Bahan Moscrepe: Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangannya

Sering dipakai untuk bahan hijab

Bahan Moscrepe: Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangannya

Bahan moscrepe biasanya jadi material busana hijab modern hingga syar’i. Bahkan, hijab pun menggunakan kain dari keluarga crepe ini. Biasanya, pakaian yang menggunakan bahan ini dijual dengan harga yang tak terlalu mahal. Namun bukan murahan, ya.

Sebab, banyak brand hijab lokal memilih bahan moscrepe supaya harga jualnya nggak terlalu mahal. Tetapi, tetap terkesan mewah dan modern.

Namun kain bertekstur ini agak gerah kalau digunakan sebagai hijab. Tapi bagaimana kalau digunakan untuk baju? Supaya lebih paham, cari tahu kelebihan dan kekurangan bahan moscrepe di sini.

Apa itu Bahan Moscrepe?

Bahan Moscrepe: Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangannya

Sebenarnya, apa itu bahan moscrepe? Bahan moscrepe yang merupakan jenis kain dari keluarga crepe yang bertekstur. Jika diperhatikan, teksturnya mirip bentuk pasir atau gambar kecil seperti bentuk geometri.

Tekstur bahan kain ini muncul karena proses tenun yang beraneka ragam. Biasanya, bahan ini terbuat dari serat rayon yang kemudian ditenun. Sementara mesin tenun yang digunakan membuat permukaannya tampak seperti lumut. 

Itulah mengapa kain ini diberi nama moscrepe yang berasal dari kata moss berarti lumut. Karakteristik dari kain ini adalah lentur, ringan, dan memiliki pola seperti pasir. 

Dibandingkan dengan jenis lainnya, bahan moscrepe akan lebih lentur. Biasanya, orang akan menambahkan pelapis saat akan memakai bahan ini untuk membuat pakaian. 

Jenis Bahan Moscrepe

Meskipun sudah termasuk dalam salah satu bahan crepe, kain moscrepe juga terdiri dari beberapa jenis. Jenis pertama adalah moscrepe bahan diamond crepe. Bahannya cenderung kasar namun awet dan tahan lama. Harganya pun cukup terjangkau daripada bahan moscrepe lainnya. Biasanya, diamond crepe digunakan untuk membuat pashmina. 

Selanjutnya ada jenis bahan moscrepe premium. Bahan ini juga elastis, tidak tembus pandang, sedikit kaku, tetapi tidak mudah kusut. Meskipun sering dipakai sebagai bahan hijab maupun pakaian, tetapi moscrepe premium tetap sulit untuk menyeka keringat. 

Jenis bahan moscrepe yang terakhir adalah bahan moscrepe import. Bahan ini memiliki karakteristik yang elastis dengan daya serap yang cukup bagus. Oleh karena itu, harga moscrepe import di pasaran lebih tinggi dari yang lainnya. Namun, banyak orang memakai bahan ini untuk gamis karena nyaman digunakan.  

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here