Meski masih terhalang era pandemi, industri fashion di seluruh dunia tetap menunjukkan perkembangan yang pesat pada tahun 2021. Tahun sebelumnya, dunia fashion megalami masa adaptasi terhadap pandemi global. Namun tahun ini fashion kembali aktif berkat dorongan para desainer ternama, tokoh ikonik, hingga selebriti dunia yang semakin mempopulerkan tren mode di tahun 2021. Selain kabar-kabar membanggakan dari kebangkitan dunia fashion, isu dan berita mengejutkan yang tidak terduga juga turut meramaikan liputan di tahun ini. 

Disebut a rollercoaster ride, apa saja sih berita paling geger di dunia fashion tahun 2021?

1. Isu Pelecehan Seksual Alexander Wang

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021vogue.com

Awal tahun ini tepatnya di bulan Januari hingga Februari penggemar mode dibuat heboh dengan isu pelecehan seksual yang dilakukan oleh desainer asal Amerika Serikat, Alexander Wang. Isu ini diangkat oleh beberapa model yang pernah bekerja sama dengan Alexander Wang sebelumnya, salah satunya adalah Keaton Bullen. Model Keaton Bullen menyatakan kasusnya terjadi di tahun 2019 silam. Meski pernyataan Keaton Bullen dan beberapa model lain sempat trending di medos, Alexander Wang terus membantah semua tuduhan atas dirinya. 

2. Kolaborasi Gucci x Balenciaga

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021gq.com

Istilah Gucciaga dan Balengucci muncul setelah peluncuran koleksi kolaborasi antara dua desainer ternama Gucci dan Balenciaga di bulan April. Pada koleksi terbaru Gucci "Aria", rumah mode tersebut menunjukkan berbagai item khas yang memasukkan elemen unik dari Balenciaga. Koleksi hybrid antara Gucci dan Balenciaga yang juga dijuluki dengan "The Hacker Porject" ini menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar mode. Meski menuai berbagai respon berbeda, koleksi kolaborasi ini tetap laku di pasaran hingga dikenakan oleh berbagai selebriti ternama. The Hacker Project juga menjadi pembuka dari berbagai koleksi kolaborasi hits di tahun ini.

3. Kepergian Alber Elbaz

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021harpersbazaar.com

Alber Elbaz, perancang busana asal Israel meninggal dunia pada 24 April 2021. Alber Elbaz terkenal akan perannya sebagai creative director dari rumah mode ternama asal Perancis, Lanvin sejak tahun 2001. Richemont, kepala perusahaan dari berbagai rumah mode mewah termasuk Lanvin menyatakan Alber Elbaz meninggal dunia akibat Covid-19. Selama kariernya di Lanvin, Alber Elbaz telah bekerja sama dengan Acne Studios hingga meluncurkan koleksi dengan H&M. Alber Elbaz juga menjadi perancang busana pada film Natalie Portman di tahun 2015 yaitu A Tale of Love and Darkness. Setelah kepergiannya dari Lanvin di tahun 2015, Alber Elbaz membangun fashion brand miliknya bernama AZ Factory.

4. Peluncuran VS Collective

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021prestigeonline.com

Pada bulan Juni Victoria's Secret mengumumkan peluncuran VS Collective, yaitu kumpulan publik figur terpilih untuk menjadi spokeswomen dan face of the brand dari perusahaan lingerie tersebut. VS Collective merupakan upaya Victoria's Secret untuk memperbaiki nama perusahaan dari berbagai kritik atas kurangnya keanekaragaman para model yang hadir di kampanye serta runway tahunan mereka. Para perempuan terpilih VS Collective juga hadir untuk menggantikan branding Victoria's Secret Angels yang ikonik. Nama-nama publik figur yang bergabung pada VS Collective antara lain adalah Bella Hadid, Hailey Bieber, Valentina Sampaio, Adut Akech, Priyanka Chopra, Megan Rapinoe, Paloma Elsesser, Eileen Gu, Amanda de Cadenet, dan Naomi Osaka. 

5. Pemenang LVMH Prize 2021

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021insider.com

Pada 7 September, LVMH mengumumkan pemenang dari LVMH Prize for Young Fashion Designers 2021 jatuh kepada Nensi Dojaka, desainer asal Albania yang berbasis di London. LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH) merupakan perusahaan multinasional yang memiliki berbagai rumah mode ternama dunia seperti Christian Dior, Fendi, Givenchy, Celine, dan masih banyak lagi. Sejak tahun 2014, kompetisi LVMH Prize for Young Fashion Designers digelar untuk mencari para perancang busana bertalenta yang berhak mendapatkan sponsor serta mentor dari para ahli LVMH. Selama berjalannya kompetisi ketat ini, LVMH berhasil memperkenalkan berbagai perancang busana yang kini menjadi brand favorit para penggemar mode seperti Jacquemus, Rokh, dan Marine Serre. Setelah kemenangannya, busana Nensi Dojaka menjadi hot item para selebriti Hollywood dan kerap dikenakan oleh Zendaya, Bella Hadid hingga Hailey Bieber.

