Desainer asal Jepang, Hanae Mori, dikabarkan meninggal dunia di usia ke-96 tahun pada Kamis (11/8) waktu setempat setelah mengalami demam ringan beberapa hari sebelumnya. Meski dokter spesialis sudah memeriksa kondisi Hanae Mori, tetapi media internasional belum diberikan pernyataan pasti terkait penyebab meninggalnya Hanae Mori.

Semasa hidupnya, Hanae Mori terkenal dengan sebutan Madame Butterfly. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan kupu-kupu sudah menjadi trademark ikonik pada setiap rancangan yang ia buat sejak awal berkarier jadi fashion designer. Memutuskan untuk pensiun setelah menggelar peragaan busana couture collection musim gugur tahun 2004, Hanae Mori telah menciptakan deretan gaun kupu-kupu yang ikonik hingga terkenal di mancanegara.

1. Dirilis puluhan tahun silam, spaghetti strap dress berdetail butterfly top merupakan salah satu koleksi dari Hanae Mori Haute Couture yang modelnya masih eksis dan sering dikenakan fashionista masa kini.

Deretan Karya Hanae Mori Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia hanae-mori.com

2. Up-to-date pada masanya, layered sleeveless mini dress dengan gambar kupu–kupu di tengah kain pernah muncul di halaman majalah Vogue pada tahun 1967.

Deretan Karya Hanae Mori Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia vogue.com

3. Nggak hanya itu saja, tunik dress dengan detail double motif juga pernah muncul di majalah tahun 1969.

Deretan Karya Hanae Mori Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia vogue.com

4. Kaftan kupu-kupu merupakan salah satu karya Hanae Mori paling ikonik yang terkenal pada tahun 1976. Desain kaftan ini mempunyai detail oriental khas Jepang yang sengaja didesain Hanae Mori sejak ia berkarier di luar negeri.

Deretan Karya Hanae Mori Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia dok. Google Arts & Culture

5. Pada tahun 1993, Hanae Mori dipercaya untuk mendesain gaun pengantin untuk acara pernikahan Putri Mahkota Masako dan Kaisar Naruhito. Gaun pengantin two piece yang dilengkapi sepasang sarung tangan tersebut mempunyai detail pola seperti bunga emas dengan aksen ruffle di bagian dada.

Deretan Karya Hanae Mori Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia vogue.com

6. Gaun malam satin berwarna merah yang didesain Hanae Mori pada tahun 1994 silam ini mempunyai aksen floor-length halterneck. Terlihat seperti kain batik, faktanya itu merupakan kain emas berhias dedaunan a la musim gugur yang didesain dengan gaya maki-e style atau dekorasi pada kerajinan tradisional Jepang.

Deretan Karya Hanae Mori Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia dok. Google Arts & Culture

7. Satin sheer dress dan selendang bernuansa gelap dengan motif kupu-kupu yang statement jadi koleksi andalan Hanae Mori untuk musim Fall/Winter 1995-1996.

Deretan Karya Hanae Mori Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia wmagazine.com

8. Dari koleksi untuk musim Fall/Winter 1996-1997, Hanae Mori mendesain sebuah gaun berwarna hijau satin berdetail double layer berbentuk sayap kupu-kupu pada bagian pinggang.

Deretan Karya Hanae Mori Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia ibtimes.com

9. Gaun sutra hitam bermotif kupu-kupu dan gelombang laut koleksi Hanae Mori Haute Couture Spring/Summer 2003 ini didesain karena terinspirasi dari lukisan "The Great Wave" karya pelukis Jepang yang terkenal bernama Hokusai.

Deretan Karya Hanae Mori Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia reuters.com

Baca Juga: Desainer Issey Miyake Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun

Baca Juga: Deretan Karya Issey Miyake Paling Ikonik Sebelum Meninggal Dunia

Baca Juga: Deretan Desainer Asia yang Jadi Favorit Seleb Hollywood di Red Carpet