tubuh.
  • Hoodie berfungsi untuk pakaian sehari-hari sedangkan sweater sebagai wardrobe untuk momen khusus sesuai fungsinya.
  • Hoodie tidak membentuk tubuh, sementara sweater biasanya membentuk tubuh karena material yang digunakan dan jenis jahitan.

Kini sudah semakin paham dong perbedaan hoodie dan sweater. Kamu lebih banyak koleksi yang mana, Bela?

Baca Juga: Biar Stunning! Ini Tips Cara Pakai Sweater Oversized yang Keren

Baca Juga: Tips Mix N Match Hoodie dan Coat untuk Musim Hujan

Baca Juga: 3 Ide DIY Agar Sweatshirt Polosmu Terlihat Lebih Outstanding