Tahun 90-an merupakan era bersejarah di dunia fashion. Pada era tersebut, fashion show tidak lagi terbatas khusus orang-orang dalam industri, tetapi juga untuk khalayak publik. Kemajuan teknologi pada era ini juga memungkingkan fashion show desainer ternama untuk diliput dan disiarkan ke ranah publik.

Penyiaran fashion show ke ranah publik ini berhasil memotivasi para desainer untuk menggelar presentasi yang lebih meriah dan sekreatif mungkin. Nggak hanya itu, era 90-an juga identik dengan kemunculan berbagai supermodel ternama yang masih ikonik hingga saat ini seperti Linda Evangelista, Cindy Crawford, Naomi Campbell, Kate Moss, dan masih banyak lagi.

1. Versace Autumn/Winter 1991 menampilkan berbagai supermodel populer di atas runway seperti Linda Evangelista, Cindy Crawford, Naomi Campbell, dan Christy Turlington. Kehadiran para supermodel ini membuat fashion show Versace satu ini semakin meriah.

Momen Ikonik Fashion Show di Tahun 90-an, Ada yang Telanjang Dadapinterest.com

2. Karl Lagerfeld tunjukkan salah satu karya terbaiknya pada fashion show Chanel Spring/Summer 1994. Mengambil inspirasi dari jalanan, pada koleksi ini Karl Lagerfeld rancang busana ready-to-wear yang modis dan penuh warna. Beberapa model di runway juga berjalan mengenakan sepatu roda yang curi perhatian.

Momen Ikonik Fashion Show di Tahun 90-an, Ada yang Telanjang Dadavogue.com

3. Terkenal dengan desain rumitnya, Thierry Mugler berhasil pukau penonton dengan koleksi Spring 1992. Terinspirasi dari motorcycle, Thierry Mugler merancang busana dengan tepi tajam, leather, dan embellishment yang nyentrik. Karya Thierry Mugler satu ini menjadi salah satu yang paling ikonik sepanjang masa.

Momen Ikonik Fashion Show di Tahun 90-an, Ada yang Telanjang Dadamarieclaire.com.au

4. Meski termasuk pendatang baru di dunia fashion era 90-an, Alexander McQueen berhasil berikan kesan menakjubkan pada tiap fashion show yang ia gelar. Over the top, pada tahun 1998 Alexander McQueen menggelar fashion show lengkap dengan api menyala yang mengelilingi model.

Momen Ikonik Fashion Show di Tahun 90-an, Ada yang Telanjang Dadavogue.com

5. Seperti puncak acara seni, pada tahun 1999 Alexander McQueen tunjukkan kreativitasnya dengan menampilkan robot yang menembakkan cat pada gaun bewarna putih. Dikenakan oleh model Shalom Harlow, gaun dengan cat hitam-hijau ini menjadi karya penutup yang fenomenal.

Momen Ikonik Fashion Show di Tahun 90-an, Ada yang Telanjang Dadavogue.com

6. Fashion show Vivienne Westwood Autumn/Winter 1993 menampilkan busana bertemakan Anglomania dengan silhouette tegas dan sepatu-sepatu tinggi yang nyentik. Pada fashion show ini, momen paling memorable terjadi saat supermodel Naomi Campbell tersandung di atas runway. Meski tersandung, sang supermodel tetap melanjutkan catwalk-nya dengan profesional.

Momen Ikonik Fashion Show di Tahun 90-an, Ada yang Telanjang Dadacrfashionbook.com

7. Feminin, elegan, dan memesona merupakan kata-kata yang tepat untuk mendeskripsikan fashion show Yves Saint Laurent Haute Couture 1999. Pada penutup fashion show satu ini, Saint Laurent tunjukkan karya terbaiknya yaitu gaun pernikahan yang dihiasi dengan bunga bewarna pink.

Momen Ikonik Fashion Show di Tahun 90-an, Ada yang Telanjang Dadamarieclaire.com.au

8. Desainer Jean-Paul Gaultier terkenal dengan karya nyentrik dan uniknya. Pada fashion show tahun 1992, sang desainer berjalan di atas runway bersama Madonna dengan denim jumpsuit yang ekspos area dadanya. Kehadiran Madonna sudah cukup mengejutkan, namun aksi berani sang seleb buat fashion show satu ini makin ikonik!

Momen Ikonik Fashion Show di Tahun 90-an, Ada yang Telanjang Dadavogue.fr

Baca Juga: Koleksi Haute Couture Terbaik di Paris Fashion Week 2022

Baca Juga: Momen Victoria’s Secret Fashion Show Paling Ikonik Sepanjang Masa

Baca Juga: Deretan Chanel Fashion Show Paling Ikonik Sepanjang Masa