Dunia fantasi memang begitu menarik untuk diikuti lewat berbagai macam tontonan film, serial televisi, hingga karya buku karangan penulis terkenal. Selain itu, kisah-kisah dongeng yang telah menjadi cerita dari jaman nenek moyang juga sering menjadi inspirasi besar bagi desainer untuk merancang pakaian dengan memasukan unsur desain klasik yang nantinya akan dipamerkan di atas runway. Mulai dari kisah Putri Duyung hingga Beauty and The Beast, intip deretan fashion show dari luxury brand yang terinspirasi dari cerita dongeng lama. Semua desainnya begitu totalitas!

1. Pada fashion show untuk koleksi ready-to-wear Spring/Summer 2015, Rodarte mengambil inspirasi dari dongeng The Little Mermaid. Selain itu, 35 look yang ditampilkan oleh Rodarte seolah menggambarkan kehidupan bawah laut lewat embroidered net gown berdetail 3D flower dan sequin layaknya sirip ikan.

Deretan Fashion Show yang Terinspirasi dari Dunia Dongeng vogue.com

2. Tetap didominasi unsur modernitas, Moschino ready-to-wear untuk Fall/Winter 2000 menampilkan beberapa topi yang didesain mirip oilcan hats milik satu karakter di film The Wizard of OZ, yaitu The Tin Man. Selain headwear-nya yang statement, koleksi Moschino juga memamerkan deretan look dengan head-to-toe black outfit yang terinspirasi dari ciri khas gaya seorang penyihir.

Deretan Fashion Show yang Terinspirasi dari Dunia Dongeng vogue.com

3. Terinspirasi dari cerita dongeng lama asal Skotlandia berjudul Sea Maiden, fashion show Alexander McQueen untuk Fall/Winter 2006 dibuka dengan deretan look yang menggunakan color palette bernuansa golden nude. Nggak hanya deretan gaun berdetail statement, Alexander McQueen juga memamerkan berbagai macam headwear yang didesain mirip seperti sayap kupu-kupu hingga tanduk rusa.

Deretan Fashion Show yang Terinspirasi dari Dunia Dongeng vogue.com

4. Masih berada di benua Eropa, kali ini, dongeng asal Irlandia berjudul Children of Lir menjadi inspirasi Simone Rocha untuk ia tuangkan dalam fashion show ready-to-wear Fall/Winter 2022. Menampilkan total 40 hasil rancangannya, Simone Rocha berhasil menggabungkan konsep maskulin dan feminin lewat black coat dress berdetail front swan swings yang dikenakan oleh model laki-laki di bawah ini.

Deretan Fashion Show yang Terinspirasi dari Dunia Dongeng vogue.com

5. Layaknya sebuah pertunjukan teater yang mewah, fashion show Thom Browne untuk Spring/Summer 2023 menampilkan konsep cerita Cinderella dengan menampilkan 58 look nyentrik. Didominasi collared gown beraksen pleated, polka-dot pattern, hingga layered clothes, koleksi Thom Browne yang ia tampilkan di Paris Fashion Week tahun ini seakan mengingatkan para tamu di barisan front row dengan fashion show Vivienne Westwood.

Deretan Fashion Show yang Terinspirasi dari Dunia Dongeng vogue.com

6. Kisah klasik Beauty and The Beast menjadi inspirasi utama Dior saat menggelar fashion show ready-to-wear Fall/Winter 2021 dengan memamerkan 64 look yang menggunakan color palette hitam, merah, dan biru. Selain Beauty and The Beast, Dior juga mendesain hooded long vest yang mirip seperti jubah anak perempuan dalam dongeng Little Red Riding Hood.

Deretan Fashion Show yang Terinspirasi dari Dunia Dongeng vogue.com

Baca Juga: 7 Momen Fashion Show Paling Ikonik Sepanjang Masa

Baca Juga: 7 Fashion Show yang Koleksinya Terinspirasi Gaya Marie Antoinette

Baca Juga: 7 Fashion Show Moschino Paling Nyentrik Sepanjang Masa