Kalau di televisi Indonesia baju dengan kerah rendah saja disamarkan, nah berbeda jauh dengan zaman dulu. Nggak cuma di televisi saja, tapi di kehidupan nyata pun beberapa pakaian 'haram' banget digunakan.

Ya, beberapa abad lalu perempuan saja dilarang menggunakan celana panjang. Bahkan highheels sekalipun nggak boleh lho. Beruntung banget buat kita yang hidup di zaman modern kini ya, bebas mau pakai fashion apa pun.

Berikut fashion trend yang dulunya dilarang banget untuk dipakai, bahkan larangan tersebut masih ada yang berlaku.

1. Selama hampir 214 tahun Paris melarang perempuan memakai celana panjang. Bahkan dulunya, kaum perempuan wajib lapor Polisi untuk mendapatkan izin memakai 'pakaian kaum pria'. Amerika pun sempat melarang senator perempuan memakai celana panjang pada tahun 1993. Lucunya, Amerika memperbolehkan penggunaan celana sejak kru kabin British Airways mengenakan celana untuk bekerja pada tahun 2016.

Pernah Dilarang, Ini Fashion Trend yang Dulunya Haram Dipakaishop13.shopsoutlet2021.ru

2. Pada abad ke-14, Inggris punya larangan hanya kaum kerajaan saja yang boleh menggunakan pakaian warna ungu. Parahnya lagi, siapa pun yang melanggar terancam hukuman mati. Namun pada abad ke-19, kain sintetis warna ungu mulai mudah dipasarkan, dan membuat rakyat baru bisa mengenakan warna menarik ini.

Pernah Dilarang, Ini Fashion Trend yang Dulunya Haram Dipakaiharpersbazaar.com

3. The New York Times pernah melaporkan bahwa perempuan di Monohans, Texas nggak boleh pakai celana pendek pada 1944. Begitu juga di Illinois, bahkan Platssburgh juga melarang remaja perempuan di bawah usia 16 tahun mengenakan celana pendek, yang melanggar akan didenda $25 atau dipenjara selama 25 hari.

Pernah Dilarang, Ini Fashion Trend yang Dulunya Haram Dipakaiharpersbazaar.com

4. Bukan karena nggak nyaman dipakai, high heels dilarang di Carmel, California karena jalanan trotoar yang nggak aman. Undang-undang tersebut muncul pada tahun 1963 untuk melindungi kota dari tuntutan hukum karena akar pohon yang menembus trotoar membuatnya tidak rata dan dengan demikian pengguna high heels mudah tersandung.

Pernah Dilarang, Ini Fashion Trend yang Dulunya Haram Dipakai5inchandup.com

5. Tahun 2012, sekolah di Kanada melarang siswa menggunakan legging. Tahun yang sama pula, sekolah Minnesota pernah mengirim surat kepada para orang tua bahwa legging adalah pakaian yang mendistraksi dan harus ditutupi. Tahun 2014, SMA North Dakota membandingkan siswa yang mengenakan legging dengan pekerja seks komersial. Ya, ini semua karena sistem patriarki yang melarang penggunaan legging.

Pernah Dilarang, Ini Fashion Trend yang Dulunya Haram Dipakaistylevore.com

Itulah beberapa pakaian yang dilarang di zaman dahulu. Namun pelarangan high heels di Carmel California masih berlaku lho. Ada yang bilang bahwa tiket teguran penggunaan high heels malah jadi souvener.

Baca Juga: Deretan High Heels dengan Model Paling Nyeleneh! Berani Coba?

Baca Juga: Jadi Duta Chanel, Celana Pendek Jennie BLACKPINK Terlalu Seksi

Baca Juga: Tips Pakai Celana Legging untuk Sehari-hari, Kasual Hingga Mewah