Berkat banyaknya selebgram muslimah yang fashionable membuat kita lebih mudah untuk mendapatkan referensi cara berpakaian. Mulai dari gaya edgy hingga feminin pun ada. Tetapi pasti kita pernah salah memilih warna hijab saat mau eksplor gaya yang lebih beda.

Supaya nggak norak dan jadi terlihat aneh, ketahui padu padan warna hijab yang harus kamu hindari, sebaiknya ikuti tipsnya ya.

1. Memakai Tone Color yang Sama dengan Baju

Padu-padan Warna Hijab yang Harus Kamu Hindarifustany.com

Sebetulnya aman-aman saja kalau kamu pakai hijab dengan earth tone seperti krem, hitam, atau broken white dengan baju warna senada. Tapi akan jadi terkesan 'berlebihan' jika kamu menggunakannya dengan hijab dan baju warna terang mencolok.

Misalnya menggunakan hijab warna kuning dengan tunik neon. Selain terlalu mencolok, cara mix n match ini keliru.

Sebaiknya jika kamu ingin mengenakan tunik atau atasan warna neon yang terang, kenakan warna hijab yang lebih lembut. Seperti hijab warna khaki, putih atau hitam.

2. Tabrak Motif

Padu-padan Warna Hijab yang Harus Kamu Hindarifustany.com

Kalau kamu ingin terlihat lebih playful, nggak ada salahnya kalau ingin mix n match tabrak motif. Tapi yang harus dihindari adalah saat tabrak motif, yang dipadu-padankan adalah antara baju dalam dengan outer, atau antara outer dengan bawahan. Bukan baju dengan hijab.

Jika baju dan hijab yang dipadupadankan agar tabrak motif, hindari deh. Cara ini justru membuat mata jadi 'pusing' dan kurang fashionable. Sebaiknya kenakan hijab polos lalu tabrak motif hanya antara bawahan atau atasan, ya. Kalau pun ingin memakai hijab dengan motif menarik, cukup kenakan outfit polos. Gaya ini akan terlihat lebih elegan, lho. Jadi bisa contek gaya seperti pada foto.

3. Padu-padan Bahan Hijab yang Berbeda dengan Baju

Padu-padan Warna Hijab yang Harus Kamu Hindariinstagram.com/apriljasmine85

Walaupun warnanya sama ataupun cocok, mix n match bahan hijab organza dengan blus bahan rajut harus dihindari. Begitu juga dengan hijab spandeks yang dipadupadankan dengan blus scuba, hindari ya karena tekstur kedua bahan sangat jauh berbeda dan jadi terkesan memaksa.

4. Menggunakan Bandana atau Ciput Warna Mencolok

Padu-padan Warna Hijab yang Harus Kamu Hindariastroawani.com

Buat kamu yang sering menggunakan bandana atau ciput, sebaiknya pilih warna gelap ya. Hindari mix n match hijab warna kalem dengan warna terang. Mix n match cara ini bisa dibilang kurang serasi.

5. Hindari Memakai Hijab Ruby Head to Toe

Padu-padan Warna Hijab yang Harus Kamu Hindarimedium.com

Jika kamu ingin tampil effortless dan fashionable, jenis hijab ruby patut dihindari. Dengan pilihan warna apa pun, desain dengan aksen bulu tidak memberi keindahan atau keunikan, apalagi jika kamu juga mengenakan baju gamis ruby, akan sangat terlihat berlebihan. Bahkan hijab warna dan motif mencolok akan jauh lebih baik ketimbang hijab ruby.

Siap tampil fashionable dan jauh dari kesan norak, kan? Ikuti tips di atas ya.

Baca Juga: Deretan Fashion Item yang Wajib Dimiliki oleh Hijabers Remaja

Baca Juga: Tips Mix & Match Jaket Kulit untuk Perempuan Berhijab

Baca Juga: Referensi Gaya Baru Pakai Celana Kulot untuk Hijabers