Sepatu bahan kanvas saja punya cara merawat yang berbeda dengan jenis sepatu lainnya. Begitu pula dengan sepatu satin dengan karakteristik bahan yang mengilap dan halus.

Biasanya, flat shoes, sneakers hingga high heels menggunakan bahan satin. Padahal jenis sepatu favorit dengan bahan satin harus benar-benar dipertimbangkan lho. Sebab, bahan satin cukup mudah rusak apalagi disaat musim hujan! Jadi kamu memang harus lebih ekstra untuk merawatnya.

Nah pertanyaannya selama ini kamu sudah punya trik rawat sepatu satin belum? Tak perlu risau, coba cara merawat sepatu satin agar lebih awet seperti ini, ya.

1. Gunakan Spray Anti Air

Agar Tetap Terlihat mewah, Ini Cara Merawat Sepatu Satinhearstapps.com

Khususnya saat musim hujan kamu wajib banget semprotkan spray anti air pada sepatu satin sebelum kamu pakai. Cara ini untuk melindungi sepatu terbebas dari debu dan air genangan yang kotor.

2. Selalu Sedia Tisu

Agar Tetap Terlihat mewah, Ini Cara Merawat Sepatu Satinfashionista.com

Apabila nggak punya spray anti air, kamu bisa andalkan tisu. Jadi, jika sepatu terkena debu atau tanah, segera bersihkan menggunakan tisu.

Caranya cukup ditepuk-tepuk saja ya, jangan diusap kencang. Karena kalau dibiarkan terlalu lama, noda akan lebih susah hilang. Jadi, penggunaan tisu bisa dibilang sebagai 'pertolongan pertama'.

3. Hindari Pakai Sepatu Satin Saat Hujan

Agar Tetap Terlihat mewah, Ini Cara Merawat Sepatu Satinnotjessfashion.com

Memakai sepatu bahan satin saat musim hujan adalah kesalahan besar. Sebaiknya dihindari ya, biarkan sepatumu terpajang manis di lemari sepatu.

Tetapi kalau cuaca cerah berubah mendung saat memakai sepatu favoritmu ini, lalu kamu pun basah seluruh tubuh tak terkecuali si sepatu satin, sebaiknya segera keringkan sepatumu menggunakan hairdryer. Hindari sepatu mengering sendiri.

Jika terlihat kotor, sebaiknya tepuk dengan tisu kering, jangan diusap ya karena membuat kotoran malah menyerap pada bahan sepatu. Lalu jika sudah, keringkan pakai pengering rambut.

4. Jangan Gunakan Air Panas

Agar Tetap Terlihat mewah, Ini Cara Merawat Sepatu Satinnicestyles.ca

Ketika kamu ingin mencuci sepatu satin, hindari membersihkannya dengan air panas ya. Penggunaan air panas hanya akan membuat bahan sepatu jadi mengerut serta mengubah warna. Begitu pula saat menjemur, hindari terkena matahari. Cukup keringkan dengan kain lembut yang kering.

5. Cuci dengan Tangan

Agar Tetap Terlihat mewah, Ini Cara Merawat Sepatu Satinlulus.com

Cara mencuci sepatu satin sebetulnya mirip dengan cara mencuci sepatu suede. Cukup menggunakan sedikit sabun dan air dengan menyikatnya menggunakan kain microfiber atau sikat lembut. Hindari mencuci sepatu satin pakai mesin cuci,  karena dengan sekejap, sepatumu bisa rusak.

6. Pakai Minyak Zaitun

Agar Tetap Terlihat mewah, Ini Cara Merawat Sepatu Satinmarissacollections.com

Selain menggunakan sabun tangan atau badan yang bersifat lebih lembut, menggunakan minyak zaitun juga bisa jadi solusi untuk membersihkan sepatu satinmu. Caranya campur minyak zaitun dengan air hangat, ingat harus hangat kuku saja ya, bukan air panas.

Lalu basuh sepatu dengan campuran cairan dengan handuk lembut. Cara ini untuk menghilangkan noda membandel. Jangan lupa pula untuk membersihkan sepatu bagian dalam ya agar terhindar dari jamur.

7. Simpan dengan Silica Gel

Agar Tetap Terlihat mewah, Ini Cara Merawat Sepatu Satinshape.com

Jika kamu menyimpannya di dalam boks sepatu, wajib menggunakan silica gel untuk mengurangi risiko sepatu jadi berjamur. Apalagi kalau kamu jarang sekali menggunakan sepatu satin.

Dengan ikuti trik cara merawat di atas, akan membuat sepatu satin milikmu lebih awet.

Baca Juga: Tips Merawat Dress Satin Agar Tetap Awet

Baca Juga: Tips Mencuci Pakaian Bahan Satin yang Nggak Boleh Kamu Hiraukan!

Baca Juga: Nggak Hanya Satin, Bahan Ini Juga Bisa Ciptakan Penampilan yang Elegan