Memakai baju batik untuk bekerja di kantor menjadi keistimewaan tersendiri. Pasalnya, kita diberi kebebasan untuk memilih model dan motif baju apa saja, dengan catatan harus sopan.

Namun, banyak orang yang justru bingung menentukan model baju yang pas untuk mereka. Alhasil, model baju yang dikenakan pun itu-itu saja. 

Kini, kamu tak perlu khawatir. Berikut inspirasi model baju batik kerja perempuan berhijab dari Popbela.com yang bisa kamu jadikan referensi. 

Kamu bisa memilih mulai dari model blouse, tunik, hingga outer sesuai seleramu. Yuk, simak ulasannya!

1. Batik Parang dengan Model Kerah yang Unik

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Model baju batik kerja perempuan berhijab yang pertama jatuh pada batik motif parang ini.

Sebagai pakaian ke kantor, salah satu motif batik nusantara ini memang menjadi pilihan yang tepat. Selain motifnya yang klasik, batik parang juga terkesan formal dan rapi. 

Detail baju ini terkesan unik, mulai dari kerah sampai lengannya.

Di bagian kerah, pilihan kerah setengah berdiri menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kerah jenis ini bisa menutup leher bagi perempuan yang berhijab. 

Di bagian dada, kamu bisa mengombinasikan motif batik lainnya untuk membuat modifikasi setengah lingkaran di dada.

Selain itu, gunakan motif yang sama untuk diletakkan di depan. Dengan kombinasi dua motif tersebut, model baju batik kerja perempuan berhijab ini tampak unik dan tetap rapi. 

2. Blouse Batik dengan Kerah Shanghai

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Memilih baju kerja selain harus rapi juga harus nyaman digunakan. Pasalnya, kamu akan memakainya dalam waktu yang lama mulai dari pagi sampai sore hari.

Oleh karena itu, model blouse menjadi pilihan yang tepat agar kamu bisa bekerja dengan nyaman. 

Model baju ini bisa dikatakan simpel, tetapi tetap berkelas. Kamu hanya perlu memilih motif batik yang cerah seperti oranye untuk menambah semangat kerjamu.

Setelah itu, buat model baju dengan detail kerah shanghai dan zipper di bagian depan. Jangan lupa beri sedikit kerutan di tengah agar menambah estetika baju kerjamu. 

3. Outer Batik Model Kimono

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Model baju batik kerja perempuan berhijab selanjutnya adalah outer batik kimono. Gaya ini sekarang banyak diminati karena simpel dan fashionable.

Pilihan motif batik yang kamu pakai untuk membuat model kimono bisa bermacam-macam, mulai dari batik motif tradisional sampai modern. Di bagian lengan, buat dengan ukuran tiga perempat yang lebar supaya kamu nyaman dalam bekerja. 

Outer batik kimono ini bisa dipadukan dengan berbagai macam fesyen item, mulai dari belt, kalung, atau aksesori lainnya. 

4. Batik Modern dengan Model Asimetris

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Batik modern bukan hanya bisa digunakan untuk acara pesta saja. Kini, kamu bisa menggunakannya sebagai baju kerja dengan berbagai macam model. 

Salah satu model baju batik modern yang bisa kamu pilih adalah batik modern model asimetris.

Model baju ini sebenarnya cukup simpel. Kamu hanya perlu menambahkan potongan asimetris di kanan dan kirinya agar model bajumu tidak membosankan. 

Model baju batik kerja perempuan berhijab ini juga bisa kamu pakai untuk acara lainnya di luar jam kantor.

5. Batik Simpel dengan Aksen Unik

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Model baju kantor yang banyak disukai adalah model yang simpel. Model di atas adalah salah satu contoh batik simpel untuk ke kantor yang bisa kamu pakai. 

Di bagian kerah, pilih kerah setengah berdiri untuk menutup leher. Lalu, buat aksen belahan unik di bagian depan agar tidak tampak membosankan. 

Selain model baju, pemilihan warna dan motif batik juga tak kalah pentingnya. Kamu bisa memilih warna-warna seperti biru dan oranye agar tampak tegas. 

6. Batik Nusantara dengan Model Balon

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Saat ini, banyak kantor yang tidak memberikan ketentuan untuk seragam baju batik. Mereka memberikan keleluasaan kepada pegawainya untuk berkreasi. 

Jika begitu, kamu bisa memilih model balon seperti di atas.

Model balon ini dibuat lebar dan meruncing di bagian bawah lengan. Sementara itu, buat tali di bagian pinggang agar tampak lebih rapi. 

7. Batik Modern dengan Modifikasi

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Model baju batik kerja perempuan berhijab selanjutnya adalah batik modern dengan modifikasi di dada dan lengan. Gaya baju ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan model baju formal lainnya.

Namun, aksen kerutan yang menempel di lengan dan dada membentuk garis yang bisa menunjang penampilan baju batik ini.

Sebagai pelengkapnya, kamu bisa menambahkan kerutan di bagian lengan dan kerah shanghai di leher.  Kalau sudah mengenakan model batik ini, mood kamu untuk pergi ke kantor pasti akan meningkat. 

8. Rompi Batik Dipadukan dengan Kemeja

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Baju batik untuk pergi ke kantor tidak selamanya harus berbentuk blouse atau kemeja. Kamu bisa sesekali menggunakan rompi batik ini agar penampilan semakin elegan. 

Rompi batik dipilih karena mudah dipadu padankan dengan item fesyen lainnya, seperti kemeja dan celana polos. Kamu pun akan tampak lebih fashionable jika mengenakan rompi batik seperti di atas. 

9. Blouse Batik dengan Aksen di Pundak

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Lagi-lagi, blouse batik dipilih untuk menjadi seragam kerja. Namun ada yang berbeda antara blouse model ini dengan blouse lainnya.

Jika biasanya lengan baju hanya dibiarkan lurus saja, kini kamu bisa memodifikasinya dengan penutup seperti di atas.

Dengan modifikasi tersebut, penampilanmu akan tampak lebih fresh dan tidak monoton. Model baju batik kerja perempuan berhijab semacam ini juga bisa kamu gunakan untuk mendatangi acara lainnya selain ke kantor, lho!

10. Batik Formal dengan Kombinasi

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Batik formal panjang kerap dipilih oleh perempuan berhijab. Namun, baju formal panjang terkadang terkesan membosankan. 

Supaya tidak membosankan, kombinasi kain batik bisa kamu coba.

Caranya, pilih warna dan motif batik yang tidak jauh berbeda dengan motif utamanya. Lalu, letakkan di bagian depan baju untuk memberikan tampilan fashionable.

Modifikasi ini bisa juga kamu lengkapi dengan lipatan yang membuatnya tampak lebih unik. Dengan begitu, model baju batik kerja perempuan berhijab yang kamu pakai akan semakin menarik.

11. Batik Simpel dengan Model Layer

11 Model Baju Batik Kerja Perempuan Berhijab yang Eleganpinterest.com

Terakhir, model baju batik kerja perempuan berhijab yang bisa jadi referensimu adalah model layer. Model baju ini menggunakan dua motif batik berbeda yang kontras. 

Untuk detailnya, pilih model kerah rebah agar baju kantormu tidak membosankan. Lalu, buat dua layer kain di bagian kancing baju untuk untuk menambah estetika. 

Itulah 10 model baju batik kerja perempuan berhijab yang bisa kamu jadikan referensi. Sekarang, kamu tak perlu lagi bingung  memilih model baju kantor yang stylish tapi tetap rapi.

Menurut Bela, mana model yang paling cocok untuk ke kantor? 

Baca Juga: Tetap Trendi, Ini Model Baju Batik Modifikasi untuk Berbagai Occasion

Baca Juga: Mengenal Sejarah dan Jenis Motif Batik Kawung yang Populer

Baca Juga: Cara Mix & Match Batik Modern untuk Gaya yang Lebih Modis