Saat ini inspirasi fashion bisa kita dapatkan dari banyak sumber. Salah satu sumber yang paling diminati soal dunia mode adalah film layar lebar. Melalui seni visual yang dihadirkan pada film, fashion bisa lebih mudah untuk diterima dan diapresiasi oleh para penonton. Tak jarang, film juga menghasilkan tren fashion terbaru yang diikuti oleh banyak orang. 

Beberapa film ikonik yang telah tayang memiliki karakter utama dengan pengaruh besar di dunia fashion. Siapa saja sih karakter film dengan pengaruh tersebut dan siapa pemain aslinya? Yuk simak terus!

1. Andrea Sachs di The Devil Wears Prada

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashionpeople.com

Jika membahas tentang film fashion, judul pertama yang terlintas pasti “The Devil Wears Prada”. Sebagai asisten baru di majalah terkenal, Andrea Sachs yang dimainkan oleh aktris Anne Hathaway menunjukkan transformasi penampilannya yang menakjubkan. Setelah diangkat sebagai asisten utama untuk sang editor, Andrea Sachs tampil lebih pede dan modis mengenakan desainer terkenal seperti Chanel, Dolce & Gabbana, dan Jimmy Choo.

2. Rebecca Bloomwood di Confessions of a Shopaholic

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashionpinterest.com

Film romance-comedy satu ini menunjukkan kisah lucu dan pahitnya seseorang yang ketergantungan belanja. Melalui kisah hidupnya yang berlika liku, Rebecca Bloomwood yang dimainkan oleh aktris Isla Fisher tidak pernah tampil membosankan dengan lemari pakaian penuh warna. Rebecca Blomwood hobi mix and match warna-warna cerah dan tampil beda dari yang lain. Jangan lupakan fashion item ikonik dari karakter ini, yaitu green scarf!

3. Vivian Ward di Pretty Woman

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashionpinterest.co.uk

Julia Roberts memainkan peran Vivian Ward, gadis yang mengalami transformasi penampilan berkat pertemuannya dengan laki-laki kaya. Dalam film ini, Vivian Ward merubah penampilannya yang terlalu seksi dan messy dengan gaya anggun serta elegan. Salah satu penampilan ikonik Vivian Ward di film ini adalah saat ia mengenakan red off-shoulder gown dengan white long gloves yang membuatnya terlihat menawan.

4. Elle Woods di Legally Blonde

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashionabajournal.com

Reese Witherspoon memainkan perannya dengan baik sebagai seorang fashionista bernama Elle Woods di film satu ini. Elle Woods buktikan bahwa sebagai perempuan, penampilan di ruang pengadilan tidak harus membosankan. Pada film ini, Elle Woods identik dengan rambut pirang dan penampilan feminimnya yang didominasi oleh warna pink.

5. Rachel Chu di Crazy Rich Asians

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashionwired.com

Film representasi Asia satu ini sempat hebohkan warganet dengan pilihan outfit karakter mereka yang totalitas. Dalam film ini, Constance Wu bermain peran sebagai Rachel Chu yang melakukan transformasi penampilan untuk kekasihnya. Rachel Chu selalu tampil feminim dan girly dengan beragam pilihan dress yang ia kenakan. Salah satu penampilan ikonik Rachel Chu di film ini adalah saat ia mengenakan gaun rancangan Marchesa yang membuatnya tampak ethereal. 

6. Regina George di Mean Girls

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashioncostumerocket.com

“Mean Girls” merupakan salah satu film terikonik sepanjang masa. Karakter dengan pengaruh fashion terbesar pada film ini jatuh pada Regina George yang dimainkan oleh Rachel McAdams. Gaya Regina George didominasi oleh warna pink dan mini bag yang selalu ia bawa kemana saja. Hingga saat ini, Regina George masih menjadi inspirasi terbesar para remaja untuk berpenampilan layaknya di awal tahun 2000-an.

7. Cher Horowitz di Clueless

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashionew.com

Aktris Alicia Silverstone akan selalu dikenal sebagai pemain Cher Horowitz di film Clueless. Sebagai anak orang kaya, Cher Horowitz selalu tampil maksimal dengan pakaian-pakaian dari desainer terkenal, salah satunya adalah Alaïa. Gaya Cher Horowitz paling ikonik dalam film ini adalah yellow plaid blazer set, yang hingga saat ini masih menjadi inspirasi artis Hollywood lain. Dengan kembalinya tren pakaian tahun 90-an, inspirasi terbesar yang bisa dicontoh tak lain adalah si manis Cher Horowitz!

8. Holly Golightly di Breakfast at Tiffany's

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashionpopsugar.com

Film ikonik yang rilis di tahun 1961 ini tunjukkan pesona glamor dan elegan dengan pakaian yang dikenakan oleh Audrey Hepburn. Pakaian paling memorable dari karakter utama Holly Golightly adalah little black dress yang ia padankan dengan long sleeve gloves, pearl necklace, dan tiara. 

9. Lou di Ocean's 8

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashionvice.com

Meski berperan sebagai penipu dan pencuri ulung, Cate Blanchett tetap tampil kece dan modis dalam film layar lebar satu ini. Karakter bernama Lou yang ia mainkan gemar tampil boyish dengan blazer set, vest, dan tie. Pilihan warna-warna gelap untuk pakaian Lou memberikannya kesan misterius dan beda dari karakter lain. 

10. Cruella de Vil di Cruella

Deretan Karakter Film Paling Berpengaruh di Dunia Fashionusatoday.com

Disney merilis film live-action remake untuk karakter penjahat ikonik Cruella de Vil. Dimainkan oleh aktris Emma Stone, Cruella tunjukkan inovasi pakaian baru dengan statement item dan desain yang heboh. Pada film remake yang rilis tahun ini, kecintaan Cruella pada anjing dalmatian tidak menghalanginya untuk merancang baju dengan warna selain hitam dan putih. Kini warna favorit Cruella adalah seperti bright red, seperti yang terlihat pada gaun merah yang ia rancang. 

Baca Juga: Deretan Chanel Fashion Show Paling Ikonik Sepanjang Masa

Baca Juga: Gaya Para Seleb Luar Negeri Pakai Varsity Jacket, Seperti Atlet!

Baca Juga: Gaya Terbaik Para Seleb di Karpet Merah Emmy Awards 2021