Satu lagi berita mengejutkan datang dari dunia fashion, dimana model berhijab yang mendobrak tradisi, Halima Aden, memutuskan berhenti dari panggung fashion karena bekerja di dunia tersebut memaksa dirinya untuk berkompromi dengan keyakinan agamanya.

Lebih Pilih Agama, Model Muslim Halima Aden Tinggalkan Dunia FashionInstagram.com/@halima

Halima Aden sendiri adalah model berhijab pertama yang terkenal di dunia fashion. Sering dipakai oleh rumah mode besar, bahkan ia menjadi model paling mencuri perhatian di fashion show milik Kanye West, Yeezy. Namun di balik ketenarannya, ternyata ia mengalami konflik batin yang sempat ia bagikan lewat sosial media. Dari waktu sholat yang terlewat hingga saat dirinya dibalut celana jeans sebagai penutup kepala.

"Saya hanya bisa menyalahkan diri sendiri karena lebih peduli tentang peluang daripada apa yang sebenarnya dipertaruhkan," tulisnya di Instagram Stories.

Lebih Pilih Agama, Model Muslim Halima Aden Tinggalkan Dunia FashionInstagram.com/@halima

Di postingan lainnya, Halima Aden juga sempat curhat tentang posisinya yang minoritas. "Yang saya salahkan adalah industri ini kurang memiliki penata gaya wanita Muslim yang menyebabkan sangat sedikit pemahaman tentang hijab dalam industri fashion."

Melalu wawancaranya bersama Observer, Halima Aden mengatakan kalau hijab adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar dalam kontraknya sebagai model. "Ini bukan perihal saya yakin orang-orang akan mendengarkan, tapi lebih ke mereka tahu apa yang diharapkan," jelasnya. Ia pun juga sempat merasakan beban menjadi model fashion paling terkenal.

Lebih Pilih Agama, Model Muslim Halima Aden Tinggalkan Dunia FashionInstagram.com/@halima

Halima Aden memulai karirnya di tahun 2016 setelah mengikuti kontes kecantikan Miss USA dan menarik perhatian fashion editor Carine Roitfeld. Dari situ ia menandatangani kontrak dengan agensi model global IMG dan banyak melakukan debut fashion show di pekan mode New York, dari Yeezy hingga Maxmara. Ia pun menjadi wajah di kampanye Fenty Beauty, dimana ia merasa mendapatkan dukungan dari seorang Rihanna.

Namun sayang, sang bintang yang berhasil menjadi model hijab pertama untuk majalah seksi Sports Illustrated ini memutuskan berhenti dari dunia model. Mari tutup babak lama dengan alhamdulillah dan menuju babak baru yang lebih inspiratif.

Baca Juga: Gaya Nyentrik Susi Pudjiastuti Pakai Kebaya, Buat Publik Makin Cinta!

Baca Juga: 10 Gaya Terbaik di Karpet Merah American Music Awards 2020

Baca Juga: Deretan Politisi Wanita Termodis Seluruh Dunia, Ada Indonesia Lho!