Pasti kamu punya pakaian yang susah rapi kan? Sudah digosok berkali-kali pun tetap saja kusut. Sebetulnya hal ini bisa terjadi karena jenis bahannya.

Jenis bahan pakaian memang beragam banget. Katun saja punya berbagai varian yang susah banget digosok. Sudah pakai gosokan dengan temperatur panas, tetap saja nggak rapi.

Cara Melicinkan Pakaian yang Selalu Kusut

Cara Menggosok Pakaian yang Susah Rapi Pexels.com/cottonbro

Supaya nggak jengkel bajunya kusut terus saat digosok, kamu harus tahu caranya dari nol. Ya, kunci utamanya adalah proses awal mencuci. Supaya baju yang susah rapi lebih mudah diatur, ini cara membuat pakaian tetap licin.

  1. Periksa cara perawatan baju pada label
  2. Kalau kamu sudah tahu karakter kain baju mudah kusut, hindari merendamnya terlalu lama.
  3. Saat membilas dan mengeringkan pakaian yang susah rapi, jangan memerasnya terlalu kencang. Hindari pula menggunakan pengering mesin cuci untuk kain yang mudah kusut.
  4. Lalu langsung dijemur dan diangkat jika sudah kering. Jangan biarkan pakaian yang susah rapi ditumpuk.
  5. Tips lainnya, kamu bisa menggunakan deterjen anti kusut.

Cara Menggosok Baju yang Susah Rapi

Cara Menggosok Pakaian yang Susah Rapi Pixabay.com/Stevepb

Setelah mengikuti proses mencuci yang benar, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menyetrika yang tepat. Berikut ini cara menggosok jenis pakaian yang susah rapi.

  1. Atur temperatur setrika sesuai bahan baju. 
  2. Beberapa setrika terdapat pilihan skala temperatur. Jika bahan bajumu nilon gunakan skala 1. Lalu skala 2 untuk bahan pakaian renda, polyester, rami, rayon, satin, wol, sutra, velvet, campuran sintetis dan olefin. Sedangkan skala 5 untuk bahan pakaian katun ringan dan linen. Sementara katun berat dan corduroy gunakan skala 7.
  3. Untuk memudahkan menggosok baju yang susah rapi, semprotkan pewangi dan pelicin pakaian pada baju yang kusut sebelum disetrika.
  4. Lalu, barulah menggosok baju dengan perlahan. Menyetrika pakaian yang susah rapi memang harus dilakukan dengan teliti dan tidak boleh menggosoknya terlalu cepat. Harus perlahan, ya!

Bahan Baju yang Susah Disetrika

Sebelum kesal ketika menggosok pakaian yang susah rapi, kamu memang harus mengetahui jenis bahannya. Nah, ini bahan baju yang susah disetrika.

1. Bahan Sutra

Cara Menggosok Pakaian yang Susah Rapi net-a-porter.com

Bahan sutra yang terbilang mahal ini salah satu jenis bahan yang susah disetrika. Hindari menggosok pakaian bahan sutra dengan temperatur yang terlalu panas.

2. Bahan Polyester

Cara Menggosok Pakaian yang Susah Rapi Zara.com

Bahan polyester yang menggunakan serat sintetis alias plastik akan susah rapi saat digosok. Karena bahan kain polyester sifatnya tidak tahan panas.

3. Bahan Linen

Cara Menggosok Pakaian yang Susah Rapi Zara.com

Bahan linen yang punya tekstur kasar membuatnya susah digosok sampai rapi. Namun, bahan linen adalah material pakaian paling nyaman digunakan.

4. Bahan Nilon

Cara Menggosok Pakaian yang Susah Rapi Zara.com

Bahan nilon yang tidak menyerap keringat ini mudah meleleh terkena panas. Jadi hindari menggunakan setrika terlalu panas, bisa-bisa pakaian jadi lengket.

5. Bahan Corduroy

Cara Menggosok Pakaian yang Susah Rapi net-a-porter.com

Bahan yang punya tekstur garis-garis ini juga susah rapi saat disetrika. Supaya rapi, kamu bisa menggosok bahan corduroy menggunakan setrika uap. Atau cukup menggosok bagian dalamnya saja.

Itulah langkah menggosok pakaian yang susah rapi. Jangan lupa juga ketahui jenis bahan dan tahu cara mencuci dengan benar ya.

Baca Juga: 3 Cara Menyelamatkan Pakaian Menyusut Setelah Dicuci 

Baca Juga: Perlu Kamu Tahu! Ini Tips Setrika Pakaian Bahan Satin

Baca Juga: 5 Cara Mudah dan Sederhana Rapikan Pakaian Kusut Tanpa Setrika