Pernah nggak sih merasa baju berbahan rayon yang kamu punya justru menciut setelah dicuci? Ya, perasaan kamu nggak salah kok.

Merawat baju bermaterial rayon memang gampang-gampang susah. Sebab, bahan ini terbuat dari bubuk kayu, sehingga mudah banget untuk mengecil. Solusinya adalah kamu harus tahu bagaimana cara mencuci bahan rayon supaya tidak mengecil.

Dengan cara mencuci baju bahan rayon yang tepat, kamu tidak perlu khawatir lagi, deh. Namun sebelum mulai mencuci, siapkan dulu keperluan ini;

  • Air hangat
  • Sampo bayi
  • Ember
  • Conditioner rambut

Berbagai Cara Mencuci Baju Rayon

Ada berbagai alternatif untuk mencuci baju rayon, dengan bahan yang kamu punya, bisa sesuaikan dan pilih cara di bawah ini, ya.

1. Pakai Sampo Bayi

Cara Mencuci Baju Bahan Rayon Supaya Tidak Mengecil Pexels.com

Masukkan air hangat ke dalam ember, lalu masukkan sampo bayi. Kucek baju rayon dengan lembut, jika sudah cukup diremas saja secara perlahan, jangan diperas dan dibilas.

2. Pakai Conditioner Rambut

Cara Mencuci Baju Bahan Rayon Supaya Tidak Mengecil Pexels.com

Selain sampo bayi, kamu bisa gunakan pelembut rambut. Fungsinya agar serat baju rayon jadi lebih lembut dan mencuci menggunakan produk rambut ini dapat menghindari risiko bahan jadi menyusut dan tetap stabil pada ukuran semula.

Caranya sama dengan langkah pertama, kamu perlu mencuci baju rayon dengan satu sendok conditioner rambut menggunakan air hangat.

Rendam dan biarkan selama 30 menit, remas perlahan, bentangkan di atas handuk kering, lalu gulung keduanya. Setelah debit air menyerap lebih banyak di handuk, kamu bisa langsung menjemurnya.

3. Menyetrika Baju Setelah Pakaian Kering

Cara Mencuci Baju Bahan Rayon Supaya Tidak Mengecil Pexels.com

Setelah baju rayon dijemur dan kering, segera setrika untuk menghilangkan kerutan dan baju jadi lebih lentur atau tidak kaku. Panas pada setrika dapat membuat serat pakaian kembali merenggang.

Hal yang Harus Dihindari Merawat Baju Bahan Rayon

Cara Mencuci Baju Bahan Rayon Supaya Tidak Mengecil Pexels.com

Jika kamu punya banyak baju dengan bahan rayon, sebaiknya kurangi intensitas mencuci dengan mesin cuci. Dengan menggunakan mesin, pakaian berbahan rayon akan lebih mudah menciut. Jadi kamu memang harus lebih hati-hati merawatnya, sehingga akan lebih baik mencuci secara manual, alias pakai tangan.

Namun jangan lupa pula untuk tidak memerasnya dengan cara dipelintir ya. Risikonya akan lebih mudah mengecil. Walau lelah, yang penting ukuran bajumu tetap stabil.

Itulah cara mencuci baju rayon agar tidak menciut beserta cara merawatnya. Awas, jangan sampai salah lagi ya.

Baca Juga: Tips & Trik Merawat Tas Berbahan Kulit Supaya Lebih Awet

Baca Juga: Gawat, Bahan Baju Ini Ternyata Bikin Bau Badan

Baca Juga: Pengganti Kain Sutra, Ini Kelebihan Bahan Viscose