6. Kemeriahan Ajang Met Gala 2021

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021popsugar.com

Bertemakan "In America: A Lexicon of Fashion”, ajang Met Gala tahun ini berhasil digelar pada 13 September di The Metropolitan Museum of Art. Meski sempat batal tahun lalu, Met Gala kembali hadir untuk menghibur penggemar mode dengan parade fashion karpet merah yang dibawakan oleh berbagai selebriti ternama dan publik figur dunia. Pada ajang ini, Kim Kardashian berhasil curi perhatian berkat busana hitam yang menutupi tubuhnya rancangan Balenciaga. Jadi trending  di berbagai medsos, penggemar hingga kritikus mode sibuk mencari arti dari busana Kim Kardashian yang out-of-the-box satu ini. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa Kim Kardashian nggak pernah absen untuk jadi sorotan publik!

7. Kolaborasi Fendi x Versace

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021hypebeast.com

Selain kolaborasi Gucci x Balenciaga, tahun ini dunia mode juga dikejutkan dengan capsule collection Fendi x Versace yang dipamerkan sebagai penutup ajang Milan Fashion Week akhir September lalu. Disebut membuat sejarah, koleksi kolaborasi satu ini menyatukan logo ikonik Fendi dengan desain khas Versace pada tiap busananya. Tidak hanya itu, koleksi kolaborasi ini juga mengundang berbagai model dan selebriti terkenal untuk tampil di runway seperti Naomi Campbell, Kate Moss, Emily Ratajkowski hingga Dua Lipa.

8. Pengunduran Diri Daniel Lee

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021wikipedia.com

Bulan lalu, tepatnya pada 15 November Daniel Lee mengumumkan pengunduran dirinya sebagai creative director dari rumah mode asal Italia Bottega Veneta. Berita pengunduran diri mendadak ini mengejutkan para penggemar karya sang desainer, pasalnya Daniel Lee telah bergabung pada Bottega Veneta sejak tahun 2018. Sebelum posisinya sebagai creative director Bottega Veneta, Daniel Lee pernah bergabung pada rumah mode Maison Margiela, Balenciaga, Donna Karan, hingga Celine. Kini, posisi Daniel Lee sebagai creative director Bottega Veneta digantikan oleh Matthieu Blazy. 

9. Kepergian Virgil Abloh

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021nytimes.com

Virgil Abloh, pendiri brand Off-White serta creative director dari Louis Vuitton sejak tahun 2018 meninggal dunia pada 28 November lalu. Meninggal dunia di usia ke-41, Virgil Abloh dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam dunia fashion di abad ke-21. Virgil Abloh juga disebut sebagai "100 most influential people in the world" di tahun 2018. Berita dukanya mengejutkan para penggemar mode, terutama para desainer dan selebriti ternama lain yang kerap kali bekerja sama dengan Virgil Abloh. Sebelum terpilih sebagai creative director Louis Vuitton, Virgil Abloh pernah melakukan magang di Fendi dan brand miliknya Off-White terpilih sebagai finalis pada LVMH Prize for Young Fashion Designers.

10. Chanel Advent Calendar 2021

10 Berita Fashion Paling 'Geger' Sepanjang Tahun 2021popsugar.com.au

Dalam rangka merayakan kemeriahan hari Natal di bulan Desember, tiap tahunnya berbagai brand  ternama akan meluncurkan Advent Calendar yang berisikan produk-produk populer dalam satu packaging. Mulai dari brand  kecantikan, makeup, perhiasan, hingga fashion saling berlomba untuk menciptakan Advent Calendar yang unik untuk menarik para pembeli. Tahun ini, Chanel mendapatkan sorotan berkat Advent Calendar seharga 11 jutaan rupiah yang membuat kecewa para pembeli. Chanel menerima berbagai kritik berkat produk di dalam Advent Calendar-nya yang tidak sesuai dengan harga seperti sticker dan keychain. Para pembeli bahkan membandingkan Chanel Advent Calendar dengan keluaran fashion brand lain yang dianggap lebih worth it untuk dibeli. 

Baca Juga: Ini 7 Prediksi Tren Fashion di 2022, Warna Cerah hingga Sepatu Kece 

Baca Juga: 8 Tren Perhiasan untuk Tingkatkan Penampilan di Tahun 2022

Baca Juga: Intip Gaya Para Seleb Hollywood Pakai Tren Warna 2022, Siap Tiru